Proker Teknik Mesin

Tujuan Program:

  1. Meningkatkan pemahaman masyarakat desa tentang teknik mesin dan peran pentingnya.
  2. Meningkatkan keterampilan teknik mesin di kalangan mahasiswa dan masyarakat desa XYZ.
  3. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas di sektor teknik mesin lokal.

Rencana Kegiatan:

  1. Pelatihan Dasar Teknik Mesin: Melaksanakan pelatihan dasar teknik mesin untuk mahasiswa dan warga desa yang tertarik. Ini bisa mencakup pengenalan peralatan teknik mesin, perawatan, dan perbaikan sederhana.
  2. Workshop Perbaikan Peralatan: Mengadakan workshop perbaikan peralatan umum di desa, seperti mesin pertanian, alat-alat mekanis, atau sepeda motor, dengan bantuan teknisi.
  3. Pengembangan Proyek Teknik Mesin: Mendorong mahasiswa untuk mengembangkan proyek teknik mesin yang bermanfaat untuk masyarakat desa, seperti mesin pertanian, pompa air tenaga surya, atau sistem penyaringan air.
  4. Kelas Pendidikan Teknik Mesin: Mengadakan kelas pendidikan teknik mesin untuk anak-anak dan remaja di desa, dengan fokus pada prinsip-prinsip dasar teknik mesin.
  5. Perbaikan dan Pemeliharaan Perkakas Desa: Melakukan inspeksi dan perbaikan peralatan desa yang menggunakan teknik mesin, seperti generator listrik, pompa air, dan mesin pengolah makanan.
  6. Pameran Teknik Mesin: Mengadakan pameran teknik mesin di desa, yang memungkinkan mahasiswa untuk memamerkan proyek-proyek mereka dan berbagi pengetahuan dengan masyarakat.

Evaluasi:

  1. Mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknik mesin di antara peserta pelatihan.
  2. Merekam hasil dari proyek-proyek teknik mesin yang dikembangkan dan sejauh mana mereka memberikan manfaat kepada masyarakat.
  3. Melakukan wawancara dan diskusi kelompok dengan masyarakat desa untuk mengevaluasi dampak program.

Program Kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknik mesin di kalangan mahasiswa dan masyarakat desa XYZ, sekaligus meningkatkan efisiensi dan produktivitas di sektor teknik mesin lokal. Dengan pendekatan pelatihan, pendidikan, dan proyek kolaboratif, program ini dapat memberikan manfaat nyata kepada masyarakat dan meningkatkan keterampilan teknik mesin di wilayah tersebut.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *