Proker KKN Peternakan

Tujuan Program:

  1. Meningkatkan produktivitas peternakan di desa XYZ.
  2. Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak.
  3. Mendukung keberlanjutan sektor peternakan di daerah tersebut.

Rencana Kegiatan:

  1. Peningkatan Kualitas Pakan: Mengadakan pelatihan dan pendampingan peternak dalam pemilihan, penyediaan, dan penyimpanan pakan ternak yang berkualitas.
  2. Perbaikan Infrastruktur Peternakan: Merancang dan melaksanakan perbaikan infrastruktur peternakan, seperti kandang, area pakan, dan sumber air untuk meningkatkan kondisi peternakan.
  3. Pemeliharaan Kesehatan Ternak: Memberikan pemahaman dan pelatihan kepada peternak tentang manajemen kesehatan ternak, termasuk pencegahan penyakit dan vaksinasi.
  4. Pengembangan Pasar: Membantu peternak memahami pasar potensial, memperluas jangkauan pemasaran, dan membangun jejaring dengan pembeli lokal atau luar daerah.
  5. Pelatihan Manajemen Keuangan: Melaksanakan pelatihan keuangan dan manajemen untuk membantu peternak dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan mereka.
  6. Diversifikasi Produk: Mendorong diversifikasi produk peternakan, seperti pengembangan produk susu, daging olahan, atau produk turunan lainnya yang dapat meningkatkan nilai tambah.

Evaluasi:

  1. Merekam peningkatan produktivitas peternakan, seperti peningkatan produksi susu, telur, atau daging.
  2. Mengukur peningkatan pendapatan peternak melalui survei atau laporan keuangan.
  3. Melakukan wawancara dengan peternak dan pemangku kepentingan untuk mengevaluasi dampak program.

Program Kerja ini bertujuan untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan peternak di desa XYZ, sekaligus mendukung keberlanjutan sektor peternakan di wilayah tersebut. Dengan fokus pada peningkatan teknis, manajemen, dan pemasaran, program ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peternak dan masyarakat lokal.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *