Proker Divisi Kesehatan

Tujuan Program:

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan pencegahan penyakit.
  2. Mendorong perilaku sehat di kalangan masyarakat.
  3. Memberikan layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas.
  4. Mendukung keberlanjutan program kesehatan.

Rencana Kegiatan:

  1. Kampanye Kesadaran Kesehatan: Melaksanakan kampanye edukasi tentang topik kesehatan penting seperti gizi, sanitasi, pencegahan penyakit menular, dan gaya hidup sehat.
  2. Pemeriksaan Kesehatan Gratis: Mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat, termasuk pengukuran tekanan darah, gula darah, dan pemeriksaan mata.
  3. Kelas Edukasi Kesehatan: Menyelenggarakan kelas pendidikan kesehatan tentang topik seperti gizi, kebersihan pribadi, kesehatan reproduksi, dan pencegahan penyakit.
  4. Program Vaksinasi: Menyelenggarakan program vaksinasi rutin dan kampanye vaksinasi untuk anak-anak dan dewasa.
  5. Pemeriksaan Ibu Hamil dan Anak Balita: Memberikan pemeriksaan kesehatan rutin untuk ibu hamil dan anak balita, serta memberikan suplemen gizi yang dibutuhkan.
  6. Dukungan Kesehatan Mental: Menyelenggarakan layanan kesehatan mental, konseling, dan dukungan bagi individu yang memerlukan.
  7. Kemitraan dengan Lembaga Kesehatan: Mengembangkan kemitraan dengan lembaga kesehatan, rumah sakit, atau puskesmas setempat untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih kompleks.
  8. Evaluasi dan Pelaporan: Melakukan pemantauan dan evaluasi berkala terhadap efektivitas program, serta melaporkan hasil kepada pemangku kepentingan.

Evaluasi:

  1. Mengukur peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat melalui survei sebelum dan sesudah kampanye edukasi.
  2. Merekam jumlah peserta yang mengikuti pemeriksaan kesehatan dan layanan yang diberikan.
  3. Melakukan pemantauan dampak program melalui data kesehatan, seperti penurunan angka kejadian penyakit tertentu.

Program Kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan pendidikan, pencegahan, dan pelayanan kesehatan. Program ini membantu masyarakat untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya kesehatan dan memberikan akses kepada layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *