Proker KKN Perikanan

Judul Program Kerja: “Pemberdayaan Nelayan dan Keberlanjutan Sumber Daya Perikanan”

Tujuan Program:

  1. Meningkatkan kesejahteraan nelayan dan komunitas pesisir.
  2. Meningkatkan pemahaman tentang keberlanjutan sumber daya perikanan.
  3. Mendukung pengelolaan sumber daya perikanan yang berkelanjutan.

Rencana Kegiatan:

  1. Pelatihan Nelayan: Menyelenggarakan pelatihan untuk nelayan dalam teknik penangkapan ikan yang berkelanjutan, pengelolaan perikanan, dan praktik-praktik keamanan di laut.
  2. Kampanye Kesadaran Keberlanjutan: Mengadakan kampanye publik dan penyuluhan untuk masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga sumber daya perikanan yang berkelanjutan.
  3. Pengembangan Sarana Penangkapan Ikan Berkelanjutan: Membantu nelayan dalam mengembangkan dan menggunakan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan dan mengurangi dampak lingkungan.
  4. Pengumpulan Sampah Laut: Melaksanakan kegiatan pembersihan pantai dan pengumpulan sampah laut, serta mengedukasi masyarakat tentang dampak sampah laut pada ekosistem laut.
  5. Pemberdayaan Perempuan Nelayan: Memberikan pelatihan dan dukungan kepada perempuan nelayan dalam usaha-usaha perikanan yang berkelanjutan.
  6. Kemitraan dengan Lembaga Konservasi: Berkolaborasi dengan lembaga konservasi dan pemerintah untuk mengembangkan rencana pengelolaan perikanan berkelanjutan.
  7. Pendanaan dan Sumber Daya: Mencari pendanaan untuk mendukung pembelian peralatan, sarana penangkapan ikan, dan penyediaan bantuan kesejahteraan bagi nelayan.

Evaluasi:

  1. Mengukur peningkatan pengetahuan nelayan tentang praktik perikanan berkelanjutan melalui ujian pra dan pasca pelatihan.
  2. Merekam partisipasi nelayan dalam praktik penangkapan ikan berkelanjutan dan kegiatan pengelolaan perikanan.
  3. Melakukan wawancara dengan nelayan dan masyarakat setempat untuk mengevaluasi dampak positif program pada keberlanjutan sumber daya perikanan dan kesejahteraan nelayan.

Program Kerja ini bertujuan untuk memberdayakan nelayan, mendukung pengelolaan perikanan berkelanjutan, dan menjaga sumber daya perikanan untuk generasi mendatang. Dengan pendidikan, pelatihan, kampanye kesadaran, dan kemitraan dengan lembaga konservasi, program ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan dan keberlanjutan sumber daya perikanan di komunitas pesisir.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *