Proker KKN Ilmu Komunikasi

Judul Program Kerja: “Peningkatan Literasi Media dan Komunikasi di Masyarakat”

Tujuan Program:

  1. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang media dan komunikasi.
  2. Memajukan literasi media di kalangan masyarakat.
  3. Mengedukasi masyarakat tentang informasi palsu (hoaks) dan etika komunikasi.

Rencana Kegiatan:

  1. Kelas Literasi Media: Menyelenggarakan kelas literasi media untuk berbagai kelompok usia di komunitas, yang membahas pemahaman dasar tentang media, jenis-jenis media, dan peran media dalam masyarakat.
  2. Pelatihan Pemahaman Berita: Memberikan pelatihan kepada peserta KKN tentang bagaimana menganalisis dan mengevaluasi berita, mengidentifikasi berita palsu, dan memahami etika jurnalisme.
  3. Kampanye Anti-Hoaks: Mengadakan kampanye publik dan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya hoaks dan cara mengidentifikasinya.
  4. Penyuluhan Internet Aman: Memberikan penyuluhan tentang keamanan online dan etika dalam berkomunikasi di dunia digital kepada anak-anak dan remaja.
  5. Pengembangan Konten Edukasi: Menghasilkan materi edukasi seperti brosur, video pendidikan, dan infografis untuk disebarkan ke masyarakat.
  6. Diskusi Publik dan Forum Komunitas: Mengadakan diskusi publik dan forum komunitas tentang topik-topik media, komunikasi, dan isu-isu terkait.
  7. Pendanaan dan Sumber Daya: Mencari dukungan keuangan, alat bantu, dan materi pendidikan untuk mendukung kegiatan program.

Evaluasi:

  1. Mengukur peningkatan pemahaman masyarakat tentang media dan komunikasi melalui survei sebelum dan sesudah program.
  2. Merekam partisipasi masyarakat dalam kelas literasi media, kampanye anti-hoaks, dan diskusi publik.
  3. Melakukan wawancara dan kuesioner dengan peserta program untuk mengevaluasi dampak positif program pada pengetahuan mereka.

Program Kerja ini bertujuan untuk meningkatkan literasi media dan komunikasi di masyarakat, sehingga masyarakat dapat lebih bijak dalam mengonsumsi informasi dan berkomunikasi. Dengan pendidikan, pelatihan, dan kampanye kesadaran, program ini dapat membantu melawan penyebaran hoaks, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang media, dan mendorong etika komunikasi yang positif.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *