Proker Sosial

Tujuan Program:

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program sosial.
  2. Memberdayakan individu dan kelompok yang memerlukan dukungan sosial.
  3. Meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam masalah-masalah sosial.

Rencana Kegiatan:

  1. Bantuan Sosial Ekonomi: Memberikan bantuan ekonomi kepada keluarga yang memerlukan, seperti bantuan pangan, bahan pakaian, atau program bantuan modal usaha kecil.
  2. Pelatihan Keterampilan: Menyelenggarakan program pelatihan keterampilan seperti kewirausahaan, kerja keras, atau keterampilan teknologi bagi individu yang ingin meningkatkan peluang kerja atau usaha mereka.
  3. Kampanye Kesadaran Sosial: Mengadakan kampanye publik dan penyuluhan tentang isu-isu sosial seperti kekerasan dalam rumah tangga, kesehatan mental, dan pendidikan inklusif.
  4. Pelayanan Kesehatan Sosial: Menyelenggarakan pelayanan kesehatan, pemeriksaan medis, dan konseling untuk individu dan kelompok yang memerlukan.
  5. Dukungan Psikososial: Menyediakan dukungan psikososial bagi individu yang mengalami kesulitan emosional atau mental.
  6. Kampanye Sosial untuk Partisipasi Masyarakat: Mengadakan kampanye untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam masalah-masalah sosial, serta mendukung aksi sosial di tingkat komunitas.
  7. Pemantauan dan Evaluasi Program: Melakukan pemantauan dan evaluasi program secara berkala untuk memastikan efektivitas dan dampak positif.

Evaluasi:

  1. Mengukur dampak bantuan ekonomi melalui peningkatan kesejahteraan dan pengurangan tingkat kemiskinan di komunitas tertentu.
  2. Merekam peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat melalui survei sebelum dan sesudah kampanye sosial.
  3. Melakukan wawancara dan kuesioner dengan peserta program untuk mengevaluasi dampak program pada keterampilan, kesejahteraan, dan partisipasi masyarakat.

Program Kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat, memberdayakan individu yang memerlukan dukungan, dan meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam masalah-masalah sosial. Dengan berfokus pada bantuan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan advokasi sosial, divisi sosial ini dapat memberikan dampak positif pada komunitas dan individu yang dilayani.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *