Proker KKN Ekonomi Kreatif

Judul Program Kerja KKN: “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dalam Komunitas Lokal”

Tujuan Program:

  1. Mendorong pengembangan ekonomi kreatif di komunitas lokal.
  2. Memberikan peluang ekonomi kepada individu dan kelompok yang terlibat dalam ekonomi kreatif.
  3. Memajukan keahlian dan keterampilan dalam sektor ekonomi kreatif.

Rencana Kegiatan:

  1. Pelatihan Kewirausahaan Kreatif: Menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan kreatif yang mencakup perencanaan bisnis, manajemen, pemasaran, dan kepemimpinan.
  2. Pengembangan Bisnis Kreatif: Membantu kelompok atau individu dalam pengembangan bisnis kreatif, seperti kerajinan tangan, seni visual, desain mode, atau teknologi kreatif.
  3. Kooperasi Kreatif: Mendorong kolaborasi antarpengusaha kreatif dalam bentuk koperasi atau jejaring usaha untuk meningkatkan potensi bisnis.
  4. Pameran dan Bazaar: Mengadakan pameran dan bazaar untuk mempromosikan dan menjual produk-produk ekonomi kreatif kepada masyarakat.
  5. Kampanye dan Promosi: Mengorganisir kampanye dan promosi produk-produk ekonomi kreatif melalui media sosial dan acara komunitas.
  6. Pelatihan Keterampilan: Menyelenggarakan pelatihan keterampilan dalam bidang seni, desain, dan teknologi yang relevan dengan ekonomi kreatif.
  7. Konsultasi Bisnis: Menyediakan layanan konsultasi bisnis untuk pengusaha kreatif dalam pengembangan strategi bisnis mereka.
  8. Pendanaan dan Sumber Daya: Mencari dukungan finansial dan sumber daya bagi pengusaha kreatif untuk memfasilitasi pengembangan bisnis mereka.

Evaluasi:

  1. Mengukur pertumbuhan bisnis dan pendapatan individu atau kelompok yang terlibat dalam ekonomi kreatif.
  2. Merekam partisipasi dalam pelatihan dan keterampilan pengusaha kreatif.
  3. Melakukan wawancara dengan pengusaha kreatif dan masyarakat setempat untuk mengevaluasi dampak positif program pada pengembangan ekonomi kreatif.

Program Kerja ini bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif di komunitas lokal, memberikan peluang ekonomi kepada individu dan kelompok, serta memajukan keterampilan dan kreativitas dalam sektor ini. Melalui pelatihan, bantuan pengembangan bisnis, pameran, dan promosi, program ini dapat membantu menghidupkan ekonomi kreatif dan memajukan komunitas lokal.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *