Khotmil Qur’an Bil Hifdzi

Khotmil Qur’an Bil Hifdzi artinya adalah menghafal teks Al-Quran dengan baik dan benar, tanpa kesalahan baik dalam bacaan maupun makna.

Dalam artikel “The Effectiveness of Hifz (Memorization) Method on the Ability of Students to Khatam Al-Qur’an” oleh Nurhadi dan M. Muchson Junaidi dalam jurnal Al-Ta’lim, Vol. 25, No. 1, 2018, penulis menjelaskan bahwa “khatam al-Quran bil hifz” merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Khatam al-Quran bil hifz mengacu pada kemampuan seorang muslim untuk membaca dan menghafal seluruh teks Al-Quran dengan baik dan benar, tanpa kesalahan baik dalam bacaan maupun makna.

Dalam konteks pendidikan, khatam al-Quran bil hifz menjadi salah satu tujuan pembelajaran Al-Quran di sekolah-sekolah Islam, dimana siswa-siswi dituntut untuk menguasai teknik menghafal Al-Quran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode hafalan (hifz) dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk mencapai tujuan khatam al-Quran bil hifz.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hafalan (hifz) efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk mencapai tujuan khatam al-Quran bil hifz. Metode hafalan (hifz) membantu siswa untuk mengingat bacaan Al-Quran dengan lebih mudah dan lebih cepat, sehingga siswa dapat mencapai tujuan khatam al-Quran bil hifz dengan lebih efektif. Dalam hal ini, metode hafalan (hifz) dapat digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran Al-Quran di sekolah-sekolah Islam.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *