Ide Proker KKN

Tujuan Program:

  1. Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat melalui pengembangan agrowisata.
  2. Mendukung pelestarian lingkungan dan budaya lokal.
  3. Mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan dan promosi agrowisata.

Rencana Kegiatan:

  1. Survey dan Riset Potensi Lokal: Melakukan survei dan penelitian untuk mengidentifikasi potensi sumber daya alam, budaya, dan potensi agrowisata di wilayah tertentu.
  2. Pengembangan Agrowisata: Mengembangkan destinasi agrowisata dengan memanfaatkan potensi lokal, seperti perkebunan, pertanian organik, atau peternakan.
  3. Pelatihan Masyarakat: Menyelenggarakan pelatihan dalam pengembangan agrowisata, pemasaran, dan manajemen usaha bagi masyarakat setempat.
  4. Pengenalan Produk Lokal: Membantu pemasaran produk lokal, seperti makanan khas dan kerajinan, di pasar agrowisata.
  5. Pembuatan Program Edukasi: Membuat program pendidikan dan tawaran wisata edukasi bagi pengunjung agrowisata untuk mengenal lebih dalam tentang budaya, sejarah, dan lingkungan lokal.
  6. Pendanaan dan Sumber Daya: Mencari sumber daya dan dana dari pihak-pihak yang tertarik dalam pengembangan agrowisata, seperti pemerintah daerah, lembaga keuangan, atau organisasi nirlaba.

Evaluasi:

  1. Mengukur peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat melalui data pendapatan dan survei kesejahteraan.
  2. Merekam partisipasi masyarakat dalam pelatihan dan pengembangan agrowisata.
  3. Melakukan wawancara dengan masyarakat, pemilik usaha agrowisata, dan pengunjung untuk mengevaluasi dampak positif program pada pemberdayaan dan perkembangan agrowisata.

Program Kerja ini bertujuan untuk mengembangkan agrowisata berkelanjutan yang memberdayakan masyarakat lokal sambil mempromosikan kekayaan budaya dan alam di wilayah tertentu. Melalui pelatihan, pengembangan, dan pemasaran produk lokal, program ini dapat memberikan manfaat ekonomi dan kesejahteraan kepada masyarakat sambil menjaga lingkungan dan budaya lokal.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *