Apa saja Aspek Fundamental yang Menjadi Dasar Falsafah Dari Program KKN?

Aspek fundamental yang menjadi dasar falsafah dari Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebagai berikut:

  1. Belajar dari masyarakat: Tujuan utama dari program KKN adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda dari yang didapat di kelas. Melalui program ini, mahasiswa dapat belajar langsung dari masyarakat mengenai kehidupan sehari-hari, permasalahan yang dihadapi, serta berbagai kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat setempat.
  2. Untuk masyarakat: Program KKN bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Melalui kegiatan yang dilakukan selama program KKN, mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dengan memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat dan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  3. Bersama masyarakat: Program KKN juga bertujuan untuk membina hubungan yang baik antara mahasiswa dengan masyarakat. Melalui kegiatan KKN, mahasiswa diharapkan dapat bekerja sama dengan masyarakat, menghargai perbedaan, serta saling belajar dan menghormati satu sama lain.
  4. Interaksi antar mahasiswa: Program KKN juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai program studi dan universitas yang berbeda. Melalui interaksi ini, mahasiswa dapat belajar untuk bekerja dalam tim, menghargai perbedaan, dan mengembangkan kemampuan interpersonal.

Dengan memahami dan menerapkan falsafah ini, program KKN dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat serta memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *