Witing Tresno Jalaran Soko Kulino

Witing tresno jalaran soko kulino adalah sebuah kalimat yang saya sendiri gak tahu pasti apa artinya sob, tapi sering banget di dengar bahkan sangat familiar, jadi berhubung penasaran dan didorong oleh rasa keingin tahuan yang tinggi tanpa berpikir menanyakan pada teman yang lebih mengerti bahasa Jawa, saya coba-coba ah terjemahin di google translate dan hasilnya keluarlah nama sebuah bahasa bernama Basque yang mewakilinya.

Nah lho, bahasa negara mana ini Basque, wew … malah bikin penasaran bertambah semakin penasaran.

Gak pake nunggu lama dan gak niat nanya-nanya (takut ketahua blo’onnya), saya langsung ketik tuh nama di kotak pencarian stupid monkey (bo’ong di google).

Dan … eng … ing …eng … mata saya terbelalak sob (bahasa mana lagi ini “terbelalak”) melihat tulisan bersumber dari wikipedia. Hmm … petualangan semakin seru nih dan ngembet kemana-mana jadinya.

Begini nih hasil dari terjemahan

“Witing tresno jalaran soko kulino” dalam bahasa Bosque artinya “Terakhir kulino witing jalaran peralatan”. Gak nyambung banget-banget ya … wew.

Dan ini hasil penelusuran dari wikipedia yang saya copy langsung.

___________________________________________________________________________

Basque

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Basque (Basque: Euskaldunak) adalah sebuah etnik yang berada di timurlaut Spanyol dan baratlaut Perancis. Nama Basque berasal dari kata bahasa Perancis abad pertengahan dan merupakan keturunan dari suku Vascones. Etnik Basque sekarang ditemukan di area Euskal Herria, terletak di ujung barat Pirenia. Terdiri dari 3 Daerah Otonomi di Spanyol dan 3 Provinsi di Perancis.

Etimologi

Basque, seperti sudah dijelaskan di awal, berasal dari bahasa Perancis, yaitu Basque (dibaca /bask/), dan juga dalam bahasa Spanyol yaitu Vasco (dibaca /vasko/). Asal katanya yaitu dari Celtic, bhar-s, yang berarti titik dan mengacu pula pada kata barscunes yaitu orang-orang gunung.

Sejarah

Diperkirakan bahwa tempat awal suku Basque bermukim ialah di Eropa Barat, di sektor Cantabria, Spanyol. Suku Basques sudah disebutkan dalam catatan perjalanan Pliny. Pada awal abad pertengahan, daerah ini dikuasai oleh Duke of Vasconia. Setelah pasukan Muslim dan Franksih menguasai daerah Spanyol, maka daerah Vasconia ini difusikan dalam Kerajaan Pamplona.

Negara Navarre, menjadi tempat orang Basque bermukim di Kerajaan Pamplona, mengahadpi feudalisme Raja dan terpengaruh Aragon, Kastille, dan Perancis. Pada saat pasukan Muslim disingkirkan pada abad ke-15, Basque menjadi bagian dari Kerajaan Spanyol.

Meskipun begitu, orang Basque tetap berusaha agar kemerdekaan tetap mereka capai. Diantaranya, mereka memanfaatkan Revolusi Perancis dan Perang Karlis. Tapi tetap saja, Basque menjadi bagian otonomi atau provinsi dari negara tersebut.

___________________________________________________________________________

Kalau masih kurang yakin nih screenshotnya sob

Nah, sampai titik ini saya masih bingung sob, apa hubungannya kalimat “Witing Tresno Jalaran Soko Kulino” yang padahal berbahasa Jawa dengan bahasa Basque di tambah lagi Prancis dan Spanyol. Gak ada hubungannya kan. Apa sebenernya bahasa jawa yang berasal dari sana atau apa bahasa Spanyol dan Prancis yang berasal dari bahasa Jawa. Kayanya tambah gak mungkin, atau … ??? gak tau deh.

Tapi itulah serunya berselancar ria di internet, hal-hal yang dianggap kecil malah bisa nambah pengetahuan, padahal aslinya saya lagi dengerin lagu reggae karya mas Tony Q yang judulnya “Witing Tresno”, eh, malah ngembet kemana-mana, tapi gak rugi sih, soalnya pengetahuan bertambah.

Tapi …Jawa, Bosque, Prancis, Spanyol …??? … ah, lupakan, kita dengerin musik lagi yukk …

Pertama beta mengenalmu

Rasanya biasa-biasa saja (cuma biasa saja)

Kedua berteman denganmu

Lama-lama ku jatuh hati padamu

Bercanda tertawa bersama

Bahagia karena saling suka

Kadang cemburu mewarnai hari-hari

Kita berdua

Witing tresno jalaran soko kulino

Kata orang jawa

Lama-lama ku jatuh cinta padamu

Jarene wong jowo


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *