Cara Mengenalkan Hobi pada Anak Sejak Dini

Mengenali potensi dan bakat yang dimiliki oleh anak usia dini memang bukanlah hal yang mudah, selain itu kebiasaan anak-anak zaman sekarang sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan zaman dulu, hidup di era gadget dan dikelilingi dengan teknologi tentu membuat kita sebagai orang tua perlu ekstra berhati-hati pasalnya segala kemudahan yang ada di zaman sekarang dapat membuat anak lupa pada waktu dengan terus asyik bermain game, terlebih lagi di zaman sekarang ini banyak tersedia game online yang bertemakan kekerasan dan peperangan yang dapat mengganggu stabilitas dalam otak mereka. 

Mengenalkan hobi pada anak usia sejak dini merupakan langkah cerdas yang harus dilakukan oleh semua orang tua, sebab anak yang bisa menemukan hobi yang diminatinya berarti mengenalkan potensi pada diri mereka agar kelak menjadi orang yang produktif dan dapat berguna di masyarakat. Tapi mengingat anak-anak usia dini pasti belum bisa memahami apa sebenarnya yang menjadi hobinya, tentu orang tua butuh kesabaran ekstra dalam mengenalkan hobi yang baik pada anak-anak. 

Ada banyak cara dan panduan bagu orang tua dalam mengenalkan hobi pada si buah hati, beberapa diantaranya mungkin tidak ada salahnya jika dipraktekkan: 

1. Jangan Batasi Aktivitas Anak 

Cara yang terbaik dalam mengenalkan hobi dan juga melihat potensi yang dimiliki oleh anak ialah dengan cara tidak membatasi anak-anak dalam bermain, sebab jika orang tua membatasi gerakan dan aktifitas mereka akan berimbas pada menurunnya tingkat kognitif dan juga kreativitas pada anak. Biarkan mereka beraktivitas dengan apa yang mereka ingin lakukan, semakin aktif anak dalam beraktivitas maka semakin mengasah tingkat produktifitasnya di kemudian hari. 

Ups, ini mah lagi main makan makanan yo

2. Kenalkan Aktivitas Yang Baik Pada Anak 

Jika anak-anak memiliki hobi bermain game dan sering berkeluyuran sampai tak kenal waktu, maka mungkin ini saat yang tepat bagi orang tua untuk mengenalkan aktivitas yang baik pada anak-anak. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa orang tua lakukan sembari bermain dengan anak-anak, mulai dari belajar memasak, belajar membaca ataupun belajar menghitung, dengan memperkenalkan aktivitas ini pada anak, tentu orang tua akan tahu dimana potensi anak-anak yang sesungguhnya. 

gak jaminan juga sih mereka nantinya bisa masak


3. Jangan Pernah Memaki Anak 

Salah satu penyebab mengapa anak zaman sekarang sangat nakal dan tak jarang yang tingkat awarenessnya cukup memprihatinkan yang bisa disebabkan karena pola asuh orang tua yang kerap memaki anak. Study terbaru di Ohio, Amerika Serikat menyebutkan jika anak umur 5-9 tahun sering menerima kata-kata makian maka akan berujung pada menurunnya tingkat kecerdasan yang disebabkan pada saat anak dimaki maka ketakutan yang mereka rasakan akan menurunkan sel syaraf pada otak mereka. Oleh sebab itu jangan pernah maki anak-anak dengan menggunakan kalimat yang sebisa mungkin lebih cooperative bilamana hendak menasehati atau mengingatkan anak-anak. 

nih! anak yang udah gak mempan dimaki-maki


4. Ajaklah Anak Berwisata 

Cara mengenalkan hobi pada anak sejak dini dapat juga dilakukan dengan cara berwisata ke suatu tempat baik itu pameran seni, wahana bermain anak, ataupun dengan mengunjungi wahana edukati. Menurut para Ahli pada dasarnya setiap anak memiliki naluri dan rasa ingin tahu yang tinggi dengan objek yang menurut mereka menarik, dan saat ia tertarik dengan sesuatu maka ia akan menggali informasi yang lebih dalam mengenai hal tersebut sehingga dapat merangsang ide kreatifnya dan jadilah hobi bagi anak. 

gak tau dah ah, ini anak siapa ...


Dan masih banyak cara dan trik lainnya untuk mengenalkan hobi pada anak-anak sejak dini. Setiap orang tua tentu memiliki cara-cara yang cerdas dan adaptif terhadap tipikal anaknya masing-masing. Karena pendekatan dan cara untuk mengenalkan hobi pada tiap-tiap anak tentu akan berbeda-beda. 

ini adalah artikel kiriman dari mba ririe pemilik ririekhayan.com

Komentar

  1. sip mas, lanjutkan menegenalkan hobi pada anak-anaknya ya? eh, maksudku anak-anak di panti asuhan

    BalasHapus
  2. Sipp, terima kasih gan buat sarannya

    BalasHapus
  3. punya anak memang tanggung jawab besar bro, ngedidik nya emang gak mudah, harus ekstra sabar dan pinter2 supaya gak salah didik..

    BalasHapus
  4. Prakteknya gak mudah, tapi harus tetep semangat supaya generasi ke depan semakin baik lagi..

    BalasHapus
  5. dengan metode seperti ini, anak-anak indonesia akan menjadi ana yang kreatif.

    BalasHapus
  6. betul sekali gan harus dimulai sejak dini

    BalasHapus
  7. Makasih infonya gan, ijin share ya

    BalasHapus
  8. Lanjutkan gan, Saya tunggu artikel yang bermanfaat selanjutnya

    BalasHapus
  9. bagus banget gan, bisa dibuat referensi untuk mengetahui hobi anak kita. makasih

    BalasHapus
  10. dengan metode seperti ini, anak-anak indonesia akan menjadi ana yang kreatif.

    BalasHapus
  11. Super sekali :D heheh semoga semakin kreatif

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fungsi Dari Gelas