Bahasa Gaul Tempoe Doeloe

Gak usah dijelasin deh, soal arti bahasa semua orang pasti udah tau. Astaga! masih tetep mau dijelasin? okeh. Menurut gueh bahasa itu adalah cara berkomunikasi yang dimiliki setiap makhluk hidup dengan tingkatan dan cara yang beda. Makanya bahasa itu banyak banget. Apalagi di negara ini, ada puluhan bahasa dari tiap suku dan pulau yang berbeda.

Tapi apa kabarnya ya tuh bahasa daerah? 

Sebagai anak gaul pada jamannya, gueh merasa harus sedikit menginformasikan bahasa gaul yang sering dipake jaman gueh. Yah, kali aja ada yang sejaman sama gueh, terus kita bisa cingcong pake tuh  bahasa.

dibikin asik aja bro
artinya "dibikin asik aja bro"

Bahasa gaul jaman dulu kadang dikenal dengan bahasa PROKEM diambil dari kata dasar PREMAN terus sedikit di plesetin. Jadi intinya bahasa gaul prokem itu cuma bahasa Indonesia/bahasa betawi, yang sedikit dibalik atau di plesetin.

Contohnya :
"Gout gara kotau" artinya "Saya tidak tahu"

Gout = Ogut = Gueh = Saya
Gara = kagak = Tidak
Kotau = Tahu

"Gout ngepen kemek" artinya "Saya ingin makan"

Kita tinggal membolak balik bahasa yang sebenarnya atau di PLESETIN.

Contoh kata :
Lau = Eluh = Kamu
Bokis = Bohong
Paler = Laper
Siba = Bisa
Daa = Ada

Mudah bukan?
Tapi ngemeng ngemeng ada gak yah sobat blogger yang masih pakai bahasa ini sampe sekarang?

Sebgai PeEr karena eluh udah baca neh postingan, boleh dong kalo eluh artiin kalimat kaya gini :

" Gout Naak Tageng, atip gara songong, wales bro ..."

SELAMAT MENGERJAKAN, xixixi ...

Komentar

  1. ahh,,, berhubung gue kagak gaul,, so gak usah deh ngmg yg ribet cem itu... ahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew, hmmm kalo gak gaul berarti eluh anak Alay yah, wkwkwkwk

      Hapus
  2. Membuat Kamus Bahasa Gaul dong Sob, heheheh:) jadi kalo ndengerin anak2 muda sekarang ngomong faham maksudnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk wew, gak dah kalo bikin kamus mah, gak sanggup ane, lagian anak sekarang gak pake neh bahasa ky nya deh

      Hapus
  3. dicatat dulu .. entar mau buka kamusnya, ada nggak Mon , pinjemin dong kamusnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, ada neh, kamus idup, hahaha

      Hapus
  4. Hihi b.prokem bro "gue anak ganteng,tapi gak belagu, selow bro" gout seh saik-saik aja hahaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saik ... dae naek retnip silau ... toss ulud bray ... :)

      Hapus
  5. Niba hasa nyakek baha sawa lik'anda rima langdeh? Eta piba hasapro kemma sihdi pake loma naka nakja manse karang! Salnya woles, selow dsb.

    Hahahahahab

    BalasHapus
    Balasan
    1. yahka lija emangma seha da yangsu ka nihba hasa bro, gw mas ihada kok dima rih, wole slah

      Hapus
  6. bbahasa gaul model gini malah baru saya tahu Kang, kalo bahasa ngalaman (arema) yang dibalik malah sudah amat kental di telinga saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya sob, mungkin karna ini bahasa gaul di jakarta tempo dulu ya, gmn dong kl bhs gaul arema ?

      Hapus
  7. wegu gara dae dokat bos...hehe :)

    wah bikin ngingetin...ane balik di jaman SD dulu nih...kitar taon 80-an ya bang Mon..kalo ga salah :)

    mang saik...dagh bahasa okem dulu ya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew, sekodik galih pan gajian bray ... :)

      iya seru ya kl ngobrol pake tuh bahasa dulu :)

      Hapus
  8. yg jelas tiap daerah pasti berbeda bahasa gaulnya. contoh kalo gue bilang dlm bahasa gaul tempo dulu "ada bulo-bulo iri Tak" dlm bahasa dayak maanyan artinya "ada aur iri Tak" kemudian dlm bahasa gaul indonesianya "Macam-macam aja nih elo Mon" dimana kata Tak merujuk pada pemilik postingan ini Tak = Elo Mon. hehehe!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu, asikkk gw dapet bahasa baru, thanks neh, bro, gw tunggu pelajaran bahasa selanjutnya dr "tak" yah :)

      Hapus
  9. dr dulu ogut gk bisa bahasa prokem, bahasa gaul ataupun alay. tapi bolehlah ikutan nerjemahin " Gout Naak Tageng, atip gara songong, wales bro ..." = Gue mau molor, sudah ngantuk banget pdhl kopi sebaskom sdh kandas...

    Wkwkwkwkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. huuu, semangatnya seh boleh tapi sayangnya masih salah besar, jadi nilainya "NOL" wkwkwkwk

      Hapus
  10. Aduh artinya apa tuh ?
    saya sama sekali gak ngerti bahasanya ribet banget ya ?

    BalasHapus
  11. saya paling gaptek tuh kalau masalah bahasa bahasa gaul soalnya ribet banget bahasanya

    BalasHapus
  12. Ternyata bahasa gaul tempo dulu ribet gini -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dab, eug gara sab bahasa gaul,
      eug caw ulud yeh, biasa mao toi ulud

      Hapus
  13. Kayaknya aku pernah denger ginian dari ibuku.. kedengerannya susah jadi males.. hehe

    BalasHapus
  14. bbahasa gaul model gini malah baru saya tahu Kang, kalo bahasa ngalaman (arema) yang dibalik malah sudah amat kental di telinga saya.

    BalasHapus
  15. buset, ada bahasa begituan, lebih pusing dari tulisan anak alay nih bacanya hahaha

    BalasHapus
  16. meskipun ini the first time gw denger bahasa planet begini, tapi gw coba kerjain PR nya dah..
    "Saya anak ganteng, tapi nggak songong, santai bro.."

    Bener kagak tuh?

    BalasHapus
  17. dicatat dulu .. entar mau buka kamusnya, ada nggak Mon , pinjemin dong kamusnya :)

    BalasHapus
  18. Ketauan ... pasti orang lama nih

    BalasHapus
  19. Perasaan bokis itu artinya bisa..., contoh: "Ah Elu paling bokis..."

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fiersa Besari