Gaya Penulisan Yang Baik

Setiap orang, setiap Jurnalis, setiap Blogger dan setiap setiap yang lain, yang menyukai tulis menulis baik di media kertas maupun elektronik tentunya mempunyai keinginan agar tulisannya bisa lebih baik, bisa bermanfaat dan bisa bisa yang lainnya. Dan untuk mendapatkan sebuah tulisan yang baik, tentunya bukan hal yang sepele, diperlukan sekurang-kurangnya sekilo cabe rawit, seperapat bawang merah, ditumbuk lalu goreng setengah matang dan tiriskan usaha yang maksimal.

Oleh karena itu, setelah menimbang, melihat lalu memutuskan minum kopi, maka stupid monkey mencoba sedikit peruntungan tips dibawah ini, (kali aja laku), yuk di awasi ...
masih kurang nyamping brooo

Gaya Nada dan Penulisan
Selain beberapa gaya seperti resmi (formal), dingin (impersonal), dan netral (tidak memihak: takbias, tidak emosional, dan bersih dari prasangka). Diperlukan juga sedikit gaya yaitu menyamping, artinya, dalam setiap melakukan aktifitas menulis, coba gerakan tubuh ke samping kiri atau kanan. Hal ini sangat dianjurkan, terutama bagi penulis yang terbiasa dengan tulisan yang panjang. "Menulis juga bisa bikin pegel tau".

Coba juga saat menulis, mengeluarkan beberapa kali suara nada dasar, seperti do, re, mi, fa, agar pernapasan stabil. okeh!!!

Gaya berita/jurnalistik
Selain bersifat sebagai prosa seperti dalam berita surat kabar dan situs-situs informatif, gaya seperti ini juga berguna untuk blogger yang mengedepankan cerita pengalaman hidupnya, bisa saja anda membuat suatu tulisan bersifat ini sesekali, misalnya, saat anda diputusin pacar, di tembak cowok, diusir yang punya toko saat ngamen, atau kejadian lainnya. Yang penting informasinya bersifat penting (bagi yang nulis ya) dan lumayan untuk melatih keberanian dan nyali. (kalimat terakhir gak banget deh).

Gaya Ringkasan
Ringkasan disini lebih mirip subbagian ya, tapi bukan paragraf baru, hmmm, mirip-mirip buku laporan deh gampangnya mah. Contohnya cerita satu minggu, anda bisa meringkas kejadian setiap harinya dengan judul tanggal atau waktu, dan tulisannya tak kurang dari dua paragraf deh. Dan sepertinya banyak sudah yang menggunakan gaya yang satu ini.

Hal ini dilakukan agar pembaca gak bosen aja baca tulisannya "bosen gak sih baca tulisan disini??"

Tetap Fokus Pada Topik Artikel
Untuk yang satu ini saya gak bisa ngurain deh, soalnya saya aja banyakan gak fokusnya, tau gak? tulisan ini aja dibuat saat gak fokus, tapi jangan bilang-bilang yah ...

Gunakan istilah yang jelas, tepat, dan akurat
Kamsudnya sih biar gak terjadi pembodohan gitu sob, "kamsudnya itu pembodohan bukan sih??". Nah itu salah satu contohnya.

Selesai deh ...

Bisa dimengerti kan sob ??? kalau gak paham, gak ngerti, gak jelas, bahkan sampai gak masuk akal. Tooooolong, jangan beri saya pertanyaan, atau sesuatu yang menjurus pada tanya jawab, lho ... soalnya saya juga gak ngerti tulisan apa yang saya buat saat ini. Jadi, buat sobat yang sudah terlanjur membaca tulisan ini sampai habis, nikmatin aja kebingungannya yah ... dadah ...

Selamat berakhir pekan sob ...

Komentar

  1. wah wah.. nice post sob. ane lagi belajar nulis nih.. thanks tipsnya! :D

    BalasHapus
  2. mau belajar gaya menyamping nya ahhh, hmm gimana yah enaknya, samping kiri apa samping kanan

    BalasHapus
  3. Nah ntu yang susah bro.
    Aq nggak pinter nulis,dari dulu mpe sekarang tak baca baca kok nggak bisa bagus, knapa ya?

    Apa gara gara aq ganteng? atau kurang latihan terus ya?

    BalasHapus
  4. Aku mau kasih pertanyaan, tapi kan enggak boleh :D

    BalasHapus
  5. KIrain gaya menyampingnya apaan, gak tahunya gaya menulis sambil 'usreg'. Kalau aku pastinya nulis menyamping ke kanan karena bukan penulis kidal ...

    Dan lebih suka pilih gaya, mana saja yg suka de asal tulisannya selesai...#ngawur

    BalasHapus
  6. Wah! Gue lebih suka nulis sambil tiduran atau sambil nongkron di wc. Makanya tulisan gue gak pernah fokus! Ngeden trus, sih! Bhbhbhbhb

    BalasHapus
  7. gayanya sesuai hati aja deh..
    Aku gaya apa yah??

    BalasHapus
  8. ada juga gaya bebas atau gaya kupu2.. koq disini ga dimasukin???????????????

    BalasHapus
  9. wah, harus berusaha agar tulisanku bisa lebih baik lagi ini. fufufufu. Oia, ada lagi bang, gaya penulisan indepth atau reportase, yg puanjaaaang banget.
    =))

    kalo macam tulisanku di blogku mungkin lebih cenderung ke feature [abal-abal] yg narsistik (soalnya ngebahas keseharianku sih :P ).

    BalasHapus
  10. kulisanku kaya apa ya...? entah.

    BalasHapus
  11. ane lebih ke jurnalistik kali ya, kadang suka formal si ya. ane justru pengen kaya tulisan ente yang ngalir, munkin ente nulisnya pake 'miring miring' kali ya heheh

    BalasHapus
  12. gaya menyamping? hmm kudu praktekin nih :D

    ini gimana to? nulis ttg gaya penulisan, tapi engga boleh nanya? niat gak sih! *gaya marah2 gak pake menyamping* hahahaha

    Moo ... mbok lain kali tuh ya ... eh gak jadi ding, napa juga mo nasehatin, wong saya pun masih suka gak fokus nulisnya hahahaha

    Have a great weekend ya Mo!

    BalasHapus
  13. aaaahhh... pas baca paragraf penutup nyesel gw sob bacanya sampe hatam,kwkwkw :D

    terus terang gw ga pernah bosan sob dengan tulisanya ,,, kalo saya perhatikn kayanya tupid monkey humoris ya :D

    BalasHapus
  14. hehe.. menarik sekali , kalo saya untuk menulis berita masih kacao sobbb .... hehehe

    BalasHapus
  15. Gaya penulisan muncul dari kenyamanan sang penulis kan? Kayak penulisan sekilo cabe, bawang merah itu. Tulisan dicoret yang mungkin agak sedikit nggak nyambung dari topik bisa membuat ketawa para pembacanya ha..ha...

    BalasHapus
  16. haha... kalau punyaku masih, serong kiri... kadang pun serong kanan..... :lol

    BalasHapus
  17. gayaku ga ada yang tercantum satupun
    seenaknya, gak nyambung awal akhirnya dan gaya penulisanya mbuh...
    hihihi katrok...

    BalasHapus
  18. Dan yang paling penting adalah memberikan referensi jika yang dimuat adalah sebauh informasi, biar ga dibilang hoax. Juga sebelum nulis dicek dulu apa info itu baru atau udah basi. :) Kalo udah basi, ga enak sob, bau dan lengket. Hehehe...

    BalasHapus
  19. gak mau tanya lah wong bingung ngebacanya :p

    BalasHapus
  20. Hahaha gaya menyamping efek dari sebuah nulis yang terlalu panjang ya Kanng :)

    Trus kalau menurut tips ini saya termasuk sebagai blogger yang tulisannya gimana ya Mas hehe #wong harang update kok wkwkwkw

    BalasHapus
  21. tolong sekali kali diwujudkan dong dalam postingan, kalimat kalimat yg kau coret ini MOn

    "sekurang-kurangnya sekilo cabe rawit, seperapat bawang merah, ditumbuk lalu goreng setengah matang dan tiriskan"

    khan jadi ada posting masakan ^_^

    BalasHapus
  22. tipsnya lucu tp oke juga.. hahah :D

    BalasHapus
  23. woy, tanggung jawab donk.gue baca berkali kali gak ngerti maksudnta tpi elo bilang nggak mau tanya jawab. :D. hehehe

    BalasHapus
  24. gayaku freestyle sepertinya hihihihi

    BalasHapus
  25. gaya ane tergantung blog mana yang ane copas.. hahahha.. canda gan.. ane memang udah jadi blog copas, hmm jadii enggak tau ahh :D

    BalasHapus
  26. maunya judulnya ditambah dikit lagi menjadi gaya penuslisan yang baik dan benar. hahahaha

    BalasHapus
  27. dasar monkey gak tanggung jawab...^^

    BalasHapus
  28. soal gaya, biasanya demen yang ori aja deh, gag ribet... tapi sesekali miring juga perlu...

    hayooohhh apaan tuh

    BalasHapus
  29. waha, tulisan lo gak fokus nih bang ..
    hehe .. tennang gak bakal gue kasih tau Bang mangki ..
    LOL

    itu emang beneran harus ngeluarin nada do re mi segala ..
    kalo suaranya ancur gak bisa nulis dong ..
    hehe

    BalasHapus
  30. kalo saya kebanyakan pake gaya makan pak. :D

    BalasHapus
  31. Sependapat dengan @Enha..
    Indepth reporting lumayan sulit.. Saya pernah menggarap itu dan memakan 1 bulan untuk menyelesaikannya.. Hahahahh

    @abah: ak suka pas bagian tengok kanan-kiri disela2 nulis.. Bener bgt itu.. Sama meregangkan dan membunyikan jari2 tangan :)) . Terus semangat nulisnya :p

    BalasHapus
  32. saya mampir lagi sob ,, heheh :D
    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

    BalasHapus
  33. @Cartenz Pyramidah bisa aja sob, keliatannya udah mahir banget malah ente :D

    BalasHapus
  34. @Tiesaasal jangan disamping kandang kuda, kambing, ayam, gak asik tau, haha :))

    BalasHapus
  35. @mohamad rivaiwah, kayanya malasah kita sama sob, mungkin kegantengan kali ya :))

    BalasHapus
  36. @Elfrida Chaniahihihi, soalnya aku jg gak bakalan ngerti jawabannya :P

    BalasHapus
  37. @Ririe Khayanasal jangan pake gaya katak sama kalong, bikin cape tau :P :))

    BalasHapus
  38. @eksakngeden apa ngegass nih sob, awas jangan2 "lupa" lagi :))

    BalasHapus
  39. @NFwew, kl pake gaya begituan ntar saingan sama artikel berenang lagi :P

    BalasHapus
  40. @enhas notewew, jadi tambahan baru lagi nih, asikkk :)
    ya udah mulai besok nulis gaya baru ya, hihiiy :p

    BalasHapus
  41. @nicampereniquehihihi, apalagi gaya marah2, dilarang keras mba sama FSM (Forum Stupid MOnkey) :))
    ya udah kl mo komplen tinggal balik lg ya :P

    BalasHapus
  42. @amethe Bershandarhihihii, kan udah dibilangin tuh di akhir, selamat nyesel ya :P
    hmmm, makanya jangan terlalu di perhatiin deh sob :))

    BalasHapus
  43. @HP Yitnohihihiy, iya sob, kenyaman itu nomor satu nya lho :D

    BalasHapus
  44. kalo gue sih gaya dada
    *eh, gaya amburadul
    ga karuan, yang penting nulis xD

    BalasHapus
  45. Kira2 gaya tulisan saya udah sesuai kriteria yang ditulis bang stumon belom yaaa.. bagi kritik saran dong bang :)

    BalasHapus
  46. wah lma gk berkunjung kesini :D

    ane ijin klik iklan gillette sob, jika berkenan klik balik yh =))

    BalasHapus
  47. @srulzwew, apaan ya??? aneh, hihhiy :))

    BalasHapus
  48. @Rawinshhihihi, gaya yg sobat punya nanti di bicarakan di posting selanjutnya ya, hihihiy :P

    BalasHapus
  49. @Naspardkalo gitu selamat bingung ya :))

    BalasHapus
  50. @भीम Sofyan भीमhmmm, iya song :D
    menurut saya, sobat adalah blogger bersarung haha :))

    BalasHapus
  51. @Ely Meyerwadoh, nanti gak enak mba sama emak2 blogger, dikira saingan lagi, :))

    BalasHapus
  52. @Himi^^lebih lucu lagi yg nulisnya tau :))

    BalasHapus
  53. @Yuyudhihihiy, ya udah, tanggung sendiri, jawab sendiri ya, hahay :))

    BalasHapus
  54. @Orinokelah kalao begitu menurut mu :P

    BalasHapus
  55. @Asalasahhihihiy, berarti ente blogger jujur sob :))

    BalasHapus
  56. @Oh Gitu..hihihiy, yg ada nanti di demo orang sepasar lagi :))

    BalasHapus
  57. @iwanhihihiy, itulah asiknya jadi monkey :P

    BalasHapus
  58. @EYSurbaktihihihiy, maklum sob, gak punya lensa yg bagus, wajar kl gak fokus :))
    gak jg, kan suaranya gak ditulis :))

    BalasHapus
  59. @febicie .. kompplotan ni yeeee :P
    siap, ajarin terus dong :D

    BalasHapus
  60. @schihihi, yg penting posting :))

    BalasHapus
  61. @diniehzhmmm, kl tulisannya gak panjang sampe bisa ngabisin waktu dua hari, berarti sudah memenuhi kreteria :))

    BalasHapus
  62. @Aldio Blogwah, donatur nih, okeh sob, dengan senang hati :))

    BalasHapus
  63. ok lah nih tipsnya... kira kira tulisanmu ini masuk tip nomor berapa ya...

    masih belum pinter nih nulis.... masih perlu banyak belajar sob..

    BalasHapus
  64. @Stupid monkey Hahahaha. Bener. Pasti gara gara itu. pasri banget. saya dah yakin. wohohohoho

    BalasHapus
  65. Aduuh, kenapa aku baca postingan ini sampai habis ya? jadi bingung deh, mau komen apa. Hm.. gimana kalo aku komen ala penjual obat itu ya...

    "artikel yang sangat menarik sobs, patut dicoba tipsnya". #meniru sang penjual obat.

    kayaknya paling sulit untuk tetap fokus ya mas? hihi

    BalasHapus
  66. @cerita anak kostwah punya ane kelesatna di tangepin nie, ane tangepin sendiri aja dah :))

    BalasHapus
  67. wah gitu y abang, ehm, seperti nya semua saya pernah liat di sni bang, berarti ente semuanya sudah menjalankan ya bang. ehm, tinggal ane nyoba ah gaya penulisan ente

    BalasHapus
  68. ane masih dalam proses pembelajaran nih bang.. thanks ilmunya

    BalasHapus
  69. Jangan keseringan duduk menyamping, encok loh. ingat umur!
    Happy weeken^^

    :D

    BalasHapus
  70. wahhh...manteb nih tipsnya sobat

    BalasHapus
  71. . . berhubung km sukses bikin aq bingnk. aq pesen sabu dech. lagi laper nich. pluz teh anget nya 1 ya?!? he..86x . .

    BalasHapus
  72. Ditunggu posting berikut nya. Kalo bisa yg lebih membingungkan dari ini. :D

    BalasHapus
  73. Kalo jumlah paragraf minimal berapa pid? Ane nulis di blog biasanya ga lebih dari empat paragraf, itu juga pendek pendek. Hehe

    BalasHapus
  74. @applausrwew, saya malah gak termasuk dari salah satunya sob, hihihiy :D
    sama kudu banyak belajar lagi sob :D

    BalasHapus
  75. @alaika abdullahwew, nah lho, bingungkan? saya aja bingung, hihihy :D
    bebas mba mau komen apa, yg penting asik nimbrung :))
    fokus??? susah :))

    BalasHapus
  76. @peduli alamkuwew, tau dah sob ane pernah nyoba apa enggak, yg penting posting :))

    BalasHapus
  77. @Yuyudsiap, tunggu aja, tahun depan :))

    BalasHapus
  78. @Bayuitu yg saya suka, pertahankan sob, hahaha :))

    BalasHapus
  79. wahhh...ane kena abisss niiiii...cz...yang...negatif-negatif...aku bangettttt.....tpi ...tantangan juga sih...buat ane....nyambung gak????

    BalasHapus
  80. Ngetik emang kadang pegel...
    Fokus tu susahhh kadang tulisanku masih mbleber ke mana mana @.@

    BalasHapus
  81. Ini juga gaya penulisan apa ya? Tips, saran atau bodoran? Hehe ga tau deh yang pasti sya bsa menangkap hal positpnya om. Terimakasih ya :D

    BalasHapus
  82. Saya akan lebih suka jika tulisan yang saya baca bersifat baku, tapi santai. Tidak terlalu serius, dan tentunya menuruti kaedah bahasa indonesia yang benar (EYD).
    Sulit memang, menulis dengan gaya menulis baku sekaligus menggiring pembaca dengan rileks/santai.

    Perihal EYD, contohnya penulisan istilah asing harus dimiringkan, kemudian kalau mau diberi imbuhan harus diberi tanda penghubung strip.
    Contoh kalimat asing: bye, mystery, thriller, dan soundtrack.
    Contoh imbuhan: soundtrack-nya.

    BalasHapus
  83. @mahbub ikhsanhihihiy, jangan gitu dong, kudu pede P
    nyambung banget malah tau :D

    BalasHapus
  84. @Yayack Faqihhihihiy, sama2 sob, ini mah postingan ngasal aslinya sih :D

    BalasHapus
  85. @Asophmmm, begitu ya, :D
    okeh sob, makasih ya atas masukannya :D

    BalasHapus
  86. sampe sekarang masih terus belajar ttg penulisan yg baik, trims tips nya :D

    BalasHapus
  87. @arifwew, belajar emang kudu, harus dan wajib ya sob, bagi kita semua :D
    sama-sama :D

    BalasHapus
  88. Kalau saya terserah. Malah kadang seenaknya. Yang penting nulis :-D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fungsi Dari Gelas