Sekilas Gunung Salak

Sumber gambar
Sepekan terakhir ini, nama gunung Salak mendadak menjadi familiar di telinga. Hal ini di sebabkan karena sebuah kecelakaan yang menimpa pesawat Rusia Sukhoi Superjet 100 dan seluruh awaknya di lereng gunung tersebut. Dan hal itu juga yang mengingatkan saya akan pendakian gunung Salak beberapa tahun silam sob.

Gunung yang resmi menjadi Taman Nasional Gunung Halimun Salak sejak 2003 ini, diakui sebagai gunung yang memiliki daya magis yang dahsyat sob. Saya katakan demikian karena saya dan beberapa kawan pernah mengalaminya sendiri, terjebak di dalam hutannya yang terkenal lebat dan sering sekali berkabut sehingga menghalangi jarak pandang.

Awalnya saya sendiri gentar untuk mendaki gunung ini beberapa tahun silam, selain bukan sebagai gunung favorit dan bukan target pendakian saya, cerita yang sering membuat merinding segenap bulu kuduk kerap kali terngiang di telinga ini. Wajar jika terkadang saya merasa takut, karena sebagai manusia yang agak normal, saya juga di anugrahi perasaan seperti itu. Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti atau memperburuk nama gunung Salak lho.

Rimba gunung Salak

Belum lagi kejadian yang menimpa seorang kawan yang cukup akrab saat mendaki gunung tersebut. Dia di nyatakan hilang setelah tim SAR dan para volunteer selama seminggu lebih tidak menemukan sosoknya dalam penyirisan gunung tersebut. Hingga pada akhirnya pihak keluarga merelakan dan menggelar acara kirim do'a hingga tujuh hari layaknya orang yang sudah meninggal. Tentunya, berita seperti itu semakin membuat ciut nyali para pendaki akan ke magisannya rimba Salak. Jelas sekali, keluarga yang ditinggalkan sangat merasa kehilangan, namun akhirnya rasa duka cita mereka hilang seketika, saat tiba-tiba saja kawan saya itu hadir di siang bolong di depan ambang pintu rumah mereka. Tak ayal para saudara dan tetangga yang sudah mengganggap kawan saya meninggal, lari tunggal langgang, lantaran dikira hantu siang bolong. 

Setelah melihat kejadian yang menimpa kawan tersebut, saya memberanikan diri untuk mendaki gunung yang tersohor angker itu. Mengambil jalur Cangkuang, Cidahu, Sukabumi, saya dengan sedikit nyali bersama seorang sahabat mencoba menelusuri liku demi liku hutannya, melewati lumpur setinggi dengkul, bepijak di tanah gambut, melewati lereng-lereng curam, berhadapan dengan tanjakan rante dan tak sampai satu hari pendakian, kami telah tersesat. Hingga pada akhirnya keputusan pulang dan balik arah harus kami ambil untuk dapat kembali pulang dengan selamat "keselamat nomor satu sob". Setelah beberapa minggu, kami mencoba kembali kesana dan baru bisa di nyatakan berhasil sampai di puncaknya yang bernama Puncak Salak 1 dengan ketinggian 2221 mdpl.

Puncak Salak 1

Tidak ada apa-apa disana, hanya pemandangan luas dan sebuah makam, dikenal dengan "Mbah Gunung Salak". Namun pengalaman, pelajaran dan kepuasan yang saya dapat dari mendakinya sangat tak ternilai.

" Hidup bukan untuk di takuti, jangan menyerah karena gagal, dan terus bergerak hingga puncak ".



Komentar

  1. waah ? bang stumon pernah mendaki gunung salak yah ?? wew -__-

    *akujadipenasaran* hihi -__-

    BalasHapus
  2. wahhhh,, masih asri banget yah hutannya :)

    manteb nih untuk di kunjungi sobat :)

    BalasHapus
  3. ane belum pernah kesana sob..
    kepengin juga, tapi ga tahu kapan, tapi setelah tragedi shukoi mungkin lebih banyak cerita yang menyeramkan yah.....

    BalasHapus
  4. wah ente pernah kesono ya gan, beneran tu ada yang kaya gitu sampe muncul siang bolong? ehm. ngeri juga ya, ya percaya ada kekuatan magis, tapi jangan percaya sama setanya. ntar jadi musrik, ya ga gan?

    BalasHapus
  5. terus ga ada cerita2 mistisnya gitu?? huuu kurang seruuu *gaya banget padahal baca yg ini aja udah merinding*

    BalasHapus
  6. huaha ha haaaa punya rasa takut juga ya bang??lah kiraiin karna tiap hari tinggal dihutan ga takut..

    serem amet ya ceritanya

    BalasHapus
  7. kisah nya kok jadi ngeri gitu sob.. tapi ane salut juga lah ente berani mendaki.. hehehe

    ternyata memang beneran agak magis ya.. kirain cuma isu aja.. euh ini si monyet (uupss) maaf. hehe rupanya memang udah pernah main kesana

    atau jangan2 nama blog ini terinspirasi dari monyet yang ketemu disana? hehehe canda gan :D

    BalasHapus
  8. kisah nya beneran horror apa lagi ada kalimat in "merinding segenap bulu kuduk kerap kali terngiang di telinga ini" wkwkwkwkwk

    salut buat agan yang brani daki gunung salak. coba pas ente daki ngeliat kapal itu jatuh.. wah gak sanggup bayangin ane.. pasti lebih ngeri lagi

    BalasHapus
  9. semua kan tinggal niatannya sob ,,, bagaimana sebelum naik gunung itu ... hheeuu hheeeuu ... tapi seru abis tuh pengalamannya ssobb

    BalasHapus
  10. pernah naik gunung? bukannya abang asal dari gunung?

    BalasHapus
  11. gimana suasana gunung salak om.. memang terjal banget..ya...

    BalasHapus
  12. Serem juga nih Gunung Salak sob... Jadi takut saya lihatnya

    BalasHapus
  13. Wowww, pernah ke gunung salak toh. Itu kenapa mbah salak dimakamkan sampe jauh bener di gunung bang?

    Salut dah sama tim evakuasi yang mendaki gunung ini. Susah dakinya, dan gotong jenazah pula. Maasya Allah.

    BalasHapus
  14. Gue pernah ke cangkuangnya, sob! Tp gk sempet muncak. Ya gara2 isu angker itu. Penakut ya gue? Bhahaha

    BalasHapus
  15. itu cerita temen yg hilang, kok mirip ya sama kejadian waktu sama masih smp dulu, ketika mendaki gn.sibayak. kami sudah pulang semua, tapi ada beberapa orang yang tidak ikut (tertinggal atau sengaja meninggalkan diri). dicari2 gak ketemu juga. eh beberapa hari kemudian pulang sendiri :D yaaaah .... tau deh mau dibilang angker atau apa.

    BalasHapus
  16. Wew, pernah ke tkp ni ceritanya.

    cari wangsit ya, kan angker katanya :P

    BalasHapus
  17. Kenapa namanya Gunung Salak?apakah karena bentuknya seperti salak?

    BalasHapus
  18. disetiap gunung memang ada mitosnya sendiri sob... tapi mungkin gunung salak jadi lebih serem setelah baca ini... apalagi ada kisah nyatanya teman sendiri ya....

    BalasHapus
  19. boleh nanya nih MON, diberi nama gunung salak itu apa karna emang banyak ditanamin pohon salak ato karna nama mbah gunung salak itu?

    BalasHapus
  20. gunung salak itu berada di daerah mn ya sobat???????
    penasaran ingin mendakinya juga......

    BalasHapus
  21. wah, hebat...mana monkey pulang dengan selamat lagi

    BalasHapus
  22. gini neh kerjaan si monyet yg asli :D
    suka loncat loncat ke smua gunung :D

    BalasHapus
  23. @Himi^^pernah dong, yuk kita kesana lagi :D

    BalasHapus
  24. @Bang Dayathutannya rimbun dan bagus sob, masih terjaga baik, pokoknya sayang deh kl gak kesana :D

    BalasHapus
  25. @Muro'i El-Barezyayo sob kita kesana, soal cerita menyeramkannya untuk didengarkan aja yah :D

    BalasHapus
  26. @cerita anak kostmemang itu kisah nyata sob, iya dong syirik itu dilarang :D

    BalasHapus
  27. @NFwew, kapan2 deh diceritain soal mistisnya, sekarang intro dulu aja :D

    BalasHapus
  28. @Ndearwew, ya punya dong, ane juga berperasaan lho, hihihihiy, :p
    mau nyobain apa kesana :D

    BalasHapus
  29. @Asalasahhahhay, awalnya memang ragu sob, tapi setelah dijalani baru lah tahu seperti apa sitasinya, wew :D

    BalasHapus
  30. @Oh Gitu..wew, kl pas pesawatnya jatuh ane ada disana udah pasti jadi tim kesasar pertama, hahay :p

    BalasHapus
  31. . . ternyata pid ne pendaki sejati ya?!? hampir smua gunung yg didaki. hebat,, . .

    BalasHapus
  32. @deby putra bahrodinkl niat sih sudah mateng sob, tapi nyali yg cenat cenut, wew :D

    BalasHapus
  33. @naspardkan ceritanya di buang dari gunung :p

    BalasHapus
  34. @Fajariya, terjal basah dan berkabut gitu deh :D

    BalasHapus
  35. @Master Software Mobileserem sih gak terlalu, banyak mitos dan pastinya bukan untuk di takuti lho :D

    BalasHapus
  36. @diniehzsaya juga gak ngerti tuh mba soal sejarahnya beliau :D

    iya, salut untuk tim evakuasi nya :D

    BalasHapus
  37. @eksakwah, padahal udah tinggal naek doang itu, hihihy :D
    takut wajar kok sob, manusiawi :P

    BalasHapus
  38. @nicampereniquehahahay, memang banyak ya cerita mirip seperti itu, dan semuanya kisah nyata yg menarik :D

    BalasHapus
  39. berarti bener ya yg kubaca kmrn di yahoo news ttg kisah kisah magis di gunung salak itu Mon ?

    BalasHapus
  40. aku ngeri kak lihat gunung salak .. dulu ajah terkenal angker, apa lagi sekarang dah banyak bangkai manusianya :(

    BalasHapus
  41. eH, TERUS ceritanya setelah kemunculan si teman tersebut gimana? selama hilang seminggu dia kemana saja #penasaran

    BalasHapus
  42. @Arif Khumaidiwew, ngapain cari wangsit, enakan juga cari pangsit tau :P

    BalasHapus
  43. @Haya Nufusnama salak dia ambil dari kata salaka yang berarti perak sob :D

    BalasHapus
  44. @applausryep, setiap mitos itu pun mempunyai kisahnya masing2, seperti pendaki lainnya :D

    BalasHapus
  45. @Bung Penhoboleh dong, tapi dijawab sebisanya ya sob :D
    jadi nama gunung salak sendiri diambil dari kata "salaka" yg berarti perak, jadi gunung salak itu di sebut gunung perak, entah dari mana asal kata perak = salaka tersebut, mungkin karena kandungan yg berada di dasarnya, gw juga blm paham betul, mungkin harus googling lagi kali ya :D

    BalasHapus
  46. @Dedy Irawan Azgunung salak berasa di sekitar kawasan sukabumi dan bogor sob, bisa melalui beberapa rute pendakian, dan yg biasa di gunakan adalah rute cangkuang, cimelati dan gunung bunder, kira-kira begitu sob :D

    BalasHapus
  47. @iwankeselamatan itu nomor satu sob, harus malah :D

    BalasHapus
  48. @_ciidsabis seru sih, mau ?? ikut ??? :P

    BalasHapus
  49. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ah, enggak kok, suka aja sm yg namanya gunung :P

    BalasHapus
  50. @Ely Meyerbisa saja mba, karena setiap pendakian akan berbeda pengalamannya :D

    BalasHapus
  51. @cah_kesesi_ayuteangei boleh, asal jangan terlalu di ngeriin :D

    BalasHapus
  52. @Ririe Khayanhilangnya ti ga minggu mba, ya cerita panjang deh, kapan2 ya di ceritain :D

    BalasHapus
  53. btw mas,,di sana apa emng byk pohon salaknya kah,,saya sama sekali belum tau tentang gunung salak,,tapi denger2 katanya emng sering byk yg tersesat di sana,,

    BalasHapus
  54. @Stupid monkey bilang2 ya kalau mau cerita *ga mao baca :P

    BalasHapus
  55. @NFhahahay, pokoknya mah tenang aja gak bakalan dibilangin, tau-tau udah ke baca aja, wew :p

    BalasHapus
  56. @al kahfiwew, saya malah jarang melihat pohon salaknya mas, tapi nama salak itu kan di ambil dari kata "salaka" yg artinya perak :D
    memang banyak sih, tapi lebih karena jalurnya kurang di beri petunjuk karena lebatnya, bukan karena ke angkerannya sob :D

    BalasHapus
  57. Bagi para pendaki, gunung salak itu benar2 sebuah tantangan ya Mas..Aduh kalau saya mah beraninya lihat dari jauh saja..:)

    BalasHapus
  58. @Stupid monkey
    Ooo... gue kira itu gunung banyak buah salak sehingga di sebut gunung salak.

    BalasHapus
  59. terima kasih sobat atas informasinya,
    pengen bgt kesitu aku sobat, tp aku musyawarah dengan sahabat2 koe...

    BalasHapus
  60. nice info sob. ane uda ada niat naik gunung salak, hanya saja sampai sekarang belum kesampaian. semoga tahun depan bisa terwujud :)

    BalasHapus
  61. Sudah berapa kali mendaki Gunung Salak, btw, sob?

    BalasHapus
  62. Hadir kembali saya sob.. Selamat Pagi :)

    BalasHapus
  63. iya sob aku juga tahun 95 pernah mendaki gunung salak dari jalan masuk curug nangka sama anak-anak eskul pencinta alam SMAN 4 Bogor, tapi tidak nyampai puncak

    BalasHapus
  64. Waktu di Argopuro juga agak angker kok.. Hahahahaha

    BalasHapus
  65. . . tapi menurut pid yg palink berkesan itu gunung apa pid?!? . .

    BalasHapus
  66. wew tmpat sukhoi jatuh...
    yg serem dari gunung adalah ketinggiannya...
    :P

    BalasHapus
  67. @Evihihihiy, tiap orang punya maksud dan cara tersendiri dalam menikmati nya ya mba :D

    BalasHapus
  68. @asazsayang sekali ya sob, kapan2 di coba lagi yukk :D

    BalasHapus
  69. @Dihas Enricomasa sih, justru ketinggiannya yg bikin semangat sob, (menutu gue sih) :D

    BalasHapus
  70. Iyah.. Itu ada pas di taman hidup.

    BalasHapus
  71. Hebat juga ya. Kalau saya paling malas kalau di suruh daki seperti itu. Tapi mungkin kalau sobat di jajarin sama kakak perempuan Madjongke kayaknya pas. Masalahnya dia itu pendaki dan gunung2 di jawa sudah pernah dia jelajahi. Tapi dia normal lho. bukan agak nomal seperti ...(kamu sendiri yang bilang lho)

    BalasHapus
  72. ada salak segede gunung. >_<

    cerita horrornya aku tunggu lho bang mangki!!!!
    yang paling seru tuh, cerita horor. hehehe.

    oia, aku nemu typo di beberapa kalimat. Cari sendiri yah.
    :P

    #maaf, aku pake nama sama url ini. Takutnya komenku dikira spam.
    Coba tebak, siapa aku? hehehehe...

    BalasHapus
  73. @si pencari typosi pencari typo ??? siapa lagi ya kl bukan enha, wew :P

    BalasHapus
  74. @Madjongkehahahha, masa, kl gitu kenalin dong :D

    BalasHapus
  75. @byhmmm, enggak ah, apa gw yg lupa ya :P

    BalasHapus
  76. gunuk salak kan uda terkenal kalau ih.....takut

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fungsi Dari Gelas