Kamera CCTV pun di Pasang

Wew, ini hari jakarta panas banget sob, padahal menurut BMKG hari ini suhu di jakarta berkisar 23-34 derajat celsius dan akan turun hujan ringan dari siang hingga malam hari. Tapi mana ?? matahari malah ngejreng dengan segarnya begitu kok #eh, malah ngedumel ini hihihi ... Okey, segara ambil tindakan, masuk kedalam ruangan, tutup semua pintu dan jendela, terus nyalain AC, tunggu 10 menit, dan ... cesss ademmmm ... #ngedumelpun sirna sudah ... otak, mata, hati dan pikiran, kini adem ayem, hahaha ... (suwer, ini postingan gak jelas).

Nah, berhubung suhu tubuh sudah adem, kini saatnya posting yang bersifat, jelas, padat merayap, dan bla ...bla ...

Jadi begini sob, kemarin sore itu seorang kawan saya datang berkunjung. Dia bercerita tentang kebun, sawah dan ladang home industri miliknya sering terjadi kehilangan belakangan ini, padahal ia yakin sekali bahwa para karyawannya adalah orang-orang yang jujur dan bertanggung jawab. Dan barang yang hilang itu bukan hanya produk industrinya sob, melainkan beberapa barang milik karyawan itu sendiri, terhitung 4 buah HP milik karyawannya ikut melayang.

"wah, gawat bro, ini harus di selidiki, gak boleh didiamkan" saya bilang sama si kawan tersebut. Lalu bermodalkan segelas kopi, kami mulai mencari baskom solusi untuk permasalahan tersebut. Dan akhirnya dari 13 ide dan ritual yang ada, satu gagasanlah yang kami anggap paling manjur, yaitu dengan memasang kamera CCTV.

Siang harinya, kami langsung mengobrak-abrik tempat jualan kamera CCTV paling murah, dari mulai Glodok sampe Mangga dua, dari toko kelontong, sampai toko onderdil kami telusuri. Dan al-hasil, beberapa barang pendukung pemasangan kamera CCTV berhasil kami dapatkan, barang tersebut adalah :

Kamera mini
Adaptor kamera CCTV
DVR 8 channel
DVR (Digital Video Recorder) adalah sebuah media penyimpan hasil rekaman video yang telah terpantau oleh kamera CCTV. Besar kecilnya kapasitas penyimpanan hasil rekaman tergantung pada harddisk yang terpasang (pada umumnya 160 Gygabyte, namun adapula yang diupgrade hingga 1 Terabyte). Hasil rekaman video tersebut ada yang berformat QCIF, MPEG-4 dan avi. Dan biasanya input DVR terdiri dari 4, 8, 16 dan 32 channel kamera
Hardisk

RCA Jack


BNC Jack

Lalu tahapan selanjutnya, kami mulai meracik alat-alat tesebut agar dapat segara dipasang, walaupun sebelum meraciknya, saya sempat menambal isi perut dengan sepiring siomay, segelas teh manis, lumayan buat penghilang laper.

Untuk merakit peralatan diatas, mudah saja sob, caranya yaitu :
  1. Tentukan letak kamera yang akan dipasang, dan ukur kabel yang akan di gunakan.
  2. Potong dan kupas Kabel RJ6 seperti gambar diatas, lalu hubungkan RCA Jack dan BNC Jack di tiap ujung kabel tersebut.
  3. Ujung RCA di hubungkan ke kamera (berwarna Kuning) dan ujung BCN untuk di hubungkan ke DVR.
  4. Hubungkan adaptor ke listrik sedangkan ujungnya di hubungkan ke kamera (berwarna merah).
  5. Hubungkan monitor dengan DVR (lihat bagian belakang DVR, biasanya terdapat lubang untuk Tv out/VGA berbeda posisi untuk tiap merk).
Mudah kan? Yah, ini adalah salah satu cara untuk menggurangi tingkat kehilangan di tempat usaha kawan saya. Sebenarnya, apapun alatnya, semua tergantung kepada manusianya, kalau otak maling, apapun di jalanin, betul gak sob? tapi setidaknya mencegah dan berusaha tetap perlu, yoyoy ...

Tambahan :
Barhubung ada yang tanya soal biaya yang di habiskan untuk pemasangan kamera, maka sekalian aja ya saya lampirkan biayanya.
  1. Kamera mini CCTV (seperti gambar diatas) + Adaptor = @ Rp. 90.000
  2. DVR 8 channel paling murah sekitar Rp. 900.000
  3. Kabel RJ6 per meter Rp. 10.000
  4. BNC dan RCA Jack @ Rp. 5.000
Itu harga sekitar Glodok dan Mangga dua lho, untuk di daerah lain, saya gak tau ya ...



Komentar

  1. ooo gitu toh *manggut2* hmm untung dikantor ga dipasangin cctv, kalo ga ketahuan deh.. internetan mulu hehe

    BalasHapus
  2. Ada lagi yang lebih mudah utk merakit peralatan CCTV tersebut...ask friend, yaitu minta tolong sama MAs Stumon ya...

    BalasHapus
  3. CCTV sudah terpasang..tinggal tunggul hasil tangkapan-nya sobat :)

    BalasHapus
  4. rrriiiiibbbeetttt oommmm banyak banget yang harus di persiapkannn

    BalasHapus
  5. @NFwew, siapa bilang gak di pasang, liat deh di deket pintu, hihihihiy :p

    BalasHapus
  6. @Ririe Khayanhmmmm ... mau gak ya, mas stumonnya :P

    BalasHapus
  7. emang ga bisa minta dipasangin dari tokonya ya mas? sepertinya lebih gampang deh :D

    BalasHapus
  8. @BlogS of Hariyantobetul sob, tinggal tunggu saja hasilnya :D

    BalasHapus
  9. wahaha, asal gak mengarah ke kamar mandi aja kameranya sob :D

    BalasHapus
  10. @Tiesahmmm, ada juga sih toko yg menerima pemasangan langsung, tapi lebih seru masang sendiri, lagian gampang kok, gak ribet :D

    BalasHapus
  11. @Stupid monkey
    duh ga sabar deh nunggu hasil tangkapannya.... ntar segera diposting berikut cuplikan aksinya ya mas.... hehe

    BalasHapus
  12. ikutan nunggu hasil tangkepan ahhhh :D

    BalasHapus
  13. Itu habis berapa duit sob? Sepertinya kost ane perlu dipasangin juga, banyak celana dalam ilang. :D

    BalasHapus
  14. Toilet dipasangin cctv juga nggak Bang? Ntar kalo ada yang mencurigakan lagi atau yang ngambil ketangkep, cerita yah :D

    BalasHapus
  15. @Stupid monkey sotooyy, wew pertamax nih asiik dpt hadiah #fufu

    BalasHapus
  16. @Bang Dayathahahy, weiiit, jangan dong, bisa gaswat nanti :p

    BalasHapus
  17. @Hayaya sudah, duduk manis saja dulu ya :D

    BalasHapus
  18. @Harmony Magazinethanks sob atas pertanyaannya, udah ane lampirin tuh di post, thanks ya :D

    BalasHapus
  19. @Wurywew, ini lagi, malah nanya toilet di pasang apa enggak, emang mau ikutan liat :P
    tapi kl ada yg terrekam pasti nanti di post ya :p

    BalasHapus
  20. yaahaha pas awanya tentang panasnya Jakarta.. eh tiba tiba loncat ke pencurian..

    eh ane liatin harganya ternyata harganya gak sefantastis yang ane bayanginnya. kirain sampe jutaan gitu. baguslah..

    BalasHapus
  21. wadew ... susah ya Mon, kalau tempat usaha nggak aman bgt, nggak nyaman juga ya rasanya
    kayaknya di sana lagi demam CCTV ya

    BalasHapus
  22. @NFhuuuu, girang, ambil gih hadiahnya di warung mang koko :))

    BalasHapus
  23. @alaika abdullahsiap mba, kl udah ada hasilnya pasti bakalan di post hahay :D

    BalasHapus
  24. Ga takut sama 'cctv' dari yg di Atas yak tuh maling :(

    Semoga dgn dipasangnya cctv, lokasi home industri temennya jadi aman dari krutilan maling2 nakal.

    BalasHapus
  25. murah ya, tapi instalasinya juga bayar gak?
    #kayakmaupasangcctvajah..

    BalasHapus
  26. hmm,, kirain sampe mahal banget pasang cctv,, lah cuma sejutaan

    BalasHapus
  27. pesen atu mas . . Hahahaha

    BalasHapus
  28. Wah! Kandang kambing mau gue pasangin CCTV juga ah...! Jadi dia bisa nonton acara bola kesayangannya... Eh, kali aja gue bisa mantau kalo2 mereka berbuat yg enggak2! Bhahaha

    BalasHapus
  29. we...we.... aku pengen tu pasang di kuburan ....sob....pengen liat para mahluk halus kalo jadi selebritis kaya apr yeeee.....gayanya...gokilll...banget...kali....

    BalasHapus
  30. sudah lama saya tidak mapir...page rank nya turun ya :D

    BalasHapus
  31. Judulnya typo tuh, wkwkwk... =p

    BalasHapus
  32. emang deh cctv itu manteb banget, setidaknya bisa sedikit bikin jiper para maling2
    yang mo maling langsung batal niatnya begitu liat kamera.
    apalagi kita sering pamer2 kamera yang direkam sehari sebelumnya. jadi pada tau ooh ini direkam.
    jangan kayak tempat lain tuh yang kameranya cuma boongan doang hehehe

    BalasHapus
  33. @kahfi : yang mahal itu klo belinya yang apa gitu deh yang langsung berapa kamera. kami sebleum pasang yang murah, sempat tanya2 emang ajib2 harganya. bikin mengkeret aja soale bisa bikin kantong kempes hehehe

    asyiknya lagi bisa diakses pake hape dari mana pun berada.

    BalasHapus
  34. tar tau tau cctvnya yang ilang
    haha

    BalasHapus
  35. slain karna otak kriminal, pasti karna ada kesempatan, waspadalah-waspadalah!
    :P

    BalasHapus
  36. @cah_kesesi_ayuteamurah kl belinya sedikit n cuma satu mah :D

    BalasHapus
  37. @Ely Meyeriya mba, makanya untuk itu di pasang cctv, kl lg demam sih gak, ya siapa tahu bisa membantu :D

    BalasHapus
  38. @diniehztau tuh si maling, gak takut apa ya :D
    semoga saja ya mba, amin :D

    BalasHapus
  39. @hima-rainkl instalasi sendiri ya gratis dong :D
    hihihiy, iya baru sadar, ternyata typo ya :D

    BalasHapus
  40. @al kahfihihihiy, murah ya mas, tp kl kamera merk terkenal sih mahal jg mas :D

    BalasHapus
  41. @naturalzinepesen sono gih di glodok, hahaha :P

    BalasHapus
  42. @eksakwew, terus mau lo apain tuh kl mereka berbuat yg enggak2 sob :D

    BalasHapus
  43. @mahbub ikhsanhihihiy, ada2 aja sob, ya udah pasang deh, ntar laporin ya hasilnya :D

    BalasHapus
  44. @Tebak Ini Siapahihihiy, iya, gak nyadar taadi gue :D

    BalasHapus
  45. @nicampereniqueyoyoy, mba, semoga aja gak terjadi hal2 yg merugikan deh, dan semoga bisa terungkap semuanya :D

    BalasHapus
  46. @nicampereniquehahay, yg diatas itu memang sengaja saya lampirkan harga termurah mba, biar tau aja, kl yg mahal mah, tergantung merknya jg :D

    BalasHapus
  47. @Rawinshihihiy, parah kl gitu mah, tp hasil record annya ada, jadi siip lah :D

    BalasHapus
  48. @octarezkawiih ... kaya semboyan bang napi nih :D

    BalasHapus
  49. alat ini cuma untuk mengingatkan saja... atau buat nakut nakutin saja... kalau mau nyolong ya tetep aja hehehehe

    BalasHapus
  50. hadir lagi untuk baca-baca lagi

    happy blogging dah :)

    BalasHapus
  51. wah itu hardisnya ga di itung gan?
    btw emang ga pake komputer ya, cukup perlengkapan itu aja ya. ehm. batu tau.. boleh deh di coba, buat di kamar mandi. heheheheh. (ups salah)

    BalasHapus
  52. aku setuju sama yg ini:
    "Sebenarnya, apapun alatnya, semua tergantung kepada manusianya, kalau otak maling, apapun di jalanin" >>> jadi keinget maling bugil di semarang, wkkwkkwkk...
    :D

    oia bang Mangki, benerankah, post terakhirku mirip film John Carter(gondrong) yg tinggal di planet Mars? Padahal aku belom nonton tuh film lho...

    bagian mananya yg sama????

    sekalian mw minta ijin: nanti di post part ii-nya, aku minjem nyomot namanya yaa, hehehehe...
    :D

    BalasHapus
  53. hehe.. buat kamera ini sih kira2 saya bisa ngebuatnya tapi perlu waktu yang cukup lama deh.. :D sambil cari2 komponen yang pas.. :D

    BalasHapus
  54. hmmm..dari daftar harganya cukup murah! hhhmmm... kalo mo beli berarti gue potong biaya cigarette and coffee..hmmm, ato cari tambahan lain!
    hhmmm... cari kemana ya??? hmmm... nyuri singkong aza buat dijual..hhmmm!
    tapi apakah kebun singkongnya ada kamera CCTV juga? hhmmm...takut jg rasanya!!
    hhmmm.. gimana kalo begini MON, gue ngutang ama elo aza ya? boleh?

    BalasHapus
  55. Kalau rumahku pakai CCTV, takut ada penampakan yang tertangkap kamera hehe :D

    BalasHapus
  56. cara itu sih ribet !! ada cara yang paling jitu dan cara mudah bgaimana memasang cctv !! mo tau tanya ahlinya saja ! hahaha lebay banget ya gua !! :P

    BalasHapus
  57. Komen gue dari kemaren ilang2an mulu, sob! Elo kemanain?

    BalasHapus
  58. @applausryoyoy sob, ini hanya salah satu usaha dan cara saja :D

    BalasHapus
  59. @Febriansyah Haq (Just Copy and Leave It!!!)hahahay, ini kamera gak maen MP sob, tapi sekitar 628(H) x 582(V) :D

    BalasHapus
  60. @cerita anak kosthardisk mah udah banyak yg tau kali harganya sob :D
    hihihiy, ini kan udah pake DVR, jadi langsung colok aja ke monitor, lagiankan udah pake hardisk sob :D

    BalasHapus
  61. @enhawew, seruju ya ... horeee ....:D

    hmmm, imaginasinya sih yg mirip, ww :P
    hehehehe, silahkan di gunakan deh sebaik mungkin, jadi ijin di berikan cu ... :P

    BalasHapus
  62. @USOFTkl semua bahannya sudah ada, merakitnya lebih mudah dan cepat kok :D

    BalasHapus
  63. @Bung Penhowew, ujung2 nya ngutang, ogah ah, mendingan lo ke glodok sendiri sono, hahaha :))

    BalasHapus
  64. @Elfrida Chaniamasa, ah, paling penampakannya, ya kamu itu :))

    BalasHapus
  65. @deacie ...kayanya ada ahlinya nih :P

    BalasHapus
  66. @eksakwah, gendeng lo sob, noh liat diatas komen lo terpajang elok :))

    BalasHapus
  67. @Stupid monkey wew, kenapa malah ikut2an manggil cu sih?

    BalasHapus
  68. mau pasang juga ah di wc

    BalasHapus
  69. mau pasang di depan rumah...:D

    BalasHapus
  70. Di pasar loak ada gak ya ? Yang 5ribu an aja.
    Tertarik mau pasang.

    BalasHapus
  71. @enhaterbawa alur cerita mu sih cu, :p :))

    BalasHapus
  72. @RahMawah, boleh kl disitu mah, ayo pasang :D

    BalasHapus
  73. @Yuyudhihihiy, wah, gak tau dah kl di situ, coba aja cari barangkali aja ada :D

    BalasHapus
  74. untung di kantor blm ada cctv jd bisa curi-curi internetan....
    :P

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Logo HUT RI Ke 71 | Vector