Seputar Lamaran Kerja

Kemarin malam seorang teman berkeluh kesah tentang susahnya mencari pekerjaan di Jakarta, setiap hari dia mondar mandir keliling Jakarta menyatroni kantor demi kantor dengan harapan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan upah dari hasil kerjanya dapat menunjang kebutuhan hidupnya sehari-hari. Tentu saja hal ini membuat hati ini miris sobat, soalnya saya tahu pasti bagaimana kondisi keseharian hidup teman saya ini..

Dia terbilang rajin dalam ibadah, pemikiran-pemikirannya pun saya rasa cerdas, walaupun hanya berbekal ijazah SMA namun pola pikir dia untuk menyelesaikan masalah terhitung bagus. Jadi saya agak bingung kalau dia ditolak di banyak tempat/perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Setelah mengeluarkan segala unek-unek tentang mencari kerja selesai dia keluarkan, saya memberanikan diri untuk bertanya kepada teman saya ini, pertanyaanya seperti ini sob :

"elo pake pakaian apa waktu ngelamar kerja ?"

"ya pake baju rapihlah, atasan kemeja, celana panjang bahan sepatu pantopel hitam". jawabnya.

"Rambut loe disisir rapih gak waktu ngelamar ?"

"wuii, jangan salah, gue pake minyak rambut paling wangi, terus gue sisir sampe klimis". 

Dalam hati saya berkata, "gak ada yang salah deh".

Mencoba bertanya lagi, "elo dapet informasi lowongan kerja dari mana ? "

"dari koran, kan gue beli koran tiap hari buat cari lowongan kerja sob"

Saya mengangguk, artinya gak ada yang salah.

"coba liat surat lamaran kerja loe kaya gimana, pensaran gue" ucap saya seraya menjulurkan tangan.

"nih ... " kata teman saya sembari memberikan berkas lamaran kerjanya.

Segera saja berkas lamaran kerja itu saya buka, mencoba untuk meneliti satu persatu lampiran dalam berkas-berkas itu. Ijazah sudah oke, keterangan domisili juga ada, surat dokter ada, KTP, Daftar Riwayat Hidup juga sudah lengkap. Hingga akhirnya saya tersentak karena melihat lampiran surat lamaran kerja yang berisi begini sob :

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan yang saya baca pada surat kabar ternama di Ibukota. saya tertarik untuk mengajukan permohonan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun data-data tentang diri saya, sudah terlampir pada berkas selanjutnya. Besar lho harapan saya agar bisa di terima di tempat kerja ini. Bayangkan Pak, saya sudah mondar mandir cari kerja tapi belom ada yang menerima. Please... Pak, Bu, Om, Tante... terima saya. Ini aja gak tau bisa pulang kerumah apa enggak, ongkos udah cekak, tinggal sisa seribu rupiah, masa Bapak, Ibu Om, Tante tega sih ngebiarin saya jadi pengangguran. Sekali lagi please ... terima saya.

Atas kerjasama dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga perbuatan Bapak/Ibu diterima (disisi-Nya). 

Hanya satu kata yang saya ucapkan setelah membaca surat lamaran ini, yaitu "somprettt ....".

Peringatan ...!!
Tolong untuk sobat semua yang akan melamar kerja, jangan buat surat lamaran seperti diatas ya. Bisa Amsyong nanti.


Komentar

  1. Amsyooong...
    Itu beneran temenmu nulis begitu? @_@
    Ckck...

    BalasHapus
  2. Sori numpang ketawa dulu sob..
    Wkwkwkwkwkwkwk....

    Tuh temennya diajarin copas dulu napa sob? Tinggal copas dri hardis loe hahahaha...

    BalasHapus
  3. serius isinya begitu? waduh

    BalasHapus
  4. Pantesan aja nggak diterima. Surat lamarannya seperti itu. Kalau seperti itu mah seperti orang minta di kasihani. Di ajarin cara bikin surat lamaran yang bener dong kang stumon temennya itu.
    Btw yang baca surat lamaran itu pasti senyum2 sendiri.

    BalasHapus
  5. @Anak Rantausilahkan ketawa dulu sob :D
    abis dia gak pernah nanya cara bikin lamaran sih :P

    BalasHapus
  6. @HP Yitnowew, masih mending kl yg bacanya senyum sob, kl langsung disirem kan berabe :D

    BalasHapus
  7. sialll tertipuu pagipagi
    hahahaha

    BalasHapus
  8. wkwkkwhuahauahuahau.... ketawa dulu ah, sial ketepu lagi euy !!

    kangen kangen kangen kangen ... dah 7 postingan terlewat tapi pasti ke-7 nya aku satroni.

    BalasHapus
  9. seius nih? kok aneh gitu isinya?*geleng2 kepala

    BalasHapus
  10. BAWA KE PSIKOLOG SEKARANG JUGAAA!!!!

    Eh aku belum ketawa ya, hahahahaha...

    BalasHapus
  11. Asli percaya kalau ini kayaknya yang ngajarin bikin surat lamaran mas Stumon ya? ckckckckkk...ampun deh.

    BalasHapus
  12. @Tebak Ini Siapa Baca dari awal serius banget, percaya dah kalau tuh temannya dah qualified. Lha tiba di bagian surat lamaran...hayyyaahh lha kok hahahahaa...letter comedy ala Stumon..

    BalasHapus
  13. yg jelas gue salut banget ama kreativitas penulis blog ini dlm menciptakan surat lamaran dg bentuk kalimat yg berbeda dr biasanya! (sprti surat cinta aza). kalo gue dirut perusahaan tmpt melamar, gue langsung terima jd karyawan dg gaji 1 M/bln.
    akhir dr komentar gue tentang tulisan ini, gue mohon dg Hormat Mon, permisi gue pengen... ngakak dulu ya Huauahahahhahahahaaaa...ahahhaha.. Maknyuss Sob!

    BalasHapus
  14. owh jadi begitu bikin surat lamaran. manggut ~ (apaansih).

    BalasHapus
  15. hahahah.. terus ada yang kasian ga kasih uang receh untuk ongkos pulang?? *ceritanyaserius*

    BalasHapus
  16. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . tu surat lamaran ato surat curhatan pid?!? he..86x. dibawahnya kayak doa orang yg udah meninggal aja. he..86x. tu asli kh pid?!? . .

    BalasHapus
  17. ini beneran apa khayalan nih.... dari serius sampe ketawa nih... kalau serius masalahnya bukan cuma surat tapi sekolah juga..

    BalasHapus
  18. Kalo surat lamarannya kayak gitu mah, S3 juga ga bakalan diterima. Wkwkwkwkwk...
    Ada ada aje lu mon...mon... :D

    BalasHapus
  19. Nah loh. Ini orang udah desperate banget sampe surat lamarannya paraaaah rah rah. XD

    Lah, kalo oom sendiri piye surate? :P

    BalasHapus
  20. @Marchia Diandrahihihi, sekalinya kesini ketipu lagi, kasian deh elo, wew :p
    iya nih, kangen, ke tempatmu juga blm ada yg baru, masih sibuk tah ? :D
    awas kl nyatroni jgn malem2 ya ;))

    BalasHapus
  21. @Wurysiapa? Kamu mau ke psikolog ? :p

    BalasHapus
  22. @Ririe Khayansaya malah gak pernah ngajarin bikin surat mba, hihi, ngelamar kerja aja ogah :p

    BalasHapus
  23. @Bung Penhopertama2, silahkan ngakak dulu :))
    selanjutnya, kalo di terima emang mau dikasih kerjaan apa, secara gajinya segitu, tukang pel ... wew :))

    BalasHapus
  24. @naspardwew, silahkan di coba dan rasakan khasiatnya :))

    BalasHapus
  25. @Stupid monkey ya temannya bang stumon ituuuu, hih tabok beneran deh!!

    Serius tuh bikin suratnya kayak gitu? Apa namanya kalo nggak beeeep???

    BalasHapus
  26. @NFbukan cuma dikasih ongkos, tapi dikasih makian juga, hihihi :p #sokseriusah

    BalasHapus
  27. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥pastinya, itu surat gila, yg bikin surat ky gitu cuma orang stress :))

    BalasHapus
  28. @applausrhihihi, kl ini serius, temen saya udah di gampar orang sob, wew :))

    BalasHapus
  29. @Ayu Weliranghmmm, saya gak pernah bikin surat tuh, ngelamar aja ogah, wew :p

    BalasHapus
  30. . . waduch,, brarti km juga kayak gitu ya pid?!? kn km juga strezZz. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. .

    BalasHapus
  31. wakakakak .. beler banget noh Bang..
    tuh kalo mau kerja jadi copet di tanah abang baru diterima ..

    BalasHapus
  32. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥wew, jangan bilang2 ya, gak enak sama dokternya :D

    BalasHapus
  33. @EYSurbaktiemang semprul tuh bocah, jangan ditiru ya :D

    BalasHapus
  34. @Wuryoh, temen ku, jangan di tabok dong, di banting aja, hahaha :))
    emang kaya serius ya :p
    kok di sensor sih :(

    BalasHapus
  35. @Tebak Ini Siapaiya, knp, gak suka di typo ya, wew :p

    BalasHapus
  36. @Ririe Khayanpiss dulu ah, jangan terlalu serius, santai dikit lah, wew :P

    BalasHapus
  37. . . he..86x. emank sengaja tak kerasin pid. biar km balik lagi. he..86x . .

    BalasHapus
  38. Buyset, dah! Feodal banget gaya bahasanya! Bhahahaha, gue jadi pengen ke jakarta, sob! Siapa tau gue ditolak juga! Bhahaha...

    Entar deh liburan gue maen ke sono! ;-)

    BalasHapus
  39. @eksakokeh sob, gw tunggu kehadiran lo, eh mau disambut pake apaan ntar ?? :p

    BalasHapus
  40. Pertama, Amsyong itu artinya apa yah?
    Kedua, jadi kamu lamaran kemana aja om ? :p
    Ketiga, GILA! hehehe...

    BalasHapus
  41. bewhh... serius baca cuma tipuan ala stumon ajah..
    huhuhuhuhuuuuuuuuu

    kakak... aku lagi seneng banget, nih..
    setelah sekian lama aku di tolak, akhirnya hari ini artikelku tembus jugaa ke Suara MErdekaaaaaaaaaaa


    huauaua,. jadi hari ini galaunya ilang :D

    ini link SMnya : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/04/182332/Perempuan-dalam-Demonstrasi

    BalasHapus
  42. Ini beneran apa fiksi sih mas soalnya takut salah komen. Kalo fiksi: pingin ketawa. Kalo beneran: duh kasihan. Segera diperbaiki temannya mas ...

    BalasHapus
  43. . . terlalu baek kn pid?!? tink,, tink,, tink,, he..86x . .

    BalasHapus
  44. hehehehe, kalo pakai lampiran surat kayak gitu mah, ajaib banget jika bisa ketrima kerja.

    pake embel2 kalimat ini segala:
    "Semoga perbuatan Bapak/Ibu diterima (disisi-Nya)"
    seolah-olah mendoakan cepet co.id ya wkkwkkwkk..

    btw, nie cerita asli atau bohongan sih...

    BalasHapus
  45. jd boongan yak, hhhaha
    kalo misal beneran, waaah kayakny mesti privat sm bang stumon dlu nih

    BalasHapus
  46. wkkwwk, ini bener gag nih, kok segitunya sampe curhat..

    BalasHapus
  47. @Stupid monkey bener, nih! Sambut pake barbekyu eaa... Sekalian mau lapor ma pak lurah blogger, ane kliling komplex dulu! :-P

    BalasHapus
  48. @s y a mpertama : amsyong itu artinya SIAL,
    kedua : saya gak pernah ngelamar kerja.
    Ketiga : bukankah gila itu menyenangkan :p

    BalasHapus
  49. @cah_kesesi_ayuteahihihy, kasian deh lo kena tepu, btw selamat ya, sudah bisa diterima tulisannya :D

    BalasHapus
  50. @eksakokeh sob, mangga kl mau ngeronda mah, ane mau molor dulu :P

    BalasHapus
  51. @enhamakanya jangan ditiru ya, gak tanggung jawab lho kl ditiru :D
    emang ceritanya kaya beneran ya :))

    BalasHapus
  52. @octarezkakalau beneranpun, saya gak terima murid wew :))

    BalasHapus
  53. @Mugniarhihihi, ini karangan mba, kalo beneran juga temennya saya cekek :))

    BalasHapus
  54. @Ririe Khayan
    hahahahhaa.... aku juga tadi udah serius banget bacanya Rie... eh ujung2nya... pasti ini surat lamaran kerjanya mas Stumon.... ga mungkin temannya bikin surat laker begitu, hehehe.......

    BalasHapus
  55. mas Stu... mending temannya disuruh jadi komedian deh daripada disuruh lamar kerja... habis....ini ngelamar kerja apa curhat ya? hehehe

    BalasHapus
  56. haha, surat lamaran nya frontal abis. haha

    BalasHapus
  57. @alaika abdullahtemen saya emang sakit semua mba, gak ada yg lurus otaknya, :D

    BalasHapus
  58. @Nila Lazuarditau nih, suratnya surat sakit namanya hahaha :D

    BalasHapus
  59. seriusan nulis kek gitu ????

    BalasHapus
  60. hahaha, basahanya itu loh, gaul banger bo.

    BalasHapus
  61. wah mantap bener dia bisa nulis kaya gitu, bernyali dia... hahah.

    BalasHapus
  62. dia punya bakat khusus. sulit loh mencari pelamar kerja yang bisa nulis lamaran kerja seperti itu...

    kampreeetttttt...

    BalasHapus
  63. @Stupid monkey jadi keinget waktu jadi kuli di jakarta :D pengalaman tak terlupakan

    BalasHapus
  64. wew ah,
    gile aja tuh kalo emang beneran temennya nulis surat lamaran kaya gitu,,

    ckckckck

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fiersa Besari