Selamat Jalan Sobat [ Widjajono Partowidagdo ]

Sumber gambar
Beberapa jam yang lalu saya mendapatkan kabar dari salah seorang sobat blogger kalau di Tv disiarkan berita duka cita meninggalnya seorang Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Partowidagdo saat mendaki Gunung Tambora. 

Berita ini tentunya menjadi berita kehilangan bagi segenap bangsa, pemerintahan dan dunia pendakian, beliau adalah sosok  orang yang tidak mempunyai konflik kepentingan politik dan bisnis. Dia orang yang lepas dari itu semua. 

Dalam jabatannya sebagai wakil menteri pun beliau kerap kali mengeluarkan gagasannya dan antusias dalam memberikan kontribusi untuk bangsa ini dengan pengetahuan ilmiyahnya. Begitupun dalam dunia pendakian beliau adalah sosok pendaki senior yang tetap arif, sopan serta santun.

Berikut Kronologis detik-detik meninggalnya Wamen ESDM saat mendaki gunung Tambora, yang saya sadur langsung dari tribunnews.com.
___________________________________________________________________________
Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi, dalam pesan singkatnya, menceritakan kronologis detik-detik meninggalnya Widjajono.

Wamen ESDM diketahui berangkat dari Jakarta-Denpasar-Bima pada hari Jumat (20/4/2012) dan langsung menuju Gunung Tambora wilayah Kabupaten Dompu.

Saat itu, sejumlah pejabat Pemda/FKPD maupun pihak Kabupaten Dompu tidak mendapat kabar Wamen ESDM akan mendaki gunung.

Rombongan Wamen ESDM dan kru TVOne kemudian berangkat melalu Jalur Doropeti, Pos 1, 2, saat di Pos 3 mereka bermalam dan mendirikan tenda.

Keesokan harinya, atau Sabtu (21/4/2012) subuh rombongan berangkat dari Pos 3 ke puncak dengan jarak tempuh sekitar 1.000 meter dengan medan pasir, batu kerikil, dan minim pohon.

Sampai di tengah perjalanan, kondisi Wamen ESDM lemah dan tidak dapat melanjutkan perjalanan, kemudian dibawa turun ke pos 3 guna mendapatkan perawatan medis bantuan pernafasan.

Saat hendak melakukan perjalanan dari pos 3 ke 2 dan antara pos 2 dan 1, Wamen ESDM menghembuskan nafas terakhirnya di perjalanan.

"Waktu tempuh dari pos 3 ke 1 selama 6 jam dengan R4 4W. Jarak dari Pos 1 ke Kota Dompu sekitar 5 jam lalu ke Bima selama 1 jam," kata Zainul Majdi.

Zainul Majdi mengatakan, sore ini jam 17.00 Wita jenazah Wamen ESDM dievakuasi dengan Helikopter Travira menuju Bali, Denpasar.
___________________________________________________________________________

Selamat Jalan Bapak Wakil Menteri ESDM, Selamat Jalan Sobat, Selamat Jalan Pendakiku.



Komentar

  1. ini bukannya yang kemarin sering membicarakan tentang BBM ya? yang musuhnya kwek kyan ge..? benr ga si? si profesor itu ya? mirip

    BalasHapus
  2. sy turut sedih juga sob.., emank orgx terlihat sabar, pernah sy lihat diskusix Beliau dgn bbrp politisi terkait kenaika BBM.., walaupun beliau agak ditekan dlm diskusi tersebut tp beliau tetap santun dan penuh senyum..., smg Allah menempatkan beliau disisi-Nya dan membelas kebaikan beliau dgn balasan yg trbaik.., Aamiin...

    BalasHapus
  3. selamat jalan wamen ESDM kita tercinta... :)

    semoga amal ibadahnya diterima disisi NYA..

    betewe,, stumon ta'ziyah kesana gak?

    BalasHapus
  4. smg Amal beliau diterima dan dilapangkan Kuburnya...dan keluarga yg ditinggalkan diberi kesabaran Aamiin3x ya Allah...

    beliau emank terlihat nyentrik dgn rambut yg gondrong dan ternyata beliau semasa muda terlihat ganteng sob., coba lihat foto2x saat pendakian di situs vivanews..,

    BalasHapus
  5. Walopun dah tua, semangat panjat gunungnya hebat juga ya sob?
    Semoga Diterima semua amal dan ibadahnya, amin.

    BalasHapus
  6. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi-NYA, amiin

    BalasHapus
  7. Inalilahi wa inalilahi rojiun.

    Tadi juga di kantor pada ribut soal ini.. Bahkan ada yg nyeletuk "wah si bapak namapaknya ke gunung tambora karna udh jengah sama dunia perpolitikan indonesia, makanya "bertapa" ke gunung."

    BalasHapus
  8. @Rohis Facebookiya sob, saya juga menyukai beliau dalam kenyentrikannya tersebut.

    BalasHapus
  9. Innalillahi wa inna ilaihi roji'uun.

    Semoga keluarga yg ditinggalkan tabah dan ridho dgn keputisanNya.

    BalasHapus
  10. @Anak RantauJiwa pendakian memang sudah menyatu dalam dirinya sob, jadi beruntung lah beliau bisa menutup mata dalam pendakiannya.

    BalasHapus
  11. innalillahi wainnailaihi rojiun... baru kemarin saya lihat beliau di bincang2 metro tv yg di bawakan zelda savitri, tp sekarang udah meninggalkan kita. moga saja bsa memberi pwlajaran buat kita semua. dan semoga amal ibadah beliau di terima si sisiNya...

    BalasHapus
  12. @febioiya, tapi di acaramu gak masuk ya berita beliau ??

    BalasHapus
  13. @Yayack FaqihAmin, semua itu memang rahasia Sang Pencipta.

    BalasHapus
  14. Inalillahi Wainailaihi Rojiun. Mungkin kena serangan jantung kali ya Sob? Semoga Allah menerima semua pahala dan kebaikannya selama di dunia. Amin

    BalasHapus
  15. @Jurnal TransformasiAmin, menurut berita terbaru sih begitu mba.

    BalasHapus
  16. Aku tahu, tapi ga tau penyebab kematiannya. Turut berduka cita atas kepergiannya.

    BalasHapus
  17. jarang2 pejabat masih mau mendaki gunung.
    walau sy ngga begitu mengikuti sepak terjangnya #skeptis politik#
    btw moga dimudahkan jalannya. amin

    BalasHapus
  18. Salut dengan semangatnya mendaki, di usianya dan posisinya sebagai Wamen (yg tentunya sgt sibuk) namun masih bisa menjadwalkan utk mendaki gunung.

    innalillahi wainnailaihi rojiun...semoga diterima segala amal baiknya dan ampuni sgala khilafnya.

    BalasHapus
  19. Innalilahi wa innailaihi raji'un....

    BalasHapus
  20. @Faizal Indra kusumasementara kabar yg di dapat baru ini kok, kita tunggu aja nanti selanjutnya ya

    BalasHapus
  21. Innalillahi wa innalillahi rojiun...
    Iya,,, beritanya lagi dimana- mana sekarang...

    BalasHapus
  22. Iyah di program wideshot belum ada.. Tp biasanya ntr hari senin diulas lagi.. Berita kayak gitu santapan lezatnya si reguler bah.. Prinsip program reguler pan "bad news, it's a good news" hehehehehhehe .

    BalasHapus
  23. Innalillahi wa innailaihi rojiun . Semoga diterima di sisi Nya

    BalasHapus
  24. . . aq turut berduka cita. smoga amal ibadahnya ditrima oleh Allah. amieeennn ya robb . .

    BalasHapus
  25. @Authoritu yg saya sukai dari beliau, Amin

    BalasHapus
  26. @febiwew, begitu ya, hmmm, ternyata ya, miris euy dengernya, kasihan lho kl orang yg baik di gitukan ya.

    BalasHapus
  27. waaaaawww udah banyak banget comentnya... banyak yang sayang sama beliau apa blog ini emang juara?hehehe

    turut berduka cita sedalam2nya semoga amal ibadah beliau dterima dan dapat tempat paling indah disisiNYA.

    BalasHapus
  28. Ya gimana lagi bah... Mereka dapet duit ya dari berita2 juga sih... Heheheheh

    Nanti lah yah aku ceritakan selama aku di metro.. ‎​​◦°◦нê◦нë◦нê◦нë◦нê◦°◦ :p

    BalasHapus
  29. @diana bochielAminnn.
    soal blognya sih biasa aja deh, tapi kalo soal banyak yg sayang sama beliau itu pasti dong *sedikit geEr sih :P

    BalasHapus
  30. @Febiokey deh kl gitu, nanti ceritain selengkap2 nya ya.

    BalasHapus
  31. Turut Berduka Cita sob! gue sbenarnya baru kenal pak Wamen ini ketika nonton acara JLC beberapa waktu lalu. gue salut saat beliau menjelaskan tentang kisruh BBM kemaren,sangat ahli dibidangnya. td pas nonton metrotv, gue terkejut bukan kepalang ternyata beliau wafat!. pdhal beberapa waktu lalu gue ngomng dg kawan2 dikampung, kalo masalah ESDM itu kita serahkan ama pak Widjajono. klu beliau juga gak mampu apalagi kita. gitu kelakar gue!
    ternyata beliau hobbynya kayak loe juga. benar2 terkejut deh rasanya!

    BalasHapus
  32. Saya waktu liat breaking news dari TV juga kaget. Kirain menteri ESDM jaman tahun kapan, soalnya lagi musim itu mantan pejabat pada meninggal. Eh, ternyata wamen ESDM yang nyentrik itu. Padahal, saya suka orang ini, beliau punya gaya sendiri. :)

    BalasHapus
  33. @Bung Penhoiya sob, lagi-lagi negri ini kehilangan seorang sosok seperti beliau ya. Semuanya memang sudah diatur Tuhan ya sob.

    BalasHapus
  34. @Harmony Magazinemakanya dia akrab dengan istilah "nyentrik" itu sendiri sob.

    BalasHapus
  35. Wuih! Wamen ini dari seorang pendaki rupanya? Pantes elo ngerti banyak, sob! Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un... ;-(

    BalasHapus
  36. innalillahi wainna ilaihi rojiun
    sobat blog saya ganti domain

    BalasHapus
  37. sayang saya tak pernah mengenal/mendengar tentangnya. tau2nya pas udah meninggal saja.
    tulis dong komentar dia ttg BBM tempo hari Mo, biar lebih mengenal dia dari pendapat2nya.

    Semoga almarhum diampun dosa dan diterima amal kebaikannya amin

    BalasHapus
  38. @eksakwew, ngerti banyak sih enggak sob, tapi gw seneng sama dia sob, sama nyentriknya itu lho :D

    BalasHapus
  39. @asazoiya, barusan dari situ, nama domainnya bagus sob, lebih mudah diinget :)

    BalasHapus
  40. @nicampereniqueAmin, pengennya sih di tulis semua mba, tapi ya nanti deh kali ya, gak janji lho :)

    BalasHapus
  41. turut berduka cita, semoga nantinya akan ada penerus lain yang pemikirannya seperti beliau yang dapat membawa perubahn baik di negeri ini

    BalasHapus
  42. Innalillahi.. tahu beliau pas ribut2 masalah BBM aja dan ga tahu namanya, semoga yang kemarin sempet menghujat beliau dalam diskusi panjang per-BBM-an memaafkan beliau dan mendoakan kebaikan untuknya di sana

    BalasHapus
  43. wah, iya turut berduka cita
    kok bisa begono si bang Dia, emang gunung Tambora ganas ya ? kayaknya enggak pernah denger gue itu susah didaki .. lo pasti udah pernah naek deh .. ?

    BalasHapus
  44. Innalillahi...
    turut berduka cita juga, saya dengernya pas magrib kemarin. pasti bagi kamu dia hebat yah om, sebelumnya saya gak begitu kenal cuman tau krn emang beliau mencolok dr segi potongan rambut. hehe...

    mungkin adalah indah kalau bisa menghembuskan nafas terakhr ditengah keluarga tercinta atau ditempat yang benar-benar kita cinta. jadi ingat sama penulis paporit saya yg juga maniak mendaki, Gie :)

    Its kind a touchy artichel...

    BalasHapus
  45. @NFAmin, dan semoga kita yg masih hidup bisa lebih baik :)

    BalasHapus
  46. @EYSurbaktinamanya juga ajal sob, disa dimana aja, tapi suatu penghargaan bila pendaki meninggal di gunung :D
    gw sendiri baru rencana mau kesono sob :D

    BalasHapus
  47. @Stupid monkey Aamiin *tumben nih 22 nya bener :D

    BalasHapus
  48. innalillahi....
    sm0ga amal ibadah beliau d trima di sisi Allah SWT...
    dan kepada mz moo yg d tinggalkan..smoga diberi ketabahan ;)

    BalasHapus
  49. innalillahi wainna ilaihi rojiun
    turut berduka cita saya gan

    BalasHapus
  50. Ikut berduka cita atas wafatnya teman lamamu mas. Hihi xD
    Dia udah daki Tambora. Elo? XP

    BalasHapus
  51. saya juga sempet kaget tuh mas pas liat berita, secepat itu beliau berpulang, semoga amal ibadahnya diterima dengan baik dan khilafnya diampuni, amin

    BalasHapus
  52. kog sepertinya tercium bau2 cons pea Ra see yaa???

    BalasHapus
  53. gak usah semua, minimal biar kenal lebih dalam aja.

    *keukeuh*

    BalasHapus
  54. @enhahmmm, sama, saya lagi pilek nih soalnya :D

    BalasHapus
  55. @niquehihihiy, hmmm, googling aja deh :p

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fiersa Besari