Puncak Sejati Raung

Jika kita sering mendengar istilah "Puncaknya para Dewa" bagi gunung Semeru/Mahameru (3676 mdpl) sebagai gunung tertinggi di pulau jawa, maka gunung Raung (3332 mdpl) mempunyai julukan yang tidak kalah unik. Yaitu "Puncak Sejati", hal ini di sebabkan selain medan yang sangat curam untuk menggapai puncaknya di perlukan juga keahlian memanjat yang baik untuk dapat memijakan kaki di puncak sejati Raung. Selain itu puncak sejati Raung juga masih tergolong "perawan" lho, soalnya belum sampai 1000 pendaki yang dapat memijakan kaki di puncak sejati ini. Hingga saat ini saja baru beberapa tim yang sudah beruntung menggapainya, salah satunya adalah tim dari Mapala UI pada tahun 2003.

Gunung yang terletak di sekitar Banyuwangi jawa timur memiliki kaldera dengan kedalaman 500 meter yang sangat indah sob, wah pokoknya saat pertama kali sampai di puncaknya, mata saya hanya tertuju pada megah dan luasnya kaldera tersebut, benar-benar indah deh.


Sumber gambar

Selain itu, gunung Raung juga terkenal dengan keseramannya sob, bayangkan ada dua nama pos/selter yang menyebutkan namanya saja sudah bikin bulu kuduk merinding, apalagi bila berada disana. Awalnya, saya dan kawan lainnya juga sempat ragu dengan nama pos yang ganjil ini, namun karena penasaran, akhirnya kami menginap juga disana. Nama pos/selter yang paling serem adalah "Pondok Mayit" dan "Pondok Demit". Terbayangkah ???

Kami sempat bermalam di salah satu pos tersebut dan memang terdapat beberapa kejadian aneh deh sob, hihihiy. Dari mulai sakit bergantian, teh manis yang hilang dari botol minuman yang tidak bocor sama sekali, anehnya lagi kami yang mendaki berlima saat itu mengalami mimpi yang sama pada saat bermalam di pondok mayit, yaitu bertemu dengan cewek belanda, ihhhh ... 

Namun bukan itu saja sob, saat kami sampai di Surabaya untuk kembali ke Jakarta, Kamera yang kami gunakan untuk mengambil gambar saat pendakian pun ikut raib isinya, kosong melompong, hanya satu gambar yang tersisa, padahal kamera itu sebelumnya tidak menunjukan penderitaanya, inilah yang paling menyesakan dada dari perjalanan ini, hihihi ..., tiada foto, tiada gambar yang tersisa, kecuali kenangan yang masih tersimpan di otak kami masing-masing (semoga saja otak ini tidak ikut rusak ya, Amin "sambil ngelap muka tiga kali").

Tapi tak apalah, mungkin dengan cara itu saya bisa kembali lagi mengunjungi gunung Raung. Raung tunggulah kedatanganku kembali, wew ... *sambil teriak pake gayung ...


Komentar

  1. yaaahh masyaAllah, itu takdir supaya stumon mau mengunjungi puncak itu lagi XD

    oh yaaa, ambil sesuatu di blogku ya!
    http://www.nurmayantizain.com/2012/04/award-berantai-loudest-chimer.html
    thank you

    BalasHapus
  2. di tempat yang jarang disinggahi orang apalagi di hutan apa saja bisa terjadi, dan memang ada mahluk selain manusia, bisa jin atw dedemit lainnya, ane juga pernah ngalamin hal yang sama ketika naik gunung sob...

    BalasHapus
  3. kalau aja itu cewek, terus nanti 1000 baru dikategorikan perawan itu jadinya gimana yaaa, gak ada lagi kali cowok yang mau beristeri. ;p
    hahhaa, ini komen sama postingan jadi gak nyambung.

    BalasHapus
  4. yah sayang ya,ko bisa ngilang fotonya..
    hihii..makanya jangan nginep di pondok demit dan pondok mayit..
    mendingan di pondokku sewa semalam 100rbu..

    Ikutan yuk GA

    BalasHapus
  5. wah ada ya kamera isinya bisa ilang gitu? benar bbenar misteri... tapi kenangan ga ilang kan gan?

    BalasHapus
  6. subhanallah,, cantiknyaaa ..

    tp kok bisa gt ya ,mimpi nya sama, fto2 ilang sendiri ..
    seruu dah pengalamannya .. :)

    BalasHapus
  7. indah sekali pemandangannya...kapan saya bisa kesana ya

    BalasHapus
  8. kalo mendaki gunung kan memang seperti itu mas... kalo saya sih, kalo mau ndaki pasti ijin dulu sama juru kuncinya dan sebelum ndaki wudlu dulu sobb.... pengalaman menarik tuh sobb... hehhehehe.... boleh kkapan2 ane ikut ndaki sama ente sob??

    BalasHapus
  9. lahhh ngeri banget itu namanya
    tapi bagus mas pemandangannya, ayoo kesana lagii ambil foto yang banyakkk terus pamerin di sini :D

    BalasHapus
  10. merinding euuy bacanya..

    BalasHapus
  11. syukurlah semuanya masih terpatri dalam otak loe mon hihiiii....!

    BalasHapus
  12. indah ya.. :D

    ==

    Bang Stumon hari ini jaga di Warung Blogger's Blog ya.. ^^

    Salam

    BalasHapus
  13. @Nurmayanti ZainSemoga saya bisa kesana lagi ya :D
    Terimakasih atas awardnya dan sudah saya pajang di museum award saya lho :)

    BalasHapus
  14. Wah masa ia, nama pondoknya bisa sampe dinamain pondok mayat, pondok demit wkwkwkw ajaja ada ah..

    Ceritanya mau eksis "*sambil teriak pake gayung ..."

    BalasHapus
  15. uwwiiih kaya cerita di dongeng eyyy

    BalasHapus
  16. mas stumon, kalo kesono lagi.. ikut yak.. :D :yeye

    BalasHapus
  17. @Muro'i El-Barezybetul sob, dan disitu lah kita jadi saling mengenal dan bersilaturahmi yah :D

    BalasHapus
  18. @Athifah Dahsyamarwew, kalau di ibaratkan cewe ya, hihihi, ntar saya survey dulu ya, haha :D

    BalasHapus
  19. @nchiewew, ogah ah, mahal, 1000 semalem boleh? :D

    BalasHapus
  20. @cerita anak kostiya sob, kita sempet syok itu, tapi ya mau gmn lagi, itu jg salah satu kenangannya sob :D

    BalasHapus
  21. @u n n isetiap perjalanan memang mempunyai ceritanya sendiri2 ya :D

    BalasHapus
  22. @Tiesahihihiy, pengen banget emang, nanti kita lihat ya :D

    BalasHapus
  23. @NFtuh kan ikut merinding, cepetan minum air yg banyak, :D

    BalasHapus
  24. @Bung Penhodan syukurnya gw masih punya otak sob, haha :))

    BalasHapus
  25. @WaroengBloggermemang indah :D
    lho, email yg saya kirim gak di terima toh ??? :(

    BalasHapus
  26. @Faizal Indra kusumasemua itu pasti ada sejarahnya sob, hormatilah, wew :D

    BalasHapus
  27. @Ndearapa memang dongeng yg di ceritain ya :D

    BalasHapus
  28. @srulzsiap, nanti kita kesono bareng ya :D

    BalasHapus
  29. @Stupid monkey hooh emang kalau di gunung itu aromanya masih mistis ya, dulu waktu jalan bareng kakak2ku mereka wanti2 untuk hati2 ga blh ngomong smbarangan dsb.nya, -_-" enakan ke mall :P

    BalasHapus
  30. oom mangki, aku keknya nemu typo di paragraf 4,, itu kata beneran: bolot, atau: botol??
    (=v=)
    #bangga gak jelas...

    waow, enak donk, ngimpi ketemu cewek Belanda,, ceweknya cantik enggak? dah kenalan belum? namanya siapa? hohoho...

    ceritanya kan oom mangki dkk. ngimpiin cewek Belanda di podok mayit, terus, di pondok demit, ngalamin hal aneh apaan??

    oia, kalo mau naik ke Raung lagi, ngajak ustadz sekalian oom, biar bisa menangkal hal2 yg tak terduga... yaaaa, siapa tahu, dg bawa2 ustadz, file2 photonya gak ilang lagi,,,hihihiihi...
    :r

    BalasHapus
  31. Ya ampun, menakutkan, atut mamaaaa
    Masih mau ke sana lagi? Haaa?

    BalasHapus
  32. hayooo kapan ke Raung? Sabtu-minggu selesai kan kalau ke Raung...Pernah ngalami kejadian hasil jepretan ilang sukses kayak gitu waktu ke Madakaripura. Semua foto yg berlatar air terjun gak ada sama sekali, padahal foto2 lainnya gak ada masalah.

    BalasHapus
  33. wihh,...ga ke raung aja otak si moo udh rusak palagi d bawa k sono... :p

    BalasHapus
  34. Pondok Mayiiiit? 0_0 Serem sekaleeeeh. Jadi pengen ikutan *lohh

    BalasHapus
  35. Waw...Puncak Sejati rupanya Eksotis sekaligus penuh misteri ya Kang Monkey

    BalasHapus
  36. pondok kopi ada ga?
    lah itu mah deket rumah gue! ahahaha..

    *apaansihNdu??* -_-"

    BalasHapus
  37. . . wachhhhhhhh,, mau goyang gayung kah pid?!? he..86x. upzZz,, berati kamu disana gak bawa kenang^an donk pid?!? hieeeeeeee,, serem banget ya pid. huhh. tapi ceweknya cantik gak?!? he..86x. pasti sempet naksir kan?!? hayochhhhh. he..86x. oia pid,, km ke Surabaya kok gak mampir kerumah pid?!? . .

    BalasHapus
  38. Subhanallah... Cantiknya :)
    Gak pernah rasain naik gunung :((
    Jalanannya bagaimna kalau naik?? kaya' jalan d hutan atau bagaimana???
    #Penasaran.....

    BalasHapus
  39. Wahh rupanya nama gunung tohh.. kirain pas awal melihat judulya ane kira tentang cerita gitu..

    btw asli.. gunungnya subhanallah luar biasa indahnya yaaa.. ane kagak pernah ke puncak langsung =,=

    BalasHapus
  40. @NFhahay, kl di bandingkan sama mall mah bertolak belakang atuh jeng :p

    BalasHapus
  41. @enhahahay, iya itu kebalik, maskasih ya, sudah dibenarkan :D
    wah kalo mau di ceritain panjang nih ceritanya, tapi yg pasti itu salah satu perjalanan terindah lho :D

    BalasHapus
  42. @Wurytenang, jangan takut, takut harus dilawan, jadi gmn, mau ikut ?? :D

    BalasHapus
  43. @Ririe Khayantenang saja, saya pasti kesana lagi kok, :D
    tuh kan ada lagi kejadiannya :D

    BalasHapus
  44. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥wew, ini pertanyaannya banyak amat, satu satu dong :(
    kenangannya ada dalam otak saja saat ini, btw aku kesana itu setahun lalu :D

    BalasHapus
  45. @Fitrah Istiqomahkapan2 mesti ikut ini, jalanannya mendaki keatas mba, melewati hutan dan bukit2, terkadang panas dan terkadang hujan :D

    BalasHapus
  46. @Shitlipediahihiy, tapi ini juga cerita gunung lho, yuk kita naik gunung :D

    BalasHapus
  47. @Stupid monkey
    Jadi ingat film kartun ninja hatori :)

    BalasHapus
  48. @Fitrah Istiqomahjadi gimana ? mau nyobain naik gunung ? :D

    BalasHapus
  49. @Stupid monkey
    Kalau ditanya mau...
    Insya Allah ada keinginan,,,,
    Tapi takut gak sanggup... :(
    Sekarang naik bukit saja dulu :)

    BalasHapus
  50. @Stupid monkeymewek ... :p
    noh banyak pisang di poon :D

    BalasHapus
  51. Waw. Gunung Raung ini sempat jadi inspirasi buat nulis Januari50K Bang. Dan waktu itu, saya ngambil kisah dari mimpi. Saya baru bisa mimpi doang buat sampe ke Raung. -_-"

    BalasHapus
  52. pondok mayit dan pondok demit..hmm jadi penasaran banget dengan namanya..pingin rasakan sensasi-nya saat tidur di sana :)

    BalasHapus
  53. @Ayu Welirangwah, semoga bisa jadi kenyataan ya nanti :D

    BalasHapus
  54. @Fitrah Istiqomahoww, pelan2 aja, nanti kl sudah siap, baru deh gunung yg tinggi di daki, biar gak penasaran :D

    BalasHapus
  55. @Stupid monkeysaya cuma bisa bilang, hati hati. nanti kepleset jatuh kan bisa lecet2.
    saya gak pernah naik gunung soale

    BalasHapus
  56. @cii yuniatyoohon apa, pohon kelapa mah gak ada pisangnya :P

    BalasHapus
  57. ealahhh ??
    Gimana bisa itu foto raib semua?
    dipake gak di sana?
    jangan2 cuma ngendon di ransel doang pula :P

    BalasHapus
  58. cuekin aja sob klo ada jin iseng.., klo diikerjain lg dikerjain balik aja.., dgn pura2 gk takut.., pdahal takut hehhe...

    BalasHapus
  59. @Stupid monkeymaaf mas, tidak ada email masuk. mohon untuk kirim ulang di waroengblogger@gmail.com

    BalasHapus
  60. wao...saya sempat berkeinginan jadi pendaki gunung...kata teman saya di gunung,,kita bisa menemukan diri kita yg sebenarnya,,di gunung kuasa ALLah benar2 terasa,,,terimakasih atas infonya..

    BalasHapus
  61. @Stupid monkey Ya ya...
    Kamu juga horor sih mas.
    Btw, google hari ini bagus...

    BalasHapus
  62. wow, serem bener bang :O
    bisa ilang semua gambarnya .. ?
    asli keren ..

    Ntar abis gue lulus gue pengen ikut lo ekspedisi ye bang

    BalasHapus
  63. Ane pernah nyoba daki nih gunung 3 tahun lalu gan dan memutuskan untuk turun setelah semua temen ane sakit bergantian di pondok mayit, mentalnya pada drop semua.

    Tapi setidaknya ane nggak terlalu nyesek banget, soalnya kamera sedari diatas udah ga bisa dipake. Macet total, ga bisa hidup. Nah, pas di bawah, dihidupin bisa. :D Memang gunung yang sangat misterius. Mungkin suatu waktu saya ane akan kembali ke sana. Mungkin bersama putraku nanti. :D

    BalasHapus
  64. @Stupid monkey perjalanan terindah? mungkinkah karena bertemu cewek belanda tadi? hahahaha...

    ceritain part 2 nya donk, puanjang gapapa, sumpah penasaran dg apa yg terjadi di podok demit, sama kronologi mimpiin cewek belanda, penasaran...penasaran...

    oia, komenku diatas ternyata juga typo, --> (podok) komennya bang mangki juga typo --> (maskasih)...

    apaan sih, nyari typo2,, hahaha...

    BalasHapus
  65. Maaf, email yang dimaksud belum ada juga. Silakan kirim ulang emailnya ke waroengblogger@gmail.com

    BalasHapus
  66. emang ada yang meraung raung disitu ya gan..?

    BalasHapus
  67. Ane suka gambarnya bagus2 eunk........?

    BalasHapus
  68. ih bagus banget ya... sekaligus serem bos... itu cewek belandanya cantik ga. kalau cantik khan enak buat mimpi lagi ya sob...

    BalasHapus
  69. Heehe, kl lg jalan terus dikasih tahu kl tempatnya itu "rada-rada" kayaknya sudah gak seru lagi deh. lebih fokus ke takutnya dr pada nikmatinnya, hehe *pengalaman pribadi*

    BalasHapus
  70. wa..w..
    subhanallah deh !!

    BalasHapus
  71. untung stumonnya gk ikut raib bersama kameranya yaa.. xixixixi

    BalasHapus
  72. nama pondoknya kreatif, haha
    serem amat

    BalasHapus
  73. @WeBeemail, sudah saya kirim kembali silahkan di cek

    BalasHapus
  74. @enhaokey, nanti cerita nya saya posting ya :D

    BalasHapus
  75. @niquekamera di pake mba, banyak malah jepretannya, tapi itu dia bisa ilang semua, heran :(

    BalasHapus
  76. @Rohis Facebookhihihi, mereka mau kenalan kali sob, namanya juga tua rumah dan kita sebagai tamu :D

    BalasHapus
  77. @EYSurbaktiyoyoy, ntar kita jalan bareng ya :D

    BalasHapus
  78. seru ceritanya yah gan hehehe :D ,,,
    ane tunggu crita slanjutnya klo udh k gunung Raung lg hikhikhik ^_^

    BalasHapus
  79. @Harmony Magazinewah, ternyata ada juga yah yg fotonya hilang, okeh sob, semoga rencana mu bisa terwujud ya :D
    btw kapan nih nikahnya :D

    BalasHapus
  80. @Rawins Mumetentah lah sob, saya gak paham, mungkin saja pendakinya yg meraung :P

    BalasHapus
  81. @applausriya sob, serem tapi ngangenin, dan cewek belandanya cantik banget ... sampe 3 hari saya mimpiin dia terus :D

    BalasHapus
  82. @s y a miya sih, tapi tetep penasaran kl gak ngalamin langsung deh :D

    BalasHapus
  83. @Istighfarin.comiya, ada cerita dibalik namanya sob :D

    BalasHapus
  84. @ametheokey, sabar aja ya nunggunya :D

    BalasHapus
  85. sukur personilnya ga ngikut di culik demit yah,,,, ahaha

    BalasHapus
  86. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  87. Wuih... ngeri banget sob, tuh cewek Belandanya gak loe ajak kenalan sob hahahha...

    BalasHapus
  88. . . yachhhhhhhhh,, kok gak di jawab sich. huhh. ya udah dech. ntar kalo km bikin postingan aq akan jawab simple ja n gak kebanyakan tanya. huhh . .

    BalasHapus
  89. wah keren ya,
    hem, serem juga nama pondokannya. saya hanya baru bisa mendaki gunung golkar sama gunung galunggung aja :D

    BalasHapus
  90. mantabs gan..tp kok nama posnya pondok mayit ...hihi bikin serem

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fungsi Dari Gelas