Menyatukan Sudut Pandang

Bila sedang berada dalam sebuah forum dengan bahasan yang cukup menarik, biasanya akan mengeluarkan banyak ide dan pendapat. Hal itu dapat dikatakan wajar, karena manusia mempunyai pola pikir yang berbeda. Namun bagaimana bila ide itu saling bertabrakan yang cenderung menimbulkan efek gontok gontokan yang akhirnya rasa ego lah yang diutamakan. Tentunya hal ini dapat merugikan sisi manapun dari forum tersebut. 

Sebenarnya ada banyak cara untuk menyatukan ide dan pendapat dari berbagai pemikiran yang keluar agar hasil dari forum tersebut bisa diputuskan dan di setujui oleh peserta nya, salah satunya dengan menyamakan sudut pandang. Memang sih, ini bukan hal mudah, tapi kalau bisa di coba kenapa tidak. Ada beberapa trik yang biasa stupid monkey gunakan untuk menyatukan sudut pandang. Mau tahu? mari simak.

Pertama : Hitung berapa banyak ide atau pendapat yang keluar, catat dan tuliskan siapa saja pencetus nya. Lihat sisi positif dan negatif dari ide tersebut, lalu buatlah kelompok dari para pencetus atau pendukung ide itu dalam menjadi sebuah tim. Misalkan ada tiga ide, maka buatlah tiga kelompok.

Kedua : Jika sudah terbentuk kelompok dalam forum tersebut, pilih lah satu orang dari tiap kelompok untuk menjadi juru bicara, agar tidak terjadi kericuhan.

Ketiga : Persilahkan setiap juru bicara untuk duduk lebih depan dari kelompok mereka untuk menguraikan pendapat masing-masing.

Keempat : Tawarkan minuman bagi para juru bicara ketika mereka mengeluarkan pendapat. Ingat, tawarkan saja tiga jenis minuman, misalakan, kopi, teh manis dan air mineral. Pastikan mereka hanya menerima kopi. Kalau mereka mempertanyakan, bilang saja minuman yang ada hanya kopi.

Kelima : Jika kondisi sudah mulai memanas karena tiap pendapat tidak bisa di satukan, persilahkan mereka untuk meneguk minuman yang sudah di siapkan, dan katakan

"lho, masa pendapat kalian gak bisa disamakan, lihat deh, minuman kalian aja sama !! ... emang mau sampe kapan gontok gontokan kaya gini? ... gak mau pada pulang? ngantuk tau ... yah sudah silahkan minum kopinya dan terusin ributnya!! ... saya mau pulang, mau molor, ngantuk ...".

Setelah itu tinggalkan saja ruang forum yang tak kunjung usai itu, ngapain juga kalau mesti nginep ditempat yang isinya orang egois semua, cape dehhh ... mendingan juga ngeblog, ya gak ... hahaha ...

Selamat berakhir pekan dan happy blogging.


Komentar

  1. Gontok gontokan tuh apa sih mas?
    Kalau gak sependapat tonjok-tonjokan tampol-tampolan bacot-bacotan aja mas, kan seru tuh...
    Itu yang font merah kamu yang ngomong po? :P

    BalasHapus
  2. hehe... aku suka tuh yang bagian font merahnya mas.... hahahhaaha, guling-guling deh ngebayangin kamu yang ngomong begitu mas! hihihi

    BalasHapus
  3. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . molor tu kn hobi km pid. he..86x . .

    BalasHapus
  4. Xixixi... Bagusnya loe jadi ketua Dpr sob, kan pada gontok2an tuh wkwkwk...

    Habis gontok2an suruh ngeblog smua anggota Dpr nya sob :D

    BalasHapus
  5. Sarannya mas stupid monkey bagus banget. Cuma yang berwarna merah itu lho. Bikin ngakak aja. Silahkan diminum kopinya, dan terusin ributnya. Wkwkwk

    Buat para anggota dpr cocok banget tuh.

    BalasHapus
  6. @Tebak Ini Siapahuaaaa ... masa gontok-gontokan gak tau :(( kamu kan mahasiswa un :(

    itu aku yg ngomong dong :D

    BalasHapus
  7. @alaika abdullahhush ... jangan di bayangin mba, ntar gak bisa tidur lho :p

    BalasHapus
  8. @Anak Rantauhahahay, sayangnya gak da yg milih gw jadi ketua mereka sob :D
    tapi yakin gak mereka bisa ngeblog :p

    BalasHapus
  9. @HP Yitnohehey, kira-kira mereka kaya gitu gak ya :D

    BalasHapus
  10. . . hu um pid. beneran dech. aq kn yg palink tau km. aaaasssseeeeekkkk,, aselole,, icik,icik,, eheeeemmmm,, he..86x . .

    BalasHapus
  11. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥emang kamu tau nya apa aja sih sampe ada aselolenya :(

    BalasHapus
  12. wkwkwkwk...malah ditinggal kabur....ngawur ahh :D

    BalasHapus
  13. @cii yuniatyabis dari pada bete gak akur2 mendingan tidur :D

    BalasHapus
  14. Saya mau kopi luwak yah bang stumon. Kalo gak saya balik!!

    *kemudian diusir*

    BalasHapus
  15. @diniehzwew, perasaan gak jualan kopi deh saya nya :(

    BalasHapus
  16. haha.. ada ada saja ini .... kalo rapat bessar ya jelas gak mungkin.. hehehe

    BalasHapus
  17. wah iya gan, mending pulang aja daripada ngurusin orang yang udah ga bisa di satuin.. ya ga?

    BalasHapus
  18. @deby putra bahrodinwew, siapa tau aja mungkin lho sob, kalo udah mumet, hahahay :D

    BalasHapus
  19. @cerita anak kostyoyoy, dari pada darting, trus masuk RS, hahahay :D

    BalasHapus
  20. bener, daripada ngurusin orang yang isi kepalanya sedikit mending ngeblog begini

    BalasHapus
  21. ga prnh ikutan forum or rapat2 seperti itu...ane biasanya cuma jadi penerima tamu dan ngasi2 makanan hihi

    BalasHapus
  22. Gak seru menyatukan sudang, justru memanaskan forum baru seru.. hehe

    BalasHapus
  23. Dalam menyatukan sudut pandang itu, pada prinsipnya bagaimana mengakomodasi ego ya Bro?

    BalasHapus
  24. kenapa nggak nyuruh meninggalkan tempat itu sejak awal? wkwkwk...

    BalasHapus
  25. "walopun kami sama2 minum kopi, tapi lihat donk, nih kopi beda-beda bos... ada yang pake gula, ada yang pake susu, dan ada yang cuman pahit... jadi pendapat kita tetep beda, rapat kita lanjutkan".

    Ttd
    si ketua members-nya forum.

    BalasHapus
  26. kenapa di kasihnya kopi? kenapa ga air putih aja kan lebih hemat, dan lagi kopi malah bikin seger, ya wajarlah mereka jadi tambah semangat berargumen dan ga ngantuk, gimana sih ini yang bikin postingan!!! *eh koq jadi marah2 xixixiix* *kabur sebelum di sambit*

    BalasHapus
  27. wahhh, kalo begini kejadiannya gue justru berpendapat beda sob! karena gue yakin seyakin-yakinnya justru elo sendiri yg bisa kena gontok akhirnya! hihihiiii...

    BalasHapus
  28. saya kagak pernah mengadu argumen atau pendapat kepada orang lain setiap kali ada diskusi dll
    karena saya lebih suka jalan sesuai jalan saya dibanding mengikuti jalan yang orang lain,karena percayalah egoislah ketika anda yakin karena ke egosisan tsb akan membuat orang2 disekitar akan melirik kita

    BalasHapus
  29. itu yang berwarna merah ngucapinnya dengan apaan tuh. mungkin akan mudah dicerna oleh mereka dengan mimik kebelet pup #Eeh

    BalasHapus
  30. @Stupid monkey Ini ribut datang...pantas tadi tidur kok gak nyenyak, ternyata ada yg manggil namaku di sini

    BalasHapus
  31. itu diskusi pas bahas mau berangkat ke gunung ya? sampai heboh gitu ya...ckckckckkk...

    BalasHapus
  32. aaaa.. selalu demam panggung... :hadeh.,.. .-"
    :hiks

    BalasHapus
  33. @mimi RaDiAlwah, asik nih deketin mimi ah kl gitu, biar kebagian konsumsinya lebihan, :D

    BalasHapus
  34. @I'am Sadahbusyeet dah, jadi kompor gitu maksudnya, hahaha, boleh boleh :p

    BalasHapus
  35. @Jurnal Transformasicocok, kalau ego sudah terakomodasi dengan baik, jadi enak kan ngobrolnya :D

    BalasHapus
  36. @Kang Komborwah, kl gitu nanti cerita kependakan dong kang, gak jadi durasi 30 jam, hahaha :D

    BalasHapus
  37. @enhakalo gitu saya ngopi di warung aja deh ketua, hasil rapatnya di kirim lewat blog aja ye, wew :p

    BalasHapus
  38. @NFhush ... gak usah protes, ini hak istimewa yang punya blog :p
    awas jangan lewat pintu belakang kaburnya, ada kucing garong tuh, hahaha :D

    BalasHapus
  39. @Bung Penhoweitt tidak bisa, soanya gw udah pake helm duluan bro, wew , hahaha :D

    BalasHapus
  40. @Andywew, yakin sob, kaya gitu ... ntar dikira merki ego gak ma yg lain, :D

    BalasHapus
  41. @naspardya, elah, dimana-mana juga kl ngucapin mah pake mulut sob :p

    BalasHapus
  42. @srulzwew, gpp deh dari pada gila panggung :D

    BalasHapus
  43. Besoknya bakalan bonyok dikeroyok peserta kalau kabur ginian :lol:

    BalasHapus
  44. @Stupid monkeyKalau mabuk panggung gimana mas?

    BalasHapus
  45. eh...jangan pulang dulu mas stupid monkey rapat belum selesai..

    BalasHapus
  46. @diehihihiy, harus nonton dangdut dulu dong biar yakin :D

    BalasHapus
  47. @diehahaha, makanya biar aman, pake ilmu ngilang dulu sementara :))

    BalasHapus
  48. @cik awiaduh mas, saya udah ngantuk, lanjutin aja dulu deh, hasilnya di email :D

    BalasHapus
  49. @Ririe Khayanhhihihiy, emang sengaja saya panggil kamu mba, abis kamu gak nongol2 sih :p

    BalasHapus
  50. @Stupid monkey oh tidak bisa...
    tapi, bagaimana kalau rapatnya kita lanjutkan di warung sono, tar elu yang bayarin yaa..
    :P

    #piiisss bro ('_') V

    BalasHapus
  51. Wah, kacau lo sob....
    Ane udah baca serius, sampai bawah...eh...
    Wkwkwkwkwk...

    BalasHapus
  52. Weh! Jadi pimpinan forum juga elo rupanya? Tp emang susah nyatuin beberapa kepala yg isinya beragam. Yg ada malah pada benjol semua karna diadu2in kepalanya! Bhahaha

    BalasHapus
  53. setuju ama part akhir..mending geblog...dan lebih enak lagi TIDUR..wkwkwkkk

    BalasHapus
  54. menyatukan sudut pandang terkadang melelahkan.
    susah memang menjadi orang yang dewasa (dalam berpikir dan bertindak).

    BalasHapus
  55. @enhahuaaa ... kenapa gw yg musti bayar sih :(( *mewek

    BalasHapus
  56. @eksakkl cuman benjol mah masih bagus sob, nah kl kena struk, bisa berabe tau, hihihi :D

    BalasHapus
  57. @niquewah, orang dewasanya udah balik nih dari liburan, hihiy :D

    BalasHapus
  58. bener banget mas tuipsnya....
    :)

    BalasHapus
  59. . . lohhhhh,, aq kan abiz liat dangdutan pid. jadi kebawa dech. he..86x . .

    BalasHapus
  60. . . he..86x. jangan sad gitu donk pid. aq kan jadi ikut mrasakan kesedihanmu. huhh . .

    BalasHapus
  61. . . syukur dech kalo gitu. he..86x . .

    BalasHapus
  62. aku tuh baru mau bilang,, nih anak tumben buat postingannya bener dan ga menyesatkan ewww deh kebawahnya teryata sama aja xixiix yang warna merah itu bahasa planet mana ya??

    BalasHapus
  63. wah menarik tuh,,, diajak ngopi terus pulang,, :D

    BalasHapus
  64. @Ndearxixixi lihat sendiri deh di kamus :P

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fungsi Dari Gelas