Makanan Dalam Mendaki

Hari gini, siapa sih yang gak butuh makan, bangun pagi terus mandi di lanjutkan pergi kerja sampai sore, ujung-ujungnya untuk cari makan. Ada juga yang gak punya kerjaan terus gelap mata dari nodong, nyopet, jambret, alasannya buat cari makan juga. Ada yang berani nilep duit sono sini pake dasi sampe ratusan juta dolar, ujung-ujungnya buat makan (kalau yang ini gak ngerti cara makannya gimana). Intinya makan adalah salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup.

Sama seperti kegiatan lainnya yang butuh makan, mendaki pun pasti butuh makan. Hal ini harus dilakukan demi memenuhi kebutuhan energi yang telah dikeluarkan (dan selebihnya disebut maruk).. Kalau kemarin saya sudah cerita tentang kompor untuk mendaki, sekarang makanannya sob, jadi sebisa mungkin kita harus mengatur, makanan apa saja sih yang perlu di bawa saat mendaki.demi mendapatkan asupan yang baik. 

Jenis makanannya sih sebenarnya gak perlu yang aneh-aneh, tapi harus di perhatikan juga seperti :
  1. Lamanya perjalanan yang akan dilakukan, jangan sampai deh stok makanan habis sebelum pendakian di katakan sukses.
  2. Kondisi medan dalam pendakian, misalnya kondisi medan yang akan dilalui itu termasuk kering atau tak ada mata air, maka persiapkan pasokan air sebelumnya.
  3. Memenuhi kandungan kalori yang cukup, komposisi gizi yang baik dan yang paling penting gak asing di lidah, jadi makanannya gak mubazir nantinya.
Sedikit contoh makanan yang mengandung karbohidrat seperti ini nih sob :

Beras //image nyomot disini

Roti //image nyomot disini

Biskuit // image nyomot disini

Coklat // image nyomot disini

Susu // image dari sini

Mie // image nyomot disini

Itu hanya beberapa contoh saja makanan berkarbohidrat dalam pendakian, pasti deh semuanya sudah pada tahu, bagimana sob, enak-enak kan semuanya, makanya saya sangat senang mendaki, soalnya selain sehat, menyegarkan, makanannya pun enak-wuenak, yoyoy.

Tapi sebaiknya atur makanan tersebut misalkan seperti ini :

Makan Pagi
Usahakan makanan yang mudah dimasak, misalkan :
- Mie, bubur, susu, biskuit

Makan Siang
Usahakan tidak mengeluarkan makanan yang harus dimasak terlebih dahulu tapi mengandung kalori yang tinggi, misalnya : Coklat, biskuit dan roti (kalau kurang kenyang, makan tuh rumput, haha ...)

Makan Malam
Nah disinilah hobi memasak bisa tersalurkan, silahkan saja memasak makanan terberat sekalipun, ini bisa sangat menyenangkan juga lho, misalkan :
- Memasak Nasi
- Sayur mayur
- Kopi, teh, dll

Oiya, perhatikan juga keseimbangan air dalam tubuh untuk menghindari dehidrasi. 



Komentar

  1. Berarti kamu gelap mata ya mas? :p
    Makan biskuit yang di gambar itu pasti jadi pinter tuh...
    USB di makan.

    BalasHapus
  2. @Tebak Ini Siapaberasa dejavu deh kalo inget makan USB, hihiihi :p

    BalasHapus
  3. @Stupid monkey Dejavu? Dulu suka makan usb tho mas :o

    BalasHapus
  4. apa gak kebalik nih judulnya MON. menurut gue akan lebih abdol kalo judulnya MENDAKI DALAM MAKANAN hehehehhe....!

    BalasHapus
  5. @Bung Penhoow ... nanti ada juga itu sob, tunggu aja ya babaknya :))

    BalasHapus
  6. aduh mas StuMon, makan siangnya itu cuma cemilan apa kenyang?

    BalasHapus
  7. @Tiesakenyak aja mba, kalo rotinya 3 kg, hahaha :D

    BalasHapus
  8. woa enak tuh, bisa kletak kletik, roti lapis flashdisk

    BalasHapus
  9. mantap deh rasanya juga, bikin kenyang nih,, he he

    di tunggu kunjungan balik nya ya gan,, salam kenal.... :)

    BalasHapus
  10. Inspirasi yang lumayan bagus pagi ini. Waduh...ada yang lupa. Monkey kok gak nyisipin makanan favoritnya, yaitu BANANA...he he he.

    Apapun makanannya jangan lupa kunjung balik ya bro...

    BalasHapus
  11. Pisang kok ga ada yaa? :p

    BalasHapus
  12. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    kesuksesan tidak akan mendatangi anda, kecuali anda mengejarnya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    BalasHapus
  13. bisa di tiru ini menu makanannya om.. tapi kalo setiap hari seperti itu pasti bosen sob... hehe.. kalo lihat gambar beras, jadi inget masa panen di rumah sob... hehhe

    BalasHapus
  14. paling enak makan mie, karena udaranya kan dingin gitu, atau bubur deh.. eh emang di atas (gunung) ga ada yang jual mie ayam bakso? itu yang paling enak pastinya

    BalasHapus
  15. tar tar we baru liat sample bekel makanan buat mendaki bang munkey ada susu dalam botol balita, eh ga kebayang kalo dia mendaki gunung sama minum botol kaya anak balita jadi seru kali ya yaaaa???? ha ha ha

    BalasHapus
  16. jumlh orang yg mendaki butuh di itung jg kan?

    BalasHapus
  17. Jadi lapar, makan pagi dulu ah..! ^^

    BalasHapus
  18. Kalo teman-teman ane biasa bawa lontong gan, itu lho ketupat yang dibungkus daun pisang, itu fast food, tinggal makan aja, tahan sampai 24 jam. Trus untuk lauknya bawa ikan asin yang udah digoreng. Bawa beras kalo pendakian waktunya melebihi 24 jam. Trus bawa bambu buat tongkat, plus kalo kelaperan bisa dipake buat masak nasi. Hehehe...

    Dan yang terakhir, jangan lupa bawa korek... itu penting sekali... :D

    BalasHapus
  19. Awww, udah lama ga mendaki. Baru kemaren aja sih mendaki hati suami *ehh

    Repot ah bawa2 makanan. Ntar saya minta punya bang stumon aja yak :p

    BalasHapus
  20. @septianboleh kok kl mau disantap, ane barusan aja dari situ sob :D

    BalasHapus
  21. @Kedai Inspirasihihiy, banana sudah pasti dong, gak usah di hitng, hahaha :D
    siip bro, ane baru balik dari tempat ente :D

    BalasHapus
  22. @u n n idi umpetin, takut ada yg minta :p

    BalasHapus
  23. biar kuat biasanya ane kalo naik gunung bawa gula merah sob..

    trims infonya

    BalasHapus
  24. @Millati Indahada kl mau, tapi suka di ganti madu, contoh diatas hanya sebagian kecil kok mba :D

    BalasHapus
  25. ternyata gk beda ya dgn makanan sehari2... :)

    BalasHapus
  26. @outbound malangsiap sob, terimakasih atas motivasinya :D

    BalasHapus
  27. @deby putra bahrodinhihihi, ini hanya sebagian kecil contoh saja kok, variasi nya tergantung yg mau makan sob :D

    BalasHapus
  28. @NFwew, kl digunung ada tukang mie sama bakso, ngapain bawa makanan, :(( di gunung gak ada warung mba :p

    BalasHapus
  29. @Ndearjangan di bayangin, nanti ngiler lho :p

    BalasHapus
  30. wakakak, biskuitnya enak pa noh bang .. ? Flashdisk tu ye . ?

    gue belon pernah ngedaki bang, waktu itu sempat mau berangkat tapi kagak jadi .. seru pasti ye

    BalasHapus
  31. @octarezkabetul, jadi makanannya di sesuaikan dengan jumlah orangnya :D

    BalasHapus
  32. @I'am Sadahsilahkan makan pagi sob, kl kurang comot aja gambarnya :D

    BalasHapus
  33. @Harmony MagazineAlternatif lain juga bebas kok, tergantung kesukaan masing2, yg penting bisa dimakan dan memenuhi kebutuhan tubuh, :D

    BalasHapus
  34. @diniehzcieee ... romatis banget nih, jadi ngiler ;)
    boleh minta, tapi bayar ya, haha :))

    BalasHapus
  35. @Muro'i El-Barezyboleh juga kok kl mau bawa madu juga, tergantung kesukaan aja sob :D

    BalasHapus
  36. @EYSurbaktimau lo biskuitnya? ambil aja gih, tuh buat elo :D

    ayo, kita mendaki, mau gabung ga ? :D

    BalasHapus
  37. belum pernah mendaki gunung bro...:D

    belum pernah sama sekali.. :hiks

    BalasHapus
  38. meski udh makan roti 3kg...ttp aja laper klo blm makan nasi.... :D
    perut org indonesia susah diboongi :p

    BalasHapus
  39. ooooh. Om Stumon makan flashdisk ya pas pendakian? :P

    BalasHapus
  40. @Stupid monkey
    mang balita kaya dikau masih ngiler aja

    BalasHapus
  41. iya nih sob prodak sendiri, btw makasih ya udah berkunjung balik..

    BalasHapus
  42. kapan bang ... ?
    tunggu gue lulus tapi ya ..
    bentar lagi haha :D
    lo biasa nge daki ama komunitas ato gimana bang ?

    BalasHapus
  43. hohoho...yg akan menuju 3000 mdpl ? sdh siap bawa sembakonya juga...tp kalau bawa beras ribet deh Mas...

    Next post, trik dan tips mandi, gosok gigi ya...

    BalasHapus
  44. @Tebak Ini Siapa makan USB biar pinter jd kalau UAS gak perlu belajar ya NA

    BalasHapus
  45. makan Malamnya berat banget..
    ntar genduut..!1hihihi..

    Mau biskuit flashdisk nya..

    BalasHapus
  46. wah tips persediaan buat perut nih hehehe...
    Sob, Mendaki malam hari lapar gk ya, harus siapkan makanan nih seperti yang sobat kita share ini.

    BalasHapus
  47. pendaki sejati emang membutuhkan persiapan dan perbekalan yang komplit, makananpun memang harus bergizi tinggi, jaman muda kalau mau naek, ya naek azh..modal nekat, kalau inget..ngeriii..

    BalasHapus
  48. Kalo makan sahur pake menu apa sob wkwkwkkw... :p

    BalasHapus
  49. iya, itu makanan yang paling mudah untuk dibawa dalam tas.. asal jangan naik gunung kayak mau pindahan rumah atau warung aja semua jualannya dibawa... ga mirip orang naik gunung. :) malah nyampah diatas..

    BalasHapus
  50. YAY!!
    apem and megono khas pekalongane kok gak di bwa kak??
    wkwkwkwkwk

    aku juga baru pulang , nih :D

    BalasHapus
  51. sudah lama sekali ngga mendaki sejak menyatakan diri pensiun beberapa tahun lalu... tapi kerinduan itu masih tetap ada. Mudah-mudahan suatu saat bisa mendaki lagi :)

    BalasHapus
  52. kalo bisa bawa perbekalan yang berkabohidrat tapi mbawanya tidak terlalu berat. kalo pake nasi kan ribet juga.. kecuali perjalanan yang lama, beberapa hari - 1 pekan gitu..

    BalasHapus
  53. @srulzgpp bro, kapan2 kl minat nyobain ya :D

    BalasHapus
  54. @cii yuniatyhihihi, tapi kl dibiasain gak kok, bisa lah :D

    BalasHapus
  55. @EYSurbaktiterserah, kapan aja gw siap, lo tinggal nyaut aja :D
    kl gw sih biasa naek sama temen2 aja, non komunitas bro :D

    BalasHapus
  56. @Ririe Khayanhihihi, kenapa ribet, padahal disitu seni memasaknya :D
    di gunung usah mandi jg gak masalah :D

    BalasHapus
  57. @Mama Olivegak dong, kan energinya banyak kekuras :D

    Kl mau, ambil aja gambarnya, hahaha :D

    BalasHapus
  58. @Khasanahhihihi, tergantung dong sob, tergantung perutnya, haha :D

    BalasHapus
  59. @Desa Cilembuhihihi, itu juga kl dana lebih dan apa sob, tp kl ngepres ya, korekin isi dapur juga jadi :D

    BalasHapus
  60. @Anak Rantaupake menu nggu rembulan sob, hehe :D

    BalasHapus
  61. Kalau aku sih perbekalan seperti ini sudah disiapkan oleh petugas khusus ;) maklum, sudah lebih dari 20 tahun jadi rimbawan.

    BalasHapus
  62. @applausrnah, nyampah itu memang yg paling ngeselin sob, hadeeehh, pengen gampar aja tuh kl liat buang sampah sembarangan di gunung :D

    BalasHapus
  63. ini mendaki atau makan sih?*jadi laper lihat roti USBnya, haha

    BalasHapus
  64. @GoiqAmin, semoga bisa tersampaikan kerinduannya ya sob :D

    BalasHapus
  65. @Arisebenarnya bawa nasi/beras itu gak ribet dan gak berat kok sob, terkadangkan kita bisa berhari-hari di gunung jadi sebisa mungkin di packing dan di bawa, agar semua nya terkendali :D

    BalasHapus
  66. @diewow asik sekali, jadi gak perlu repot2 nyiapin ya, haduuuh wenak nya :D

    BalasHapus
  67. @iwanmendaki kan perlu makan :D
    Ambil aja gambarnya kl mau :P

    BalasHapus
  68. kalo mendaki mah pastinya bawa yang instan2 aja y ..

    BalasHapus
  69. @Stupid monkey
    maunya jadi aneh aja kayang situ biar terkenal wkwkwkw--

    pake nama samaran apa ya???

    BalasHapus
  70. @Stupid monkey okee.. apa sih yang nggak buat kakak.. wkwkwkwkk
    tapi ambil sendiri ke rumahku :p

    BalasHapus
  71. @Stupid monkey kalo warnet ada ga? pasti hikers demen tuh, kan bisa poto2 terus upload di FB dengan tulisan "photo duyu cyiinn"

    BalasHapus
  72. wah... sip sip, ta'catat^^

    BalasHapus
  73. wah paling gampang indomi gan, tinggal lep... heheh. klo beras emang penting, apalagi klo 3 harian, masa mau makan emi mulu... hahah. bisa keriting tu perut.

    BalasHapus
  74. makanan ny okeylh,,,
    mudh didapet...
    tpi "mendaki_ny itu loh....
    agk sulit....
    xixixiixixxixixii,,

    btw..tulisan gw di blog udh di gedein tuh,,
    wkwkkwkwkwkkkk

    BalasHapus
  75. @NFwew, warnte! ada sih, kl NF mau buka di atas gunung itu juga :))
    jangan2 kamu ya yg suka uplod kaya gitu :p

    BalasHapus
  76. @Ndearhihihi, ini kok malah mau terkenal, udah jadi artis aja sono, wew :P

    BalasHapus
  77. @Nila Lazuardihmmm, tergantung mood juga sih sob, tp yg instan emang lebih cepet, tpi bosenin, hihihi :D

    BalasHapus
  78. @cerita anak kosthihihi, udah gitu bibir jontor sampe 7 cm, hahaha :D

    BalasHapus
  79. @i luv uhaha, itu seru nya malah, :D
    okeh ane meluncur nih :D

    BalasHapus
  80. @Stupid monkeyBekalnya sih uenak mas, lah mlaku ne kuwi? empot-ampotan :(

    BalasHapus
  81. @diehihihi, iya sih, tapi gak kapok kapok ya, malahan nagih :D

    BalasHapus
  82. @Ririe Khayan
    Hahaha... aku juga mau ngomentari hal yang sama, eh udah didahului kamu Rie... pantesan Mas Stu banyak idenya, rupanya makan USB yang berisi creativity guides.. hehe

    BalasHapus
  83. itu kan bukan biskuit~ itu flashdisk =P

    BalasHapus
  84. @alaika abdullahyg suka makan USB itu bukan saya, tapi Una mba :((

    BalasHapus
  85. @Nurmayanti Zainhihihi, tapi biskuitnya bisa dimakan juga sih :D

    BalasHapus
  86. @Stupid monkeyWoh! 3000 mdpl? mo kemanaaa? gak ajak-ajak :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Logo HUT RI Ke 71 | Vector