Trik Agar Tulisan Dalam Blog Dibaca Pengunjung

Ini adalah tulisan tentang trik, tips, ide atau apalah, ke 5 yang pernah saya buat sob, dan rencananya saya akan membukukannya bila sudah mencapai 199 Trik dan Tips (jangan ketawa, ini serius lho), kalau ada yang bertanya “kenapa kok 199 ” maka saya akan jawab “ini adalah trik” karena yang ke 200 nya akan terbit di buku yang kedua. Maka akan ada kemungkinan buku yang kedua laris manis terjual habis. Ingat ini adalah trik lho !!. 

Tapi bila buku yang pertama dan kedua tidak laku atau tidak terjual habis, maka saya akan buat buku yag ketiga dengan judul “Di Balik Sebuah Trik”. Kemungkinan terjualnya akan lebih besar, kenapa begitu, karena judulnya mengundang rasa penasaran. Dan ini adalah tentang trik. (gak laku kok ngotot)

Buku-buku ... dijual ... bukukunya di jual ... ayo beli ...

Okeh, dua paragraph di atas hanya sekedar intro saja, dan mari, kita lanjutkan maksud judul diatas. 

Setiap blooger, aktif ataupun tidak, pasti menginginkan tulisannya dibaca oleh orang lain, betulkan, “jangan mungkir !!”. Dan saya sering menemukan beberapa komentar di tulisan tersebut kurang nyambung atau sama sekali tidak nyambung (tapi yang komen disini nyambung semua kok), nah sudah dapat di pastikan kalau yang berkomentar itu tidak membaca seluruh tulisan tersebut, untuk menghindari hal-hal tersebut sebaikanya kita mempunyai satrategi dalam menulis, antara lain : 

1. Tulislah sebuah artikel yang tidak terlalu panjang, karena biasanya pengunjung akan merasa bosan dengan tulisan yang terlalu panjang. cobalah membuat tulisan berkisar 4 sampai 5 paragraf saja. (padahal tulisan ini sendiri panjang ya sob). 

Nulisnya sedikit-sedikit aja ya nak ...

2. Jika tulisan itu memang mengharuskan panjang, semisal antara 10 sampai 12 paragraf, buatlah ilustrasi atau gambar yang nantinya akan di selipkan di beberapa paragraph. Ini dimaksudkan untuk mengurangi kebosanan si pembaca. (yang ini serius lho)

Tuh ... gambarnya bagus kan nak ...

3. Kalau memang tulisan itu mengharuskan sangat panjang, 15 sampai 25 paragraf, penggal lah menjadi tulisan bersambung. Selain lebih pendek keuntungannya juga pembaca akan balik lagi meneruskan tulisan sambungannya (saya pernah buat lho) 

Hallo .. episode selanjutnya sudah di posting nih sob ...

4. Kalau tulisan lebih panjang lagi, 30 sampai 100 paragrap atau lebih, sebaiknya anda jangan posting di blog deh sob, mendingan bikin buku atau novel aja, lagian panjang banget nanti episode nya, emang sinetron, ngarep gitu yang berkunjung akan baca ?, belum tentu juga sob, tulisan ini aja, gak tau bakal dibaca sama pengunjung apa kaga. (sabbar boss ....  jangan nyolot).
Lho .. kamu kok malah nge gambar ....???

Yo .. wiss, mungkin itu saja ya “Trik Agar Tulisan Dalam Blog Dibaca Pengunjung”, semua trik diatas belum teruji keampuhanya, mungkin setelah survey ratusan kali dan melakukan penelitian puluhan tahun, mungkin baru bisa diketahui, yang penting, ada atau gak ada yang baca, nulis mah jalan terus sob. Sekian dari saya dan happy Blogging.

Note :
Ini juga trik, maksudnya biar tulisan ini juga dibaca gitu lho ...


Komentar

  1. Pinter kamu sobat stupid monkey. Bisa membaca pikiran pengunjung. Tapi sebenarnya sih bukan membaca pikiran pengunjung, nelainkan itulah yang sobat rasakan dan alami ( yang notabene-nya adalah sang pembaca postingan blog juga ). Karena hal itulah sobat stupid monkey bikin postingan tips n trik supaya postingan dibaca pengunjung.

    Betul kan? Hayo ngaku jangan mungkir deh. La kita juga sama-sama pembaca.

    BalasHapus
  2. @HP Yitnowew, siapa yang mungkir, orang tuh liat di note juga ditulis, baca dong :D

    Hayoh ngaku gak baca note ya =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh kalau ane jelas baca artikelnya sob. Kalau ane nggak baca artikelnya, saya nggak bisa menganalisa pikiran kamu dong sob.

      Kalau masalah note:yang isinya ini juga trik supaya artikel-nya dibaca. Ane juga pakai metode itu. Tapi ada metode lain juga yang nggak ane sebutkan. Kalau mau tau, coba amati, baca dan perhatikan semua postingan ane. Pasti kamu tahu metode itu jika kamu bisa menganalisanya. Hayooo bisa menemukan metode yang ane gunakan nggak sob?

      Btw kemarin baru dari Dufan sob. Katanya tinggal di Tanjung Priok ya?

      Hapus
  3. Terima kasih sahabat atas berbagi tipsnya ini.

    Sepertinya postingan blog saya juga masih terlalu panjang.
    Perlu dicoba triknya sahabat

    BalasHapus
  4. boleh jg sob triknya, ane praktekin besok hehe

    ini email ane sob mshaldhio@gmail.com

    BalasHapus
  5. @Blog Keperawatanwew, okeh sob, silahkan di coba, tapi efeknya tanggung sendiri ya :D

    BalasHapus
  6. @Aldio Blogsilahkan sob di praktekin campur sedikit rempah-rempah, garam secukupnya ya biar maknyos :D

    okeh segera ane kirim :D

    BalasHapus
  7. hahahaha keren loh. saya suka tulisannya

    BalasHapus
  8. hehehehe, oke juga tipsnya...
    Tapi satu hal yang kita berbeda...
    Panjang pendeknya sebuah artikel, tergantung moodnya...kalau mood-nya lagi baik, tulisannya jadi panjang, dan sebaliknya...

    Ada juga sebuah rumus SEO, bahwa tulislah setidaknya 600 kata dalam sebuah artikel...

    Yang pasti Bro, tulislah apa saja, ngawur saja, tapi sisipi dengan gambar perempuan telanjang, pasti banyak yang datang! wkwkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane setuju dengan pendapat kamu sob. Tulisan yang lebih dari 600 kata akan mudah di index dan dikenali seo. Kalau gambar wanita telanjang, ane nggak setuju banget. Notabene-nya pembaca blog kita nggak hanya laki-laki, tapi ada wanita, gadis dan emak2 juga. Mau di jewer kupingnya wkwkwk

      Hapus
  9. ahahahaha =)
    kecuali kalau suka gaya nulisnya mau sepanjang apapun pasti dibaca ^^

    BalasHapus
  10. @HP Yitnohahay, betul sob, ane percaya kok setiap blogger mempunyai trik nya masing-masing dalam membuat tulisan dan itu adalah kelebihan setiap manusia, terus terang ane juga masih kudu banyak belajar sob soal metode, ya seperti yg kamu ungkap kan di komen atas itu. okeh sob :D

    lho kok priuk, tempat ane di grogol sob :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seiring berjalannya waktu, pasti mengerti metode itu. Hasil pengamatan dari beberapa blog favorite dan terkenal sih. Salah satunya tips yang sobat stupid monkey kemukakan dalam postingan.
      Sebenarnya pengamatan saja nggak cukup. Yang paling penting adalah memposisikan diri kita sebagai pembaca langsung, apa yang kita rasakan nggak enak dan enak, itulah tipsnya. Setelah itu buat sebuah postingan, kira-kira ane enak nggak sih baca postingan ini. Tips yang lain, silahkan amati sendiri.

      He...he.... Bukan bermaksud debat atau menggurui ya sob, ini hanya sebuah pendapat dan sekedar berbagi. Betul nggak sob?
      Ambil positif aja, yang nggak cocok dan nggak sesuai dibuang ke laut aje he...he...

      Hapus
  11. @hima-rainwew, syukur deh kalo gitu, moga manfaat :D

    BalasHapus
  12. @Mimpi Siang Bolongwkwkwk ... bisa aja nih sobat, iya, pengunjngnya bisa bludak malah, trus kotak komen bisa over flow, =))

    thanks sob tambahannya :D

    BalasHapus
  13. @Nurmayanti Zainwew, betullll, seperti tulisan di blog mu mba :D

    BalasHapus
  14. @HP Yitnohehey, tentu sob, memposisikan diri sebagai pembaca itu paling mutlak, karna kontenkan nomor satu.

    santai saja sob, menurut ane ini adalah salah satu cara kita belajar juga kok,tapi belajarnya santai, ya ga ??? :D

    BalasHapus
  15. @HP Yitno=)) abis di jewer di tendang terus di lempar ke laut, arr ... bisa kuyup di sepak hiu nanti :((

    BalasHapus
  16. mantap tutornya... saya praktekan... semoga postingan saya dibaca orang :D

    BalasHapus
  17. @Widhi Ekosilahkan sob, syukur kl gitumah. Amin :D

    BalasHapus
  18. Untung aku gak ketipu trikmu, aku nggak baca sampe abis. Muahahaha, nggak ding. Aku baca :((

    Kalau baca postingan bersambung kok aku malah gak seneng ya. Kadang lupa sama sebelumnya. :D

    BalasHapus
  19. Betuuull skali...
    Klo postinganx udah panjaaaaaaang banget, jd malas baca, cuma garis besarnya sj, hehe...

    BalasHapus
  20. botol-botol.....eh sorry, betul2 tulisan yang menggugah segenap perasaanku yang terdalam. hati ini seperti mo hancur setelah membacanya sob!.... karena,,, tulisan ini mengingatkan ku pd satu tulisan q tentang Penulis Karangan tercepat di dunia

    BalasHapus
  21. Tp kalau nulisnya di persingkat (padahal harusnya panjang) serasa ada yang gak nyambung. Jadi gak apa-apa lah jk di baca sebagian saja. Harga kepuasan pribadi dalam menulis ya harus siap dengan resiko tulisan di blog gak di baca secara menyeluruh oleh visitor #Edisi nyadar diri karena suka nulis terlalu berkepanjangannnn...

    Nah comment ini juga mau ta buat berkepanjangan bila perlu berseri/bersambung biar yg punya blog lier bacanya....wkwkwwkkw..

    *bersambung*

    BalasHapus
  22. @Bung Penho
    sorry, saking semangatnya koment, eh malah salah link. ini yang bener heheheeee link

    BalasHapus
  23. Setuju sama mbak Ririe, kalo dipaksa pendek, nanti jadinya ga nyambung. :)

    Tambah satu lagi sob, konten mesti orisinil, bukan copas. Pengunjung pasti sebal kalo ketemu blog isinya itu-itu mulu. :D

    BalasHapus
  24. Terima kasih atas tips triknya Mas..Akan saya perhatikan, secara juga sering nulis panjang-panjang..Habis gimana, kadang gak puas kalau semua belum keluar..:)

    BalasHapus
  25. "Tuh ... gambarnya bagus kan nak ..."
    "Bagus apaan nek, cuma gambar monyet baca koran aja kok bagus??!!"

    Wakakwkwkwk.... (heureuy sob)

    BalasHapus
  26. oke sob, matur nuwun untuk cara emoticonnya, kemarin cara yang kaya gitu udah ane coba tapi gagal, ternyata salah nyimpen ajah kodenya :D, sekali lagi thanks sob.....

    BalasHapus
  27. Saya juga setuju sm mbak Rie hehe.. Tapi, triknya bagus kok..sangat bermanfaat :))

    BalasHapus
  28. "ada atau gak ada yang baca, nulis mah jalan terus..."

    saya suka kutipan ini...
    :D

    BalasHapus
  29. Saleum,
    Alu ngaku deh om bahwa aku juga ingin tulisanku banyak dibaca pengunjung. **gak mungkir deh**

    BalasHapus
  30. Ngahahahaaaaa... Saya merasa tersindir karena sering pasang cerita bersambung. Eh, tapi bukan artikel lhooo, cerbung! :D Kalo cerbung kan ber-alur, jadi kemungkinan sih bakal dibaca. :P

    BalasHapus
  31. wah bagus nigh artikelnya..

    pantasan blog saya kurang visitornya soalnya artikel saya susah dibaca

    heheheh

    BalasHapus
  32. @Juwita Hsu Karena kita bukan alat pemuas...eh..salah..maksud saya kita nulis gak mungkin bisa memuaskan selera baca semua orang...ya minimal memuaskan diri kita dulu dalam membuat tulisan..#maksa plus egois

    BalasHapus
  33. @Harmony Magazine Sebenarnya setiap tulisan kan punya 'ruh'nya sendiri..jadi akan membentuk tulisan yg panjang atau pendek, itu akan mengalir dengan sendirinya..#Jd lawyer utk pembelaan diri sendiri

    BalasHapus
  34. . . keren,, tenkz tuk tips^ nya. sangat bermanfaat . .

    BalasHapus
  35. Punya trik lain selain trik2 diatas ... emmm misalnya trik mencuri hati ce/co ... atau trik mencuri uang dalam dompet dengan aman,mudah dan tidak ketangkep polisi, apalagi sampe ketangkep massa ... ??

    BalasHapus
  36. salut deh buat sobat, , , ternyata pkiran saya kebaca, . . Jarang lho blogger yang mau baca2 sampek selesai ketika blogwalking. . . Tpi kalo lg cri info mah kadang, baca artikel aja dibaca berulang2

    BalasHapus
  37. Jiah, ternyata cuma soal panjang-panjangan tulisan ya?

    BalasHapus
  38. mau nambah mas, tulis posting tutorial menghasilkan uang satu miyar tanpa perlu bekerja keras :D

    BalasHapus
  39. hmm ...*menerawang*

    hmm ... jari2 ngetuk2 meja

    hmm ... jadi?

    jadi, selama ini, tulisanku sing dhowo2 kuwi, gak dibaca tah? cuma baca di awal terus penutup? *sakit hati*

    BalasHapus
  40. judul tulisan perlu dibuat berlebihan seperti judul berita di detik atau tidak?

    BalasHapus
  41. Wah... Aku ngerasa. Hemmm. Ok lah, aku baca loh. Aku baca. Eitss ga nyolot, ga nyolot. Wkwkwk

    Aku suka sama tips itu. Itu semua pas banget. Aku paling ga suka kalo tulisan kepanjangan. Tau sendiri aku ga pernah baca buku yang buju buneng tebelnya. Sepp tips yang ini aku terima :D

    BalasHapus
  42. mba baca sampe abis loh postingan yg ini,,,,hihihi

    bsok mau coba bikin 1 paragraf,,,,apa msh byk jg yg baca hahaha

    BalasHapus
  43. mantap....
    tapi kok dari tips pertama hingga akhir tentang paragraph yaa?...

    trus trus tambah lagi sob trik "Trik Agar Tulisan Dalam Blog Dibaca Pengunjung" ...

    Sukses trus...

    BalasHapus
  44. tip dan trik di terima.. doa saya semoga bukunya laku keras nih....
    panjang pendek susah ngatur ya... pokoknya pasang saja... :)

    BalasHapus
  45. Ditunggu kabar launching bukunya ya mas :)
    #Mudah2an tulisan ini jadi buku, aamiin#

    BalasHapus
  46. Sori, sob! Gue telat meeting! Gue cuma mau bilang kalo ini adalah komen! Bhahaha

    BalasHapus
  47. Aku termasuk pelaku yang suka bosan baca postingan panjang.. hehe. Tapi kalau memang bikin penasaran pasti dilahap semua, sob ^^

    BalasHapus
  48. hahahaha agan kratif :D

    gimana gan bisa bikin seperti ini

    maap gan lama gak berkunjung saolnya saya lama gak posting :D

    BalasHapus
  49. ngakak aku Mon, baca postinganmu ini :D

    BalasHapus
  50. @Tebak Ini Siapa=)) saya mah tau, kamu pasti ketipu Un, hahaha :D

    emang postingan bersambung suka bikin lupa, kecuali bersambungnya tiap hari, seperti kemarin, hehe ya ga ;)

    BalasHapus
  51. @Bung Penhohehe .. tulisan Salahudin ya sob, tulisan pertandingan sepak bola yg penontonya bubuar .. gile ane sempet kaget waktu liat kecepatannya hanya 55 detik sob =))

    BalasHapus
  52. @Evihehey, gpp panjang juga, ini kan cuma saran, sebenarnya tulisan itu gak ada yg begini2 an mba, hehe :D

    BalasHapus
  53. @Anak Rantautapi monyet nya bisa nulis lho nak ... :D
    semprullll =))

    BalasHapus
  54. hahaahahahahta Gokil nih post

    BalasHapus
  55. @Juwita Hsunah lho, terus saya pilih yg mana nih ... :(

    BalasHapus
  56. @dmilanoiya deh ... semua juga pengen ya .. :)

    BalasHapus
  57. @Ayu Weliranghehehe .. tenang aja, semuanya punya kemungkinan kok :D

    BalasHapus
  58. @MHARJIPES.COMah, bisa aja sob, padahal artikel nya bagus-bagus lho :D

    BalasHapus
  59. @Marchia Diandratrik kok kriminal semua ... tp boleh deng =))
    sabar ya .. nanti di buatin khusus buat si mba :D

    BalasHapus
  60. @jarwadiwah mantebb tuh .. kira-kira gmn ya :)

    BalasHapus
  61. @niquelho .. kok .. marah nya sama saya ... sabar mba, sabar, orang sabar di sayang pacar :D

    BalasHapus
  62. @Kang Komborhaha, padahal si akang yg ngajarin saya bikin judul yg fantastis ... kok nanya balik, lupa ya :D

    BalasHapus
  63. @Faizal Indra kusumaokeh sob, ane tau, ane juga suka tuh baca tulisan di tempatmu, enak pendek2, nyatai lagi :D

    BalasHapus
  64. @mimi RaDiAlhihihi .. boleh boleh .. langsung di buktikan tah .. :D

    BalasHapus
  65. @faqih muhammadhahaha .. nafsu .. santai sob, ini aja blm teruji kebenarannya sob, namanya juga trik :))

    BalasHapus
  66. @applausr.nethehey, betul, pokoknya yg penting kreatif dan nulis teruss ya sob :D

    BalasHapus
  67. @Mugniarduh, gak usah ditunggu mba, gak tau kapan bisa kejadian, itu cuma rencana bukan cita2 kok :))

    BalasHapus
  68. @eksakwiihh .. bis meeting di warung mana sob, kok elo gak ngaja2 sih, tau gw ini cuma komen :))

    BalasHapus
  69. @ocktawew, gampang minum kopi aja 20 gelas, di jamin perut mules hehe :p

    BalasHapus
  70. @Ely Meyer:)) emang postingan ini dimaksudkan untuk hiburan aja kok, namanya juga trik mba :D

    BalasHapus
  71. @Ririe Khayan:(( ini niat komen apa niat nyiksa sih :))

    BalasHapus
  72. kalo dipikirin bener juga z.. kita ja kadang bosen sendiri baca postingan kita klo terlalu panjang... hemmmm...

    BalasHapus
  73. @Mam Me - Aiya kan .. bener kan ... jadi gmn dong :D

    BalasHapus
  74. dibikin sambung menyambung menjadi satu tar kaya sinetron dong...
    tapi keren tuh idenya
    suer..

    BalasHapus
  75. @Stupid monkey

    Bisa saja rencana jadi kenyataan mas. Spt saya yang sebenarnya sulit punya anak. Hanya harapan saja pingin punya anak perempuan setelah yang sulung (laki) eh .. alhamdulillah, tanpa ber-KB, anak kedua lahir perempuan saat kakaknya usianya 5 tahun.

    Nah ... mari kita ucapkan 'aamiin' atas rencana mas Stumon :)

    BalasHapus
  76. Nah..,, ini nih trik maknyuss.. :D

    BalasHapus
  77. @Rawins Mumetasikk dibilang keren, okeh ente juga keren :))

    BalasHapus
  78. @Haccwoyoy, sambil minum kopi, tambah maknyus sob :D

    BalasHapus
  79. @Stupid monkeyGitu ya mba, duh .. jadi terharu saya, makasih doanya ya mba .. Aamiin :)

    BalasHapus
  80. Bener-bener stupid. Asli, pas nomor 4 lucu abis. Gila gila. Suka sama artikelnya

    BalasHapus
  81. pantesan pengunjungnya rame gini. . . . hhmmmmmmmmm. . . . gitu yak. . . bisa dicoba ah. . .

    BalasHapus
  82. @Aditya Eka Prawiraemang stupid tuh, apalagi yg nulisnya sob, syukur deh kalau suka, moga manfaat ya :D

    BalasHapus
  83. @Stupid monkey istilah baru nih. . . banjir pengunjung. . . . kayaknya klo buat contes ato giveaway banyak buanget yang ngikut deh bang hehehehe

    BalasHapus
  84. Katanya 5 sob, bru 4 nie. K,ana yg satunya lg? Iya gan, stuju yg no 1. Jgn tlalu panjang, jd males bca. Tpi bgi siapa dulu, bgi bloger yg hanya slinf koment emg tlalu pnbjg. Tpi bguu tyfg butuhg info ity tidak juga.. Tpu ewmg sie yfg sring bkunjungf adlh bloger jd hgn tlaluy pbjg ya. Ok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sory ag g jelas tulisannya soalnya pke hp. Sgtu ud tmasuk pnjg tu coment dri hp yg d bela2 in koment dri rumahsakit demi berkunjung k ente.... Hehe

      Hapus
  85. sudah pengalaman ya mas dikunjungi banyak pengunjung...hehehe
    tularin ya..

    BalasHapus
  86. @Drieantwew, beneran sob, cuma segiu gak sampe 5 kok, liat deh, hehey :D

    BalasHapus
  87. Seru artikel nya, triknya menarik :)

    BalasHapus
  88. @Stupid monkey
    maklum lagi mo coba-coba jadi copet ...eeehhh gak deng becanda :D

    BalasHapus
  89. @Stupid monkeyhahay, ada gitu copet bilang-bilang, hayooo :D

    BalasHapus
  90. @Nilahehehe ... gitu ya, makasih lho .. jadi Ge Er :)

    BalasHapus
  91. judul juga berpengaruh lho...

    BalasHapus
  92. dibaca percayalah posting ini dibaca orang termasuk aku

    BalasHapus
  93. bener banget tuh bang stupid monkey..
    yg penting sih judulnya dan tulisannya menarik heheh...

    salam blogwalking Benarkah Acai Berry Bisa Menguruskan Badan?

    BalasHapus
  94. boss bisa minta code themplatenya ? kalau bisa yang bagian comment aja hehe, bentuknya bagus plz copy ke buditech.com ya atau tolong diemail ke loodec@gmail.com

    Thanks bos

    BalasHapus
  95. mantap sob..ane suka trik ente..he..he..

    BalasHapus
  96. Mantap kuliahnya. Ntar saya praktekkan, sekalian saya jadikan referensi loh, artikel ini.

    BalasHapus
  97. @Punya.Tiatentunya, judul kan pandangan pertamanya, okeh ;)

    BalasHapus
  98. @JIMMYAkurr kalo gitu mah sob, hehe ;)
    salam blogwalking juga :D

    BalasHapus
  99. @Buditechsiap secepatnya ane kirim sob :D

    BalasHapus
  100. @Drs SudarsonoAduh ... jadi malu nih, makasi ya sob :)

    BalasHapus
  101. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  102. ide yang sangat berillian. saaya suka dengan artikel tentang trik agar artikel kita dibaca orang. thanks. akan saya bagi juga di blogku

    BalasHapus
  103. bgini ni baru namanya tips :)

    BalasHapus
  104. @Mukti Effendiwow, terima kasih ... asal sumber linknya disertakan aja sob :D

    BalasHapus
  105. Nah mantap ni tulisan.. tiap penjelasan ada gambarnya lagi.. jadi gak akan bosan pembacanya. :D

    dan, saya sangat setuju jangan terlalu panjang artikelnya. hhehe

    BalasHapus
  106. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk kemaren baru dapet saran. . .eeeeh sekarang dapet saran lagi :D

    BalasHapus
  107. pinter banget kii si Monkey--trus bukunya dah terbit lum mon?

    BalasHapus
  108. @Stupid monkey NIat menulis comment yang panjang biar bisa jadi satu postingan judul untuk edisi postingan mas SM berikutnya #Mikir: nulis apalagi ya

    BalasHapus
  109. Thanks infonya gan... kunjungan perdana nih... Salam kenal dan persahabatan gan :)

    BalasHapus
  110. @Ririe Khayan

    wkwkwk... yuk kita bikin komen panjang dan berseri yuk Rie... lumayankan nampang di rumah mayanya mas stumon... yang banyak pengunjungnya ini..?

    Nah ini juga tambahan poin untuk triknya mas stumon... hehe

    BalasHapus
  111. lucu banget sih poin yang ke 4 haha sewot sendiri :D

    BalasHapus
  112. @alaika abdullahwew ... gak bisa ngomong ini mah ... :((

    BalasHapus
  113. @Kaito kiddhehey, tau nih kebanyakan saran, wew :D

    BalasHapus
  114. @Ndearhahay, iya dong, kan sekolah :p

    BalasHapus
  115. @Randeeztsalam kenal juga sob, makasih udah mampir kesini :D

    BalasHapus
  116. @putrijeruklho, kok sewot, sabar ..sabar ..:p

    BalasHapus
  117. baru bikin blog nih, thx sama sarannya. :D

    BalasHapus
  118. andai saya bisa menulis panjang, maka saya akan tulis dengan bahasa yang enak dan gaya yg tidak membosankan agar ada yang mau baca.

    atau, kalau pun nulis pendek, ingin tulisan yang ada isinya, berguna buat pembaca dan tidak sekedar asal dibaca.

    tapi umumnya pada menganjurkan untuk menulis yang pendek2 aja ya... thanks tips2 nya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fungsi Dari Gelas