Persiapkan Fisik Itu Penting

Mountenering adalah kegiatan alam bebas yang memiliki cabang yang luas, salah satunya adalah hiking, sebagaimana kita tahu, dibandingkan dengan kegiatan mountenering lainnya hiking tergolong sangat lembut dan mudah. Bagaimana tidak, kita hanya perlu berjalan kaki dari base camp pendakian sampai ke punjak gunung. gampang toh, tapi kok masih saja ada pendaki yang mengalami kesulitan fisik seperti kejang otot bahkan sampai ada yang tidak bisa berjalan. Ya memang setiap orang mempunyai daya tahan berbeda, tapi tetep saja keliwatan kan, (ya karena mereka kan sudah niat mendaki dari awal).

Kejadian seperti itu pernah terjadi saat saya dan beberapa teman melakukan hiking, dan terus terang walaupun  kecelakaan seperti ini biasa terjadi, namun ini yang paling memalukan bagi saya pribadi (tapi tetep diceritain).

Padahal saya sering sekali berpesan kepada teman yang akan melakukan pendakian bersama apalagi pemula, untuk melakukan persiapan fisik minimal seminggu sebelum pendakian, tapi ada saja yang membandel, nah akibatnya tanggung sendiri deh. Tapi tetap saja, yang namanya di gunung, tidak mungkin dong kalau ada teman yang kesusahan kita diam saja (dimana saja deng). Nah kalau sudah begitu yang kerepotan, ya semua yang mendaki bareng. 

Contohnya pendakian G. Merbabu belum lama ini, seorang pendaki senior yang seharusnya jadi contoh bagi juniornya, malah terkulai lemas tak berdaya dan tak dapat berdiri, alhasil semua kebagian kelabakan (upaya yang dilakukan adalah menggendong, menandu dan memberikan makanan ... dll). Karena sebelum kejadian kami sudah empat hari didalam hutan dan harus menghadapi badai hujan campur angin setiap harinya, otomatis kondisi tubuh sudah tidak stabil lagi, maka dengan membagi kelompok menjadi dua tim dan tim pertama di haruskan turun secepat kilat agar segera melapor ke pos pendakian terdekat untuk mencari tambahan pertolongan dan tim ke dua memberikan pertolongan pertama pada si korban, terasa seperti kemelut bagi saya, “lho, bagaimana ini, kan tim pertama yang turun tidak tahu jalur (junior)”, yang membuat saya menyesali keputusan itu. 

Sambil terus memberikan pertolongan kepada si korban dengan segala upaya, dan mencemaskan tim yang baru turun melapor ke basecamp, adalah dilemma yang menghasilkan rasa kesal luar biasa yang tak mungkin dikeluarkan saat itu. lagi-lagi saya harus tenang, karena mereka semua adalah tanggung jawab saya. 

Akhirnya setelah menunggu beberapa jam, datanglah tim SAR menuju posisi kami, dengan cekatannya si korban langsung di bawa turun dan selamat hingga ke base camp. Baru deh keesokan hari setelah si korban sehat total, saya buka mulut, ngomel ngomel di depan semua anggota yang sengaja di kumpulkan, “ingat, persipan fisik itu penting, kalo elo pada mau naek sama gue, jangan Cuma modal keril sama serem doang !! bla ..bla ..bla ...“ kira-kira seperti itulah kicauan saya. 

Sebenarnya untuk mempersipkan fisik sebelum mendaki sangatlah mudah, saya sertain ya : 

1. Lakukan senam ringan, seperti peregangan otot tangan, kaki, paha dan leher. 

2. Latih kekuatan : perut seperti sit up, kekuatan dada dan lengan dengan push up dan berjoging 2 kali seminggu selama 30-45 menit. 

3. Kalau masih kurang, bisa juga ditambah dengan mengangkat beban seperti barbell atau menjadi tukang pikul di pasar induk. 

Mudahkan, lebih asik lagi kalau dilakukan setiap hari, keuntungannya tubuh lebih sehat dan kondisi tetap prima. Kebetulan juga saat ini ada pelantikan anggota baru dan saya diundang lagi untuk pemaprasan tersebut. Kira-kira ngomelin lagi gak ya. haha …


Catatan :
Postingan ini terjadwal, saat anda membaca tadi, si penulis sedang pergi ke hutan untuk bertemu dengan monkey monkey yang lain, maaf bila sementara ini belum bisa membalas komentar dan blogwalkingan dulu ya, semoga dipahami, terima kasih...



Komentar

  1. Omnyaaaaa, dr dulu sy ada cita2 hiking tp gak kesampaian juga :(

    Sebenarnya sy jg takut sih, soale kurang begitu bisa menyesuaikan diri dg cuaca dingin. Dan lagi membayangkan kl sy ikut dn lebih banyak nyusahin mungkin yah, kasian rombongannya. ehehee... #malahcurhat

    BalasHapus
  2. betul sekali untuk mengurangi hal-hal yg tidak di inginkan.

    BalasHapus
  3. uuwwweeeeeiiisss...... mas stu-mon pimpinan pasukan hiking yaa ?? waah... waaahh.... tipsnya yang jadi tukang pikul ampuh sekali pasti..... selain melatih otot, bisa menambah biaya juga..... aahhahahaa.....

    BalasHapus
  4. Salam mas, buat monkey monkey yang lainnn... :D

    BalasHapus
  5. bukan hanya mountering aja, tapi swimming juga perlu persiapan fisik.

    Dulu ku nyebur ke 2 m karena gak persiapan ya. Kram

    BalasHapus
  6. keril itu apa sih artinya Mon ?

    membayangkan empat hari didalam hutan dan harus menghadapi badai hujan campur angin setiap harinya ...serem juga ya Mon .. kalau fisiknya belum siap tapi masih ikut mendaki

    BalasHapus
  7. gak tau kenapa , tapi menurut ane pengalaman ente kerenn banget bang ....
    semoga selamat ..
    ditunggu post selanjutnya ,, :D

    BalasHapus
  8. gue daptar, nyet...eh, sob! langsung masukin, ya! gk usah dimapras sgala! hahaha...

    BalasHapus
  9. waduh ... ini suguhan terus tapi tuan rumahnya lagi dolanan ampooon :D

    ya ya
    klo gitu
    saya tidak akan ikut mendaki or hiking
    karena saya malas melakukan semua itu
    apa sit up dll

    saya tunggu gambar2 dari hutan aja yah yah :D

    BalasHapus
  10. yaelah ending-endingnya jadi tukang pikul... ogah ah. .

    BalasHapus
  11. Saya baru sadar kalau saya suka naik gunung, sayangnya baru sadar sekarang, dulu terlalu serius belajar, jadi gk kepikiran naik gunung.
    Dan sekarang?
    Sudah nggak akan kuat :-)

    BalasHapus
  12. ....saya sendiri cukup yakin dan pede ama fisik dan stamina saya.

    Tapi....

    Saya belom pernah hiking! >.<"

    Jadi, belom teruji. :D

    BalasHapus
  13. cerita lucu pas hiking ane stumon. . .karena acara kantor jadi anggotanya orang2 kantor. . .bos2 kebetulan pada ikut, termasuk bosku, , ,yang paling nyleneh ya bosku, yang laen pake ransel eehh si bos pake koper tarik wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  14. @haris widodo
    Betul itu pak, paling ga ya ditekuk2 dikit tubuhnya :D *kebiasaan pemanasan sendiri, ga lebih dari 5 menit :P *

    BalasHapus
  15. @eksakweit, gak bisa, masuk sini kudu mapras, hehehe, ayo dong kita hiking bareng yuk :)

    BalasHapus
  16. @Ely Meyerkeril itu ransel lho mba.
    iya tuh makanya saya selalu cek fisik sekarang ini mba :D

    BalasHapus
  17. @Syamataharikalau begitu, mari kita hiking bersama, coba dulu yuk, dijamin deh langsung suka, hehe :D

    BalasHapus
  18. @'Kaito' Pasca Driyarkarahehe, betul, kalo sudah terkumpul uangnya kan bisa untuk biaya mendaki ya sob :)

    BalasHapus
  19. @haris widodobetul, semua kegiatan fisik butuh pemanasan dan persiapan fisik ya :)

    BalasHapus
  20. @nicampereniqueabis enak sih dolan2nya mba, mantab :D
    yah, padahal hiking itu menyenangkan lho #buat saya
    nanti gambarnya naek mba, #kalo udah di cuci ya, hehe :D

    BalasHapus
  21. @susu segarlho, kalo mikul duit, tetep gak mau ...

    BalasHapus
  22. @Harjolho, saya bingung nih, sadar apa suka ??? :D

    BalasHapus
  23. @Asoptenang sob, nguji fisik gak cuma hiking kok, hehe :D

    BalasHapus
  24. @Kaito Kiddhaha, pasti ribet ya, gak kebayang, wkwkwkwk :)
    emang sob, kalo hiking, selalu saja ada cerita lucu dan gak bisa di lupain ya :D

    BalasHapus
  25. Mantab , lanjutkan anak muda.

    BalasHapus
  26. keril itu ransel artinya ? bhs mana itu Mon ?

    BalasHapus
  27. @Unasudah sampai salam nya mba, terima kasih :D

    BalasHapus
  28. @EYSurbaktibegitu ya, padahal waktu itu ngos-ngosan lho sob, terima kasih ya atas do'a nya :D

    BalasHapus
  29. @Ely Meyerbahasa mana ya, ktanya sih inggris mba, tulisannya kali ya yang salah mba, hehe, maklum inggris saya drop abis :D

    BalasHapus
  30. Pasti udah balik kan? Gimana di atas?

    BalasHapus
  31. dicuci dulu?????????
    perlu deterjennya ga?

    errr

    BalasHapus
  32. thanks pokoknya infonya cukup bermanfaat khususnya untuk saya yang suka travelling :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fiersa Besari