Mencari Pesan Sang Ayah

Judul diatas adalah rangkuman atau kesimpulan dari film yang tadi saya tonton sob ... iya ... tulisan ini mungkin hanya review sebuah film, namun kita bisa mengambil makna dan pesan yang disampaikan setiap film. Setuju dong ... 

Film ini bercerita bagaimana seorang anak kecil yang harus hidup sendirian dan tinggal di lorong-lorong dinding  sebuah stasiun di Paris setelah ayahnya meninggal. Bocah lelaki itu tak sempat bertemu dengan sang ayah untuk terakhir kalinya karena sang ayah tewas terbakar di dalam sebuah gedung. Tentunya hal ini membuat ia sangat sedih, karena selama ini, ia hanya tinggal berdua dengan sang ayah, setelah ibunya pergi saat ia masih balita.

Demi mendapatkan jawaban akan teka teki kematian ayahnya, ia berusaha memperbaiki sebuah robot usang hadiah dari sang ayah, karena dia yakin, sang ayah menyimpan pesan rahasia di perangkat robot tua tersebut.

Kegagalan demi kegagalan terus ia dapatkan, belum lagi ia harus berhadapan dengan kepala keamanan stasiun yang selalu menangkap setiap anak kecil atau pemulung yang berkeliaran di area stasiun, hal itu membuat pencariannya semakin berat sob. Namun entah mengapa, perhatiannya tertuju pada sebuah toko service peralatan, dimana terdapat seorang kakek tua sebagai pemiliknya. Nah saat akan mencuri sebuah mainan ini lah ia tertangkap oleh pemilik toko tersebut yang akhirnya mengambil catatan yang pernah di berikan sang ayah.

Betapa hancur hatinya saat kakek tua pemilik toko mengembalikan buku catatan yang telah menjadi abu  karena dibakar, air mata tak terbendung lagi, segera saja ia menangis dan berlari. Padahal buku itulah yang dia percaya bisa mengantarkan ia pada misteri kematian ayahnya.

Beruntung akhirnya ia bertemu dengan seorang gadis cilik yang akhirnya ikut membantu dalam menguak misteri kematian sang ayah. hingga akhirnya semua pesan sang ayah dapat di temukan.


*** 

Film yang dirilis pada 23 November 2011 ini tergolong film baru sob, entah sudah tayang di teater disini atau belum saya tidak tahu, saya mendapatkannya juga dari mendownload di internet.

Berjudul HUGO, sama seperti nama bocah dalam peran film tersebut, film ini di perankan oleh Asa Butterfield, ChloĆ« Grace Moretz dan Christopher Lee, mungkin beberapa nama yang asing ya, karena mereka masih bocah. Tapi makna yang terkandung di film ini saya rasa sangat menyentuh sob.

Melihat bagaimana perjuangan seorang anak kecil yang mencari kasih sayang yang hilang dari seorang yang dicintai dengan sekuat kemampuannya. Membuat saya berpikir ulang. Bahwa beruntung sekali kita yang masih memiliki orang tua dan orang-orang yang kita sayangi di sekitar kita.

Mungkin pesan yang dapat saya ambil dari film ini adalah, jangan pernah menyia-nyiakan orang yang menyayangi kita, karena kita tak pernah tahu kapan maut akan datang menjemput. Kita yang meniggalkan atau kita yang akan ditinggalkan. Terima kasih. 


.

Komentar

  1. Idem sama pesannya om... kalo pilemnya saya belum nonton

    BalasHapus
  2. Waw... Aku pernah lihat film hugo ini, tapi belum sempet nonton.

    BalasHapus
  3. @SyamatahariSeru lho film nya, sono buruan nonton gih :D

    BalasHapus
  4. @Faizal Indra kusumaHarunya waktu lihat langsung nonton, #mekso :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu kan masi iklannya, belum ada di teater2, atau dvd, ataupun vcd. Jadi aku belum nonton. Mungkin kalo aku udah ada duit, aku mau nonton :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. emang gue burung? Kalo burung yang ada di uang 1000. Ok lah

      Hapus
  6. @haris widodokalo yang di uang gopean, mau ga ?? :D

    BalasHapus
  7. wah..keren kayaknya....memang dari jauh2 hari pengen nonton nich film....hehehe....nice info sobat...

    BalasHapus
  8. Setiap review film dari sobat SM, jadi pengen nonton filmnya :D

    BalasHapus
  9. Memang benar gan, seperti kata Squidward waktu mau dimasukin kawah, "aku bahagia dan bersyukur atas apa yang kupunyai, siapa yang tahu sampai kapan kita hidup," :D

    Jadi mesti sering2 nengok kebawah. :)

    BalasHapus
  10. Baru baca ulasan kamu saja, cukup membuat saya "sedih". Saya sangat tersentuh saat "buku" si bocah di bakar. Harus nonton nih. Bagus :D

    BalasHapus
  11. good review, sob! buat semua yg ayahnya masih ada, anggep beliau bener2 ada! dg cra mematuhi aturannya dan menjaga perasaanya! ;)

    jutaan jempol buat elo, sob! hehehe

    BalasHapus
  12. film yg hrs ditonton nih, harus donlot dl tapinya...
    makasih reviewnya mas stumon.. jadi kangen ayahku nih..

    btw tema postingan kita kali ini mirip pesan tersiratnya ya, manfaatkan waktu yg kita msh miliki utk berterima kasih pd ayah bunda dan org2 terkasih kita..

    BalasHapus
  13. filmnya belum pernah nonton.. tapi jadi penasaran.

    BalasHapus
  14. emank jago klo suruh review --"
    kmu seorang kritikus ya :3
    (lagi ngerayu)

    BalasHapus
  15. belon nonton nih bang ..
    hhe
    tapi kalo soal resensi abang dah jagonya .. haha
    bikin orang jadi pengen nonton
    hhehehe

    BalasHapus
  16. Belum nonton dan kudu nyari nih sedotannya hehehe :D

    BalasHapus
  17. @mrofiuddinwah, seru emang sob, apalagi setingannya tahun2 dulu :D

    BalasHapus
  18. @Marchia Diandrasaya juga sedih waktu lihat adegan itu mba, selamat menonton deh :D

    BalasHapus
  19. @eksaksetuju banget apa kata lo sob :D

    banyak amat tuh jempol ampe sejuta :r:

    BalasHapus
  20. @alaika abdullahiya, ya mba, postingan hari ini, tema kita sama ya :D

    BalasHapus
  21. @applausrhehey, selamat penasaran sob, silahkan di cari-cari filmnya :D

    BalasHapus
  22. @EYSurbaktibisa aja sob, sambil ngopi, nontonya tambah seru sob :D

    BalasHapus
  23. @elfarizibanyak kok sob sedotannya, tinggal bilang sama mbah google :D

    BalasHapus
  24. ternyata bro stumon juga tukang sedot filem, hehe...
    filem memang mempunyai banyak makna yg tersirat & tersurat dalam jalan ceritanya.
    sampai-sampai, banyak sekali skripsong yg membedah makna dalam filem.
    hmmm, filem Hugo nie settingannya jaman dulu ya?
    keknya seru nihh..
    jadi pengen nonton.

    BalasHapus
  25. @enhabetul sob, baruan dah sedot juga, jadi gak penasaran :D

    BalasHapus
  26. lapor, sob! baru pulang dr pngajian, nih! #songong #biarDikira #alim

    gimana? bapaknya dah ketemu? bhahaha

    BalasHapus
  27. @eksakmau tau ... nonton dong wew :D

    wuii ... ngaji apa tadi sob :)

    BalasHapus
  28. ngaji ilmu kanuragan, sob! mau tau ? sini ane salurin ilmu ane pake tnaga dalem! bhahaha

    BalasHapus
  29. Emang pesan rahasianya apa? Spoiler dong :P

    BalasHapus
  30. mana mana mana mana :(( :(( uwaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  31. @Faizal Indra kusumawokeh, ntar kalo punya duit ajak saya nonton ya =))

    BalasHapus
  32. kalau dah masuk dunia dunlut pilem gini...harus ikhlas deh,,,,nunggu ada yg ngasih file dlm Flask disk deh. hehehe

    BalasHapus
  33. @Ririe Khayanwew, asal jangan film yg aneh-aneh aja ya mba :D

    BalasHapus
  34. penasaran bgmn cara mereka berdua bisa menemukan pesan ayah itu ya ?

    Mon, memang beruntung mereka mereka yg skrg masih didampingi orang tua termasuk kamu Mon
    aku dha lama ditinggalkan ortu :(

    BalasHapus
  35. hmmm...nunggu yang mau ngasih film saja lah,soalnya kalo sedot filmnya kadang sering gagal,mambaca post ini saya jadi penasaran.
    Besok tak coba main ke warnet sajo lah siapa tau ada koleksi movinya disana...
    nice share sobat.

    BalasHapus
  36. @Ely Meyeriya mba, semoga kami bisa membuat mereka bahagia dengan menyayangi mereka ya :D

    BalasHapus
  37. @de hoppussilahkan di cari-cari ya, hehe, terima kasih :D

    BalasHapus
  38. Belum nonton nih. Tar kalau ada waktu ngunduh deh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fungsi Dari Gelas