Template Default Senior Blogger

Panjang ya judulnya, sebenarnya sebelum ini lebih panjang lagi judulnya, malahan sampe tiga baris, abis bingung sih, mau bikin judul apa untuk posting yang satu ini. Akhirnya dari semua judul yang saya buat, judul diataslah yang terpilih untuk memimpin postingan kali ini, hore… !!! 

Seperti beberapa postingan terdahulunya, saya ingin mereview lagi sebuah blog yang saya pikir keren, tapi kira-kira ngreview blog yang satu ini tengsin gak ya. Soalnya saya agak grogol, eh grogi gitu, yang mau direview blogger senior, ya, senior buanget, beliau itu sudah berkecimpung didunia blogger sejak tahun 2000, wew, tahun segitu megang keyboard aja masih pletak pletuk saya, hehe. 

Wah intronya kebanyakan, langsung saja ya, blog yang satu ini milik seseorang yang kita kenal juga dengan URL http://www.kombor.com/ , Kenal dong, dikelola oleh admin yang dikenal dengan nama Kang kombor menjadikan blog ini istimewa, saya katakan istimewa, lihat saja isi kontennya, hampir 85% berisi pelajaran/tutorial bagi para blogger terutama blogger “bodoh” kaya stupid monkey ini, itu baru konten lho. 

http://www.kombor.com

Kang Kombor juga terbilang ter up date lho, apalagi seputar blog, lihat deh konten yang kemarin tentang tambahan fitur baru dari blogger yaitu Threaded Comments, beliau langsung mengabarkan lewat postingan blognya dan juga di posting di vivanews.com lho. Beruntung saya bisa tahu. 

Selain itu dia rajin blogwalking dan memberikan masukan di kotak komentar blog yang dikunjunginya atau di http://www.kombor.com/, tapi ada satu yang saya gak abis pikir, tau gak kenapa, secara … gi to lho, blogger senior tapi kenapa template nya itu tetep pake default nya blogspot. Pasti ada maksudnya, apa kang maksud dari semua ini ?? 

Tapi kita jangan liat dari sisi template saja, lihat deh page rank nya di si mbah google, wow … ajib bukan, sekalian juga tuh liat rank alexanya, hmmm … kang ajarin dong caranya. 

Untuk kombor.com saya berikan review alexa.com bintang 5

Bicara iklan, disana kita akan melihat dengan jelas bannernya http://idblognetwork.com/ terpampang besar dibawah bagian header. Rupanya kang kombor juga berniat menghasilkan dolar di dunia blogger ya, tapi dijamin lho, gak akan ditemui satupun iklan pop up yang suka sliwar sliwer mengganggu pengunjung, disana itu simple banget, dan iklannya terpasang dengan tertib disetiap area template. 

Kalau diteruskan kebagian footer, anda akan temui tokonya kang kombor, hmmm … banyak juga lho itemnya, kang saya promosiin nih, jangan lupa komisinya ya, hehehe. 


Tapi liat deh headernya ada tulisan “catatan digital dari desa” apa maksudnya ya ?? terus saya liat juga dua situs lain yakni, http://www.topibambu.com/ dan http://www.caturharjo.com/ punya kang kombor juga ya ???

Bagi yang gak percaya langsung saja deh meluncur ke http://www.kombor.com/ untuk menyaksikannya langsung, untuk kang kombor maaf lho kalau blognya saya review tanpa ijin, sukses selalu, salam blogger dan terima kasih


.

Komentar

  1. kang kombor itu senior dalam dunia blog. saya pertama tahu, ketika awal belajar ngeblog baca buku yang di tulis oleh Sus Hardianto tentang pembuatan blog yang dibeli di Gn agung selalu menyebut-nyebut nama kang kombor, mengenai themplate kalau tidak salah tahun 2011 lalu kang kombor itu pakai wordpres, tapi sekarang bertemu di kanal vivanews jadi bogspot?

    BalasHapus
  2. tahun 2000 gue masih berumur 4 tahun.

    BalasHapus
  3. @ASAZbetul sekali, makanya semua itu butuh penjelasan, coba nanti kita simak penjelasannya, tadi saya sudah mengundang beliau kesini, semoga saja ada kejelasan ;)

    BalasHapus
  4. @haris widodotapi udah ngeblog ??? wew, hebat dong itu mah, hehe "piss"

    sob, bukannya gak mau berkunjung, tapi saat saya blog anda anti virus saya akan langsung memblokirnya, mungkin ada sesuatu di blog anda, silahkan di cek ;)

    BalasHapus
  5. makin sepuh biaanya makin tawar terhadap penampilan sob, makanya kenapa template tetap sederhana gitu :), hanya dugaan saya saja ini sobat..

    BalasHapus
  6. blogger mengulas blogger. ini pertanda dunia blog semakin sehat, kang. saling menghormati, saling menghargai satu sama lainnya. akang saya angkat jadi menteri kebijaksanaan dah :D. patut dicontoh ni, ide akang. maksudnya, boleh juga blog ane direview jg :D :D. just joke kang

    BalasHapus
  7. Wah... nggak dinyana ini to maksud komentar "saatnya berkomentar di stupidmonkey". Terimakasih, Bro, saya jadi malu nih...

    Baiklah, saya akan coba menjelaskan beberapa hal yang diulas di atas.

    Soal Template

    Dulu saya senang sekali ngoprek-oprek template. Bahkan, saya lebih senang menggunakan template bikinan saya sendiri. Akan tetapi, sejak kembali lagi ke Blogger pasca webhosting saya kena tangguh untuk kesekian kalinya (medio 2011 kalau tidak salah), saya merasa bahwa bagi saya sudah tidak waktunya lagi pakai template yang aneh-aneh walaupun itu bikinan saya sendiri (dengan memodifikasi template lain yang sederhana). Saya merasa cocok dengan template yang sederhana ini. Penyesuaian hanya saya lakukan dengan membuat Judul dan Deskripsi blog ber-alignment center. Aslinya kan rata kiri (left-aligned).

    Monetasi Blog

    Saya melakukan monetasi blog untuk sekedar pengganti beli domain saja, bukan untuk kegiatan utama. Dari 2008 - akhir Juli 2010 saya bermain adsense. Pernah payout juga sih, walaupun nggak banyak. Di-banned adsense dua hari menjelang PI pada akhir Juli 2011.

    Iseng jadi makelar amazon per 2008 juga awalnya karena dulu Kang Rofi Grandiosa yang main amazon duluan bisa menjual beberapa produk. Karena belum tahu jalannya, amazon lama tidak saya sentuh. Baru 2009 saya iseng autoblog pakai wordpress dan mulai ada kemajuan. Sekarang masih jalan autoblog itu hanya karena sejak webhosting kena tangguh, saya hosting di 000webhost yang ternyata susah sekali diindeks oleh Simbah, penjualan belum ada lagi. Too bad...

    Untuk IDBN, saya termasuk yang baru ikutan sekitar September lalu. Belum pernah payout. Pendapatan baru ada sekitar 1900 kayaknya, hahaha... Ya, siapa tahu nanti kalau blog bisa ramai mudah-mudahan ada pendapatan :)

    Untuk Toko Kang Kombor, itu sebnarnya contoh dari sebuah posting saya tentang cara membuat toko online semi otomatis dengan Blogspot dan Formulir dari Google Docs.

    Page Rank dan Alexa

    Itu bukan segalanya, Bro. Sayangnya, segalanya butuh PR dan alexa, hahaha...

    Bukan mau sombong sih, domain kombor.com dulu pernah PR5 dan alexa 90ribuan. Sayang karena Kang Kombor sibuk pada pekerjaan, blog sempat tidak terurus sampai hampir setengah tahun. Mulailah alexa rank turun. Penurunan tertinggi saat pindah ke Blogger lagi. September 2011 alexa rank ada di angka 8jutaan. Saya nggak cemas. Saya ngeblog nggak ngejar itu. Dulu waktu pertama ngeblog juga gak kenal PR dan alexa. Eh, tapi kalau PR dan alexa bisa tinggi ya disyukuri ya. PR2 didapat setelah update PR terakhir. Sebelumnya PR0 kemudian PR3 sekarang PR2. Biarin saja...

    Situs Lain

    1. TopiBambu.com, website Komunitas TopiBambu di Tangerang yang saya dirikan bersama beberapa narablog Kabupaten Tangerang pada awal 2010

    2. Caturharjo.com, baru Desember lalu saya akuisisi domainnya. Ini hanya hal kecil yang dapat saya lakukan untuk desa saya tercinta. Sudah mengajak Karang Taruna Desa Caturharjo via ketuanya untuk ikutan mengelola tetapi belum tergerak... Sedihnya.

    3. BlogDuit.com. Yah, silakan simak saja sendiri apa isinya. Sudah lama saya tidak update.

    Tutorial Sederhana

    Itu adalah salah satu kelemahan saya. Saya tidak dapat membuat tutorial yang rumit-rumit karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan saya. Saya suka yang simple/sederhana makanya tutorial pun saya buat sesederhana mungkin agar mudah diikuti oleh siapa pun.

    Mungkin itu yang bisa saya sampaikan. Untuk Stupid Monkey, terimakasih sudah berkenan membuat tinjauan untuk blog saya :msembah: Saya sangat mengapresiasi hal ini.

    BalasHapus
  8. @ASAZ

    Wah, masa sih saya disebut-sebut di buku itu?

    Saya pertama kali ngeblog pakai Blogger, 2004 pakai WP sampai 2011. Pakai WP pindah hosting sudah 5 kali kena suspend terus. Mungkin karena blog saya ramai dan shared hosting jadi terkuras resourcenya untuk blog saya, hahaha... (kidding). Akhirnya saya kembali ke Blogger lagi agar nggak mikirin webhosting.

    Demikian, Pak Guru. Gembira bisa mengenal Pak Guru sebagaimana saya mengenal Pak Urip dan Pak Sawali. Dengan kedua narablog guru itu saya pernah berjabat tangan, bertatap muka dan ngobrol. Mudah-mudahan dengan Pak Asaz nanti juga bisa.

    BalasHapus
  9. @Kombor

    Oh ya satu lagi soal tagline "catatan digital dari desa", saya memilih itu karena sekarang saya tinggal di desa. Sebelumnya saya sempat pakai "cerita dari desa" tetapi sepertinya kurang asyik. Biar kelihatan orang desa juga ngerti dikit-dikit dunia digital maka saya ganti jadi catatan digital dari desa. Mengapa catatan digital? Ya karena catatan itu berupa bentuk digital: teks, image, video...

    Tapi cerita tentang desa juga masih ada kok karena saya memang orang desa dan sangat menikmati hidup di desa yang penuh dengan keramahtamahan yang tulus.

    BalasHapus
  10. @Tonnys

    Dugaan Mas Tony ada benarnya. Semakin tua niatnya saya semakin fokus pada isi saja. Kalau isinya ternyata hanya begitu-begitu saja, itu semata-mata karena dangkalnya pengetahuan dan pengalaman saya, Mas. Mohon dimaafkan ya.

    BalasHapus
  11. Wah, yang diulas menjelaskan lebih banyak daripada artikelnya. Hehehe... :)

    Beruntung saya bisa bertemu langsung kang kombor di kopdar KBJ. Hehehe...

    BalasHapus
  12. @Komboramin ...

    lho perlu dibedah tuh buku rupanya, hehe ;)

    BalasHapus
  13. @Komborternyata kang kombor tetap merendah nih, sodara-sodara, 'piss' ;)

    BalasHapus
  14. @Siswantowew, kirain kelakuan saya yang mau dicontoh, hehe 'ge er saya nya'

    tapi soal saling menghormati dan saling menghargain, itu sudah keharusan lho bagi setiap individu, mari budayakan intelektual ;)

    soal review, hmmm ... siap2in aja sajennya dulu, ok, wew,hehe ;)

    BalasHapus
  15. @KomborJelas sudah sekarang semuanya, terima kasih kang sudah mau menjawab pertanyaan yang merepotkan tersebut, terus terang hal ini adalah salah satu cara saya untuk belajar, terlebih duania maya itu kan harus menggunakan "peta" agar tidak tersesat.
    Dalam hal ini anda adalah "peta" saya, sekali lagi terima kasih sudah memberikan banyak pelajaran hari ini, semoga esok dan hari-hari berikutnya lebih banyak laagi pelajaran yang bisa diambil dan dimanfaatkkan, amin ;)

    BalasHapus
  16. @I2-HarmonyPasti seru ya sob, bertemu dengan senior blogger secara langsung,;)

    BalasHapus
  17. Eh cieee kang kombor masuk tipi, eh salah... masuk blog manki :) #mdrcct

    Saya pun saya pun, suka main ke blognya kang kombor yang simpel tapi informatif itu. Belum lama sih tapi lumayan betah. Dapat linknya dari blog mas suryaden malah.

    Mas manki baik deh... selamat hari minggu :)

    BalasHapus
  18. @Stupid monkey ahahaHah, udah kayak pereskompres nih kolom komennya

    BalasHapus
  19. @sYammasa seh mba, tapi nanti kalau maen lagi ke tempatnya kang kombor, sekalian bawamkopi, teh, sama cemilan ya, biar tambah betah maennya, hehe ;)

    selamat hari minggu juga mba sYam ;)

    BalasHapus
  20. @sYamhaha, efek dari kebanyakan gaul sama mereka kali,mba ;)

    BalasHapus
  21. stupid monkey hebat yah kalo nge-review..

    GOOD

    BalasHapus
  22. kang kombor n stupid monkey is the best lah pokonya :)

    BalasHapus
  23. Mantap sekali reviewnya mas :D
    Ya, saya sudah tau blog kang Kombor dari teman yg sesama blogger Banten. Beliau salah satu panutan blogger yang bisa terus konsisten. Semoga kita bisa menimba ilmu dan inspirasi dari beliau.

    BalasHapus
  24. @haris widodowew, sobat haris ini bisa saja bikin saya "ge er" nih. hehe ;)

    BalasHapus
  25. @DarinAmin, semoga saja beliau terus mencrahkan perhatiannya dan membagikan ilmunya kepada kita semua ;)

    BalasHapus
  26. wah ane loem terlalu familiar ama kang kombor kenalnya OOM juda kang Rohman tapi pernah sich dengar namanya

    BalasHapus
  27. @Wahid Sahiduwah, kang Rohman sama oom juda juga master senior blogger, saya juga banyak belajar dari beliau-beliau ;)

    BalasHapus
  28. aku kagak pernah mikirin design template yang bagus & elegan,yang paling penting menurut saya adalah ketika content yang kita sajikan bisa berguna buat readers secara keselurahan tanpa terkcuali itu yang terpenting

    BalasHapus
  29. @Stupid monkey terimakasih atas infonya yang telah memberi tahu tentang masalah google chrome dan anti virus. Saya memang jarang menggunakan google dan anti virus jadi tidak tahu menahu masalah yang dihadapi blog Saya. Sekali lagi terimakasih banyak sob.


    Kalo boleh tanya, kenapa blog saya bisa jadi seperti itu? Mohon bantuannya, saya blogger newbie. Thanks

    BalasHapus
  30. @haris widodomungkin ada script dari sniny.org yang di index sebagai virus, karena katanya dari sana terdapat saluran virus, mungkin itu sob, saya juga masih menebak, mungkin cek lagi apakah ada script yang berasal dari sana, kalau ada coba di buang dulu, lalu nanti di cek lagi.

    itu dulu mungkin yang bisa saya beritahukan. ;)

    BalasHapus
  31. @Andybetul sekali sob, yang terpenting adalah penyajian konten, tapi template anda juga bagus lho ;)

    BalasHapus
  32. Sebagai newbie, saya harus banyak belajar nih dari mereka, apa kabar, maaf baru berkunjung lagi ;)

    BalasHapus
  33. @Achmad Sugitobelajar terus pantang mundur, kabar baik sob, u, gmn kbr nya ??

    BalasHapus
  34. @Beben Kobenwah, sapaanya akrab banget tuh kayanya ;)

    BalasHapus
  35. @Stupid monkey Baru tau blognya jg sekarang dari postingan ente :D
    Biasalah, beben koben si bloglang anu ganteng kalem tea orangnya memang ramah & ngangeunin...hihihi

    BalasHapus
  36. Yuk ah, bertandang ke blogger2 senior yang lain. Buanyak! :D

    BalasHapus
  37. @Ely Meyerlho .. kan beliau memang selamat mba ;)

    BalasHapus
  38. @Asopyuk, emang masih buanyak sob, salah satunya anda, hehe ;)

    BalasHapus
  39. @Stupid monkey

    Bukan begitu, Bro. Pengetahuan saya memang masih terbatas.

    BalasHapus
  40. @Stupid monkey

    Saya juga banyak belajar dari sini dan dari blogs yang lain. Kita saling belajar sati sama lain kok.

    BalasHapus
  41. @I2-Harmony

    Mudah-mudahan kita bisa terus bertemu pada kopdar KBJ selanjutnya, Bro.

    BalasHapus
  42. @Stupid monkey

    Setuju. Agam juga the best.

    Kapan ya bisa ngobrol lagi dengan Agam di Mardi Grass?

    BalasHapus
  43. @Darin

    Thanks for your compliment, Mas Darin. Saya juga sering belajar di blog Mas Darin walaupun sebagai silent reader. Andi Sakab sering menyebut nama Sampeyan, hehehe.

    BalasHapus
  44. @Wahid Sahidu

    Salam kenal Om Wahid. O-OM dan Kang Rohman memang top. Dengan O-OM saya dulu acap tukar komentar di blog.

    Dibanding kedua Blogger itu sih saya memang tidak ada apa-apanya.

    BalasHapus
  45. @Beben Koben

    hi, too Om Beben Koben. How do you do?

    BalasHapus
  46. @Ely Meyer

    Trims, Mbak Ely. Selamat juga buat Mbak Ely.

    BalasHapus
  47. @sYam

    Om Manki memang luar biasa, Mbak.

    BalasHapus
  48. wow blog senior XD
    super sekali~

    BalasHapus
  49. Hmmm...
    Tahun 2000 saya lagi sibuk apaan, ya?
    Kayaknya kenal komputer saja belum...
    Ternyata sudah ada yang blogging...

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fungsi Dari Gelas