Si Pengganggu Blogger

Sebenarnya hal ini sudah terjadi dari dahulu kala, bahkan saat computer sudah mulai mendunia dan dunia blog sudah ramai dimiliki oleh individu. Si pengganggu ini terus saja mengganggu, namanya juga pengganggu,wew. Yang saya maksud dengan si pengganggu adalah virus, ya virus, namun yang satu ini menempel pada blog, saya yakin setiap blogger yang terjangkitnya akan dibuat pusing. “ingat tragedi blogdetik”. 

Kenapa begitu, tentu dong, karena aktifitas virus yang sudah menjalar di dalam tubuh blog, dia akan menunjukan reaksinya yang menimbulkan kerugian bagi si pemilik blog tersebut. kerugiannya pun bermacam hingga nantinya tidak dapat diakses. 

Tadi saya menemukannya lagi lho, ceritanya saat akan berkunjung ke tempat salah seorang sahabat blogger yaitu haris-widodo.blogspot.com, ternyata anti virus yang setia menemani saya ngeblog setiap harinya menunjukan kasih sayangnya, di muncul seraya berteriak “Awas Boss Ada Virus”. Nah lo, tidak hanya sampai disitu saja, karna Chrome yang saya gunakan sebagai browser juga ikut berteriak dan menunjukan kata-katanya, begini yang dia katakan. 

Klik untuk memperbesar gambar

Padahal saya sudah siap bertandang ke blog haris-widodo.blospot.com dengan persiapan matang, sudah mandi dan pake parfum segala lagi. Kalau sudah begini mau bagaimana lagi, bingungkan. 

Akhirnya dengan hati deg-degan saya coba untuk menonaktifkan asissten setia saya itu “anti virus” lalu saya juga menerobos chrome dengan warningnya dan tiba di tempat haris-widodo dengan tergesa-gesa seraya langsung menuju kotak komentar untuk mengabarkan tentang virus tersebut. 

Bagi sobat blogger sekalian saya minta masukan dan pandangannya dong, bagaimana cara mengatasi virus tersebut, harapan saya kita bisa belajar dari sini, terima kasih.


.

Komentar

  1. Tadi pagi aku baca kok reply mas manki di komentarnya haris widodo yg beritahu kl di blog dia ada virus. makanya waktu td haris masuk ke blog aku sy gak langsung berkunjung balik ke blognya dia. takut ada apa-apa.

    BalasHapus
  2. baru tau ana mah. . .gawat juga yah

    BalasHapus
  3. sama baru tahu juga ada yang beginian.

    *duduk manis menunggu penjelasan selanjutnya*

    BalasHapus
  4. dulu blog ku, juga pernah kayak gini, intinya situs ini berbahaya katanya

    BalasHapus
  5. waduh..bingung juga sob, apalgi pemula seperti saya, justru dari artikel baru tau ada virus blog, belum tau juga gimana cara dia nyusup ke blog kita, jadi pertanyaan saya, apakah begitu kita masuk ke blog itu, langsung kena virus atau klo setelah ngasih komentar? kasihan juga sobat blogger yang kena virus itu sob, bantu doa aja saya sobat :)

    BalasHapus
  6. @Syam Matahariiya mba, memang galat itu terjadi tadi pagi ;)

    BalasHapus
  7. Blog ini ya http://haris-widodo.blogspot.com!!!
    Sy kurang paham juga mengenai pirus and friends? Tp yg sy tau, bila kt memakai salah satu produk antivirus, maka kinerjanya yaaa apa yg ada didalam antivirus yg kalian pilih?
    Sehingga, yg bukan virus jg bs terdeteksi sbg virus? Contohnya encrypt script?

    Jadi bs sj itu mmg virus, bs jg tidak. Karena sekali lagi nih, bagi yg sudah paham mengenai virus, anti-virus itu yg menyebabkan adanya virus!!! Bingung ya!

    Dan warning yg diberikan oleh salah satu produk antivirus kadang2 memang membuat orang selalu bertanya-tanya dan selalu yg membuat orang segan sekali dalam mengunjungi blog itu (kasus penulis)

    Yaaa cermat sj deh :D

    BalasHapus
  8. luar biasa..
    artikel yg menarik..
    aku sudah follow blognya.

    aku tunggu followbacknya yah.. thank you..

    BalasHapus
  9. aku malah mau tanya ke kamu Mon, krn sempat beberapa hari lalu anti virusku berbunyi saat aku buka beberapa blog sekalian tapi nggak tahu dr mn datangnya, untung suamiku ada di samping langsung dihandle, aku khan nggak ngerti apa apa ttg hal ini ya.... bbutuh 3 jam an lebih suamiku mengembalikan program yg tiba tiba mau lenyap .. aduh .... bayangkan kalau saat itu suamiku kerja , apa jadinya wong aku msh gaptek :(

    btw, itu si Nique bilang di blogku kalau dia katanya sulit masuk ke blogmu, tahu knp ? coba kasih tahu ke blognya si Nique ya, thanks

    BalasHapus
  10. Hmmmmm sekarang saya coba ke blog Harris itu bisa diakses via Mozilla di Mac. Gak ada masalah. Apa sudah diperbaiki? :)

    Benar kata Beben Koben, peringatan yang begitu gak mest virus. Biasanya ada peringatan begitu karena ada link atau script di halaman blog yang dianggap berbahaya (malware). Bisa jadi benar atau bisa jadi salah. :)

    BalasHapus
  11. hei semua tenang, sang tersangka sudah datang!

    Ok, saya jelaskan.

    1. Saya sebelumnya sudah pernah mengalami hal yang seperti ini, karena pada waktu itu site saya pasang mp3 yang sama kayak tadi. Dan itu dari mP3.A

    2. Untuk masalah yang satu ini, saya juga agak terkejut. Setelah saya mendapat info dari pemilik blog ini yang baik hati. Saya langsung ke tkp. Dan saya berhasil menghapus-nya, ternyata penyebabnya berasal dari www.sniny.org dan saya hapus semua konten.

    3. Google chrome sangat sensitif akan hal ini, tetapi setelah saya telusuri ternyata penyebaran virus itu tergolong rendah dan dapat mudah dihapus jika telah pergi dari web induk yaitu www.sniny.org

    4. Mungkin sekarang udah bisa di akses lagi melalui google chrome karena udah saya hapus. Dan yang masih takut sebaiknya jangan dulu. Karena saya melakukan control blog melalui Hp jadi agak sulit mengetahuinya. Oleh karena itu mohon bantuannya.

    5. Yang kelima saya mohon bantuannya. Jika kalian menggunakan google masih ada peringatan kayak tadi. Segera contact saya di facebook biar lebih aman! Please help me.

    Fb: Haris Widodo
    e-mail: hariezg@gmail.com

    BalasHapus
  12. @Kaito Kiddhe eh, semoga aja bisa cepat ketemu solusinya ya ;)

    BalasHapus
  13. @Tonnyswew, iya sob, berdo'anya yang khusyu ya, biar cepet selesai masalhnya ;)

    BalasHapus
  14. @SDF-TYU-JKL-VBNok. saya juga sudah follow back n sukses ;)

    BalasHapus
  15. @Ely Meyerwaduh, untung bisa terselamatkan ya mba, syukur deh kalau gitu,

    terima kasih mba informasinya, saya akan langsung ke TKP ;)

    BalasHapus
  16. @Asopsemoga aja cuma script ya sob ;)

    BalasHapus
  17. @haris widodook sob, tadi saya sudah coba, sudah bisa akses sih, tapi masih ada sedikit lagi masalah, mungkin harus di lihat dengan pc ;)

    BalasHapus
  18. hadeh.....problem baru atau memang saya yang gaptek ya.
    bisa ngeri juga tuh.tapi mudah2an kalau kita selalu update,kejadian itu nggak bakalan terjadi.

    BalasHapus
  19. @juanx criexyep, semoga saja dengan saling berbagi informasi, wawasan kita terus bertambah dan kejadian seperti ini bisa mudah diatasi ;)

    BalasHapus
  20. ada haris widodonya hehe berarti benang merahnya udah ketahuan ya :) # utk lbh berhati hati

    BalasHapus
  21. @Yayack Faqihsyukurlah bisa segera diatasi sob, mungkin ini bisa diambil pelajaran ;)

    BalasHapus
  22. Kalo blogspot biasanya karena pemasangan widget atau template yang rentan terhadap injeksi skrip. Kalo wordpress biasanya emang karena theme atau hosting yang kurang aman sehingga bisa disusupi.

    Mungkin itu sedikit gambaran penyebabnya. :)

    BalasHapus
  23. waah, baru tau yang beginian nih!!!
    nice info :)

    BalasHapus
  24. mungkin gak klo si antivirus salah mendeteksi?..atau trlu sensitif...?
    cz ana sring bgtu tp kejadiaanya sama ziddu

    BalasHapus
  25. itu menang scriptnya. Tapi skrng udah aman lagi. Emang google chrome yang sensitif tapi itu bagus juga.

    BalasHapus
  26. Saya waktu masih pakai self-hosted wp juga pernah mengalami. Memang blog saya waktu itu di-hack dan disuntik script si hacker. Semua halaman index.php disuntik sama dia.

    Kalau mengalami seperti itu sebaiknya cari tahu apa yang membuat blog kita dikategorikan attack site. Saya juga dulu dari situ mencari virus pengganggunya.

    Untuk blog Haris Widodo saya buka pakai ff dengan microsoft security essentials tidak ada peringatan attack site kok.

    BalasHapus
  27. kalo saya sarankan untuk mengatasi virus itu pakek linux gan bukan pakek ubuntu
    soalnya yang saya tau virus apapun yang ber aktivitas di windows kalo kita pakek doble boot windows dan ubuntu kita bisa liat virus tersebut
    soalnya saya kan sekarang pakek doble boot
    yang windows buat ngegame, ngeblog, wes pokoknya banyak
    dan yang linux ubuntu buat kerja ,hahahahah gitu gan

    BalasHapus
  28. saya ucapkan terima kasih kepada sobat blogger semua, yang sudah memberikan masukannya untuk permasalahan ini ;)

    BalasHapus
  29. @ocktawah, siip ini masukannya, perlu di coba, thanks udah share ;)

    BalasHapus
  30. @Komborbetul kang, kalau pakai essentials gak ada masalah, tapi pakai avas terjadi galat dan chrome juga mengatakan begitu, terima kasih atas masukannya ;)

    BalasHapus
  31. @I2-Harmonyterima kasih atas informasinya sob ;)

    BalasHapus
  32. CMS dari blogspot bisa disusupin virus juga ya, baru tau. Kirain cuma WP aja yang banyak penyusupnya.

    BalasHapus
  33. Jadi penasaran mas, sebenarnya blog bisa kemasukan virus itu karena apa ya?

    BalasHapus
  34. komputerku kemarin kena virus lagi Mon .... ampun jengkel aku, untung suamiku bisa mengembalikannya lagi sekitar 1 setengah jaman. kali ini aku tahu persis dari siapa virus itu walau anti virus di komputerku nggak bunyai, aku hanya tahu saat mau memberi komentar di blog itu malah ke blog iklan, pertama aku langusng pergi dari blog itu, terus ke dua kali aku coba memberi komentar ke blg itu krn dia telah berkomentar di blogku, juga nggak bisa karena di blog iklan lagi, kali ini iklan itu berupa virus, apes ndka kalau sdh begini Mon, aku jadi agak nggak nyaman kalau mau
    blogwalking utk berkomentar balik ke org yg telah berkomentar di blogku .... ada saran buat aku nggak Mon ? trims sebelumnya

    bta, ada juga Mon, teman blogger yg sekarang nggak bisa ngeblog beberapa hari krn laptopnya kena virus, kasihan sekali ya, aku termasuk beruntung krn suamiku bisa langsung menghilangkan

    BalasHapus
  35. @dinnenonamanya juga virus sob, kemana aja dia mah, tujuannya juga banyak, ;)

    BalasHapus
  36. @Leo Ari Wibowokurang jelas juga sob, tapi lagi2 namanya juga virus, mungkin dari script juga bisa :)

    BalasHapus
  37. @Ely Meyerwah, kasihan juga ya mba temannya, saya juga masih kurang jelas sih soal virus, namun untuk menangkalnya kita bisa gunakan anti virus dikomputer kita yang sudah ter update rutin, kalau soal berkunjung ke blog yang mengandung virus, mungkin jangan dulu mba, takut jebol lagi tu kompi, mendingan kirim aja pemberitahuan lewat emailnya.

    Kemungkinan pemilik blognya tidak sadar telah terjangkit, jadi bisa jadi informasi berguna bagi dia, :)

    kira-kira begitu kali ya mba ;)

    BalasHapus
  38. @Stupid monkey iyaa :(
    seperti kena malware padahal enggak tuh~

    BalasHapus
  39. thanks Mon, aku bingung juga sih, krn aku nggak ngeh soal spt ini, takut juga kalau orgnya kuberitahu malah marah marah, khan nggak semua blogger sama ya Mon

    btw, komentar di postingan terbaruku memang baru akan aku munculkan sebelum aku posting cerita terbaru Mon, biar tahu pendapat blogger satu persatu ttg award

    BalasHapus
  40. Boleh saya ikut nimbrung menjelaskan Mas?
    Ini berdasar pengalaman saya. Saat itu Blog saya juga ada Warning bahkan tak bisa diakses oleh Chrome sedangkan Firefox no problem. Warningnya persis sama dengan capture sobat di atas. Saya baca dari warning tersebut bukan ada virus di blog, akan tetapi diblog saya ada link keluar menuju ke situs yang dianggap berbahaya menurut google. Dan didalam warning tersebut juga kita diberitahu situs mana yang dimaksud. Setelah saya check ternyata itu banner ukuran 80x15 untuk create backlink, diantaranya 1000 Baclink, Sinny dsb... Setelah saya hapus itu banner, blog saya normal bisa diakses chrome.

    Tiga hari kemudian, pembaca setia saya juga minta tolong kepada saya penyebab blognya nggak bisa diakses oleh chrome. Setelah saya akses dg chrome ternyata kasusnya sama dg punya saya, lalu saya anjurkan untuk menghapus itu Banner. Dan alhamdulillah bisa normal kembali.

    Dengan kejadian ini saya ambil pelajaran untuk berhati2 pasang banner create backlink.

    Happy blogging

    BalasHapus
  41. @Sakahayang Kang Asepwah dengan senang hati sob, terima kasih atas penjelasannya,

    Betul, kasus serupa lah yang kemarin ditimpa kepada sobat haris widodo, ternyata ada script yang tidak disukai oleh crome.

    terima kasih atas penjelasannya ya sob ;)

    BalasHapus
  42. @Ely Meyersama-sama mba, tapi saya kira dia gak akan marah mba, itu info berguna untuk dia, tapi gak tau juga sih, hehe, namanya juga orang ;)

    oh, gitu ya, berarti saya yang kecepetan, wew ;)

    BalasHapus
  43. maksudnya virus nempel terus di blog aku baru tahu dikira saya virus itu hanya ada di software atau harware komputer saja, jadi ngeri ya

    BalasHapus
  44. Hmmm... selama saya menghilang, saya belum pernah ke blognya Harris... Jadi nggak tahu...

    BalasHapus
  45. @asazvirus itu bisa kemana saja sobat, tapi gak usah takut, yang penting kan pertahanan kita kuat, so okeh2 saja ;)

    BalasHapus
  46. saya juga mengalami hal yang sama untuk tulisan yang mana tadi ya lupa :( ga jadi komen deh di sana ...
    tanya kenapa? ga tau saya hehehe *ditimpuk*

    dah ya borongan komennya, besok2 lagi borongan klo dah banyak postingannya hehehe *basi dong Ni, gpp lah *

    BalasHapus
  47. makasih ya gan untuk infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Fiersa Besari