Faktor Penunjang Introspeksi

Beberapa hari yang lalu saya banyak sekali membaca beberapa blog yang menuliskan resolusinya untuk tahun 2012, dan beberapa point diantaranya terdapat kata introspeksi, yang mengartikan evaluasi dari apa yang telah terjadi dan dilalui. Namun saya tidak melihat satu pun teknik dan cara bagaimana melakukan introspeksi, jadi dengan tulisan kali ini saya hanya ingin menambahkan saja, dan saya pikir yang lain mungkin setuju, bagaimana, akurrr !! 

untuk mendapatkan hasil yang baik dalam melakukan introspeksi, menurut saya ada beberapa hal, yaitu ; 

1. Tempat dan tema 

Tentukan tempat yang membuat kalian nyaman untuk melakukannya, tentunya batasan nyaman itu sangat luas yah, jadi definisinya terserah masing-masing saja deh. Kenapa tempat harus nyaman? karena eh karena factor ini sangat menunjang dalam melakukan instropeksi, mungkin bisa pergi ke Bali, Hongkong, atau pergi ke negri antah brantah lainnya, tapi kalau boleh dan diijinkan, stupid monkey mempunyai beberapa masukan untuk tempat yang nyaman ini, yaitu : 

a. Kamar Mandi 

Walaupun bernama kamar mandi, tapi kamar yang satu ini juga dapat digunakan untuk aktifitas lain, ya salah satunya menunjang untuk introspeksi. Percaya deh, selain tempatnya dekat dengan air yang tentunya membuat tubuh bisa lebih dingin, cara berpikir otakpun akan lebih focus, kalau mau tahu , tulisan ini juga idenya berasal dari sana. 
Gambar by minimalisdesign.com
b. Puncak Gunung 

Dengan tinggi permukaan tanah dan relative sepi, dengan udara yang sejuk dan lebih dekat dengan langit, puncak gunung menjadi tempat favorit stupid monkey untuk introspeksi.
Gambar by kaskus.us
c. Pantai 

Nah yang satu ini sebenarnya bukan tempat favorit stupid monkey, tapi mungkin saja diantara yang baca tulisan ini lebih suka kepantai ya .. monggo. 
Gambar by bali.panduwisata.com
Kalau tempatnya sudah dipastikan sekalian saja tentukan tema nya juga dong, tanggung kan!. Bisa saja temanya itu jenis-jenis musim, seperti musim Dingin, musim panas, musim rambutan, musim mangga dan musim-musim yang lainnya, musim yang gak kesebut jangan ngiri !. 

2. Urutan 

Agar instropeksi berjalan maksimal terlebih dahulu buatlah catatan kecil tentang urutan masalah mana yang akan di introspeksi lebih dahulu, jadi gak ngawur tuh nantinya. Bisa saja urutannya seperti ini : 

a. Nilai sekolah/kuliat 

b. Pendapatan 

c. Cari Pacar 

d. Melamar Pekerjaan 

e. dll 

Saya yakin kita semua punya masalah yang harus didahulukan, dan biasanya itu yang akan terlebih dahulu dipecahkan. 

3. Fasilitas 

Siapkan juga apa saja yang diperlukan untuk menunjang berhasilnya suatu intropeksi, misalnya kopi hitam pahit, ayam kampong hitam, kemenyan, laptop ataupun teman jika perlu pacar sebagi pendamping jika takut terjadi sesuatu diluar control. 

4. Kesimpulan/Hasil 

Jika mendapatkan hasil dalam intropeksinya maka segera tulis, dan selalu diingat, kalu bisa jadikan prioritas hidup, kan itu semua untuk kebaikan kita. o .. iya hindari hasil yang buruk atau kurang baik seperti menggores leher atau tangan denga pisau, karter dan alat tajam lainnya, meminum obat anti serangga apalagi boleh ngutang, terjun ke laut atau jurang dan hal buruk lainnya yang dapat mengakibatkan kita masuk neraka. 

Catatan : 

jangan melakukan intropeksi seperti gambar dibawah ini, gaya itu sudah basi, silahkan buat gerakan/posisi yang baru sehingga bisa menjadi trend tahun ini. ok. 

Gambar by forum.detik.com
atau seperti ini
Gambar by politana.com

Mohon maaf bila dalam tulisan ini tidak nyambung atau bertentangan dengan hati nurani kita, sehingga jauh sesuai dengan harapan, yang pasti kita semua ingin yang terbaik dalam hidup ini. Betul ;)



.

Komentar

  1. mantap gan...pandangan yg bagus...

    http://blogamirullah.blogspot.com/2012/01/wasiat-yang-tak-pernah-punah.html

    BalasHapus
  2. sip,gan..mantab cara menilai introfeksinya,,,

    BalasHapus
  3. hehehe. ada- ada saja.. masak introspeksi nunggu musim rambutan? :)

    BalasHapus
  4. Kamar mandi tuhhh top :-bd
    Apalagi sambil nongkrong~

    BalasHapus
  5. @all : hehehe ... semua itu kan tergantung orangnya ya, ga :)

    BalasHapus
  6. harus bersemedi di toilet, bakal banyak hidayah yg nempel pasti. hehe

    BalasHapus
  7. @arip: wkwkwk .. curiga nih ;)

    BalasHapus
  8. jadi ingat kamar mandiku :D

    BalasHapus
  9. kalo sya lebih sering dirumah sob....
    #ngelonjor
    salam kenal ya !

    BalasHapus
  10. kantor tempat insprosepksi diri saya,karena dikantor tuh saking nyaman & tenang dari segala aspek'a terkadang jadi kebawa santai sama kerjaan

    BalasHapus
  11. Kamar mandi tempat favorit untuk instropeksi diri ..hahahaha..

    BalasHapus
  12. Kalau saya harus sambil duduk bersila di tempat yang hening sambil atur napas baik-baik dan, ... tidur. Eh, bukan. Maksudnya saya sangat mudah berpikir kalau dalam kondisi yang memudahkan saya untuk tidur. Yang saya introspeksi biasanya tentang perbuatan: sudah benar tidak yang saya lakukan? Apa yang harus saya lakukan selanjutnya? Begitu saja. Saya justru orang yang jarang berpikir tentang urutan masalah karena menurut saya kalau tindakan kita benar, masalah akan terselesaikan. [pendapat pribadi, lho]

    BalasHapus
  13. Ide tulisan ini di dapat dari kamar mandi?
    Pantesan bau...

    Tapi infonya sangat bermanfaat kok

    BalasHapus
  14. @aLL : Jangan dimasukin ke hati ya tulisannya ;)

    BalasHapus
  15. Saya introspesi setiap masuk kamar mandi, seperti yg anda tulis...teruatama ketika sdg BAB.
    Dan menurut saya bayak orang yg senang melakukannya. Bahkan bisa lebih sering, tidak perlu pergi ke vila apalagi ke gunung.

    Salam Takzim.

    BalasHapus
  16. @Baguserek : ok sob, introspeksinya saya terima dengan senang hati, tapi kalau mau pergi ke gunung atau ke tempat lain kan kembali kepada orangnya, hehe ;)

    salam juga.

    BalasHapus
  17. @Stupid monkey Evaluasi yang perlu dilakukan: http://blogerbenteng.com/2011/12/31/evaluasi-diri-menyambut-pergantian-tahun-baru-2012/

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Logo HUT RI Ke 71 | Vector