Keprihatinan Akan Pecinta Alam

Mengapa mereka menamakan dirinya kelompok pecinta alam, itu yang saya kurang mengerti sampai sekarang. Kegiatan alam memang bertujuan untuk menetralisir penat dan stress saat berutinitas setiap hari oleh sekelompok orang. Mereka secara berkala melakukan kegiatan ini dalam setahun dengan banyak sekali yel dan motto, itu bisa dilihat dari stiker yang biasa mereka bagikan atau mereka tempelkan di basecamp pendakian.

Namun dengan mengatakan mereka sebuah kelompok pecinta alam yang berusaha mendaki gunung, lalu membuang sampah sembarangan tanpa memperdulikan kotornya hutan oleh sampah mereka, membuat saya menggelengkan kepala.

Ada juga yang sengaja membawa cat cair yang nantinya mereka cecerkan di batu-batu besar dengan nama kelompok atau nama personil masing-masing kelompok, yang mereka sebut mengabadikan perjalanan, itu juga bikin saya makin bingung.


Jadi apa sih pencinta alam itu ?? terus terang mencintai alam bukanlah suatu yang mudah, banyak sekali pengorbanan didalamnya, cinta itu kan artinya sayang, masa sayang malah ngotorin, buang sampah, tebang pohon sana sini, corat-coret batu dan pos. itu sih saya bilang merusak. Sungguh tidak sesuai dengan kode etik pecinta alan indonesia.

“ Kalau anda bilang penggiat alam saya setuju, karna kalian hanya giat melakukan rutinitas di alam”, kalimat itu menjadi batu panas yang saya lemparkan kepada mereka yang mengaku pecinta alam, namun nasib ya nasib, tetap saja mereka menertawakan saya.

Ya sudah kalau begini masa depan gunung dan hutan kita tinggal sebentar lagi, asal tau saja ya stupid monkey itu gak pernah ngaku sebagai kelompok pecinta alam. kami hanya penjelajah.;)



Biar para pecinta alam tahu kode etiknya, akan saya tulis dini :

Kode Etik Pecinta Alam Indonesia 

  1. Pecinta Alam Indonesia sadar bahwa alam beserta isinya adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa 
  2. Pecinta Alam Indonesia adalah bagian dari masyarakat Indonesia sadar akan tanggung jawab kepada Tuhan, bangsa, dan tanah air. 
  3. Pecinta Alam Indonesia sadar bahwa pecinta alam adalah sebagian dari makhluk yang mencintai alam sebagai anugerah yang Mahakuasa 
Sesuai dengan hakekat di atas, kami dengan kesadaran menyatakan : 

  1. Mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa 
  2. Memelihara alam beserta isinya serta menggunakan sumber alam sesuai dengan kebutuhannya 
  3. Mengabdi kepada bangsa dan tanah air 
  4. Menghormati tata kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitar serta menghargai manusia dan kerabatnya 
  5. Berusaha mempererat tali persaudaraan antara pecinta alam sesuai dengan azas pecinta alam 
  6. Berusaha saling membantu serta menghargai dalam pelaksanaan pengabdian terhadap Tuhan, bangsa dan tanah air 
  7.  Selesai 
Disyahkan bersama dalam
Gladian Nasional ke-4
Ujung Pandang, 1974


Harapan saya semoga dengan membaca kode etik ini mereka para "pecinta alam" tahu apa tujuan mereka. Amin ;)




.

Komentar

  1. mungkin pada ngak nyadar kalo dia salah...JANGAN mengaku pencinta alam kalau kamu masih MERUSAK ALAM...

    BalasHapus
  2. kayak sumpah pecinta alam gitu ya ...

    BalasHapus
  3. @ronexs: ya kira-kira begitu sob ;)

    BalasHapus
  4. Hem, inspiratifffffffffff banget sobat q ni.
    salam hangat dari Taman Bacaan

    BalasHapus
  5. @Taman Bacaan : hehe .. salam hangat kembali sobat ;)

    BalasHapus
  6. setuju..... emg bbrpa dri mereka tdk mmperlkukn smpah dg baik shgga mnjdi "perusak alam".
    jgn lpa mmpir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  7. sore.....tuker link ya....link sudah saya pasang silahkan berkunjung ke triprasetyodumadi.blogspot.com laman Link teman

    BalasHapus
  8. @eMingko Blog : Siip sob ;)

    @tripasetyodumadi : ok, terima kasih, ling anda juga udah dipasang sob, tuh intip di tab blog teman.

    BalasHapus
  9. oleh karenanyalah.. mari kita mulai introspeksi dari diri kita masing2 kang iia ;(
    dari pada terus mencari kambing putih dan nyalahin orang lain :(

    BalasHapus
  10. @Belajar Photoshop : hahay, kambing putih ya ... mari ... ;)

    BalasHapus
  11. aaaa.. gag semped kang klu musti pake video.. blm buatnya.. blm aploadnya.. yg kesemuanya mesti di operasiin dari warnet :( hiks hiks hiks..

    BalasHapus
  12. @Belajar Photoshop: oke deh, tp tetep kabarin ya ;)

    BalasHapus
  13. aissss si kakak gaya :p kakak pecinta diri sendiri bukan? jangan merusak diri dong kak (jangan merokok)hehhe

    BalasHapus
  14. @isengiseng: hehehe ... justru menyiksa diri kl gak ngerokok, thanks udah mampir ;)

    BalasHapus
  15. Selamat pagi sobat blogging q semua.

    salam

    BalasHapus
  16. setuju banget brur,.tp kenyataanya skg malah banyak yg merusak drpd mencintai alam itu sendiri,.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Postingan populer dari blog ini

Perlengkapan (Masak) Pendukung Pendakian

Desain Undangan HUT RI Ke 69

Logo HUT RI Ke 71 | Vector